• Our Partners:

Fitur Android Archive, Kecilkan Ukuran Aplikasi Ketika Jarang Digunakan

Fitur Android Archive, Kecilkan Ukuran Aplikasi Ketika Jarang Digunakan

NESABAMEDIA.COMGoogle dikabarkan tengah mengembangkan sebuah alat baru yang akan memungkinkan pengguna Android untuk ‘mengarsipkan’ aplikasi tertentu untuk membantu membebaskan ruang di perangkat. Dalam sebuah postingan blog-nya, Google menjelaskan lebih lanjut bahwa fitur Android Archive itu akan mampu mencopot (uninstall) aplikasi apapun secara sebagian.

Secara sebagian dalam hal ini adalah, fitur Android Archive itu akan mengecilkan aplikasi hingga sampai 60%, tanpa harus mencopotnya secara penuh. Disebutkan bahwa APK yang telah diarsipkan itu akan berukuran jauh lebih kecil dan akan menyimpan data pengguna sampai aplikasi itu dipergunakan kembali. 

Hal itu dimungkinkan, dengan fitur Android Archive akan membuat sebuah jenis paket aplikasi baru (APK), yang nantinya akan memanggil APK yang telah diarsipkan. Seperti yang dijelaskan Google, APK yang telah diarsipkan itu berukuran jauh lebih kecil dan akan mampu menyimpan semua data pengguna sampai digunakan lagi, dan mengembalikannya dalam ukuran asli. 

Fitur tersebut akan mulai tersedia untuk para pengembang dengan perilisan Bundletool 1.10, namun ini tidak akan berfungsi sampai Google benar-benar resmi merilis fitur itu ke publik, pada akhir tahun ini. Nantinya, para pengembang juga bisa mengecualikan aplikasi mana saja yang bisa diarsipkan.

Sejauh ini belum ada detail lebih lanjut lagi tentang bagaimana fitur itu akan tersedia di Android, mungkin itu akan muncul berdampingan dengan pilihan pencopotan ketika anda menekan lama sebuah ikon aplikasi. 

Apapun itu, fitur tersebut dan APK yang terarsipkan sepertinya akan menjadi hal yang baik bagi semua pengguna, yang memiliki banyak sekali aplikasi yang jarang dipergunakan namun enggan untuk melakukan pemasangan ulang ketika dicopot, dan di sisi lain juga tidak mau ruang penyimpanan habis untuk menyimpan aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan itu. 

Terlebih lagi, sepertinya proses pengarsipan dan pengembalian aplikasi itu jauh lebih mudah dan cepat, ketimbang harus melakukan pencopotan dan pemasangan kembali sebuah aplikasi. Utamanya untuk menghemat kuota data jika menggunakan data seluler, tanpa adanya keberadaan jaringan Wi-Fi. Jadi, fitur baru ini memang layak untuk dinantikan kehadirannya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend