Fitur Baru Bernama Sustainability di Windows 11

Fitur Baru Bernama Sustainability di Windows 11

NESABAMEDIA.COMAdalah ide yang sangat tepat untuk menghemat listrik sebisa mungkin. Tidak hanya untuk alasan lingkungan semata, namun karena semakin sedikit yang dihabiskan, maka tagihan listrik akan semakin lebih murah.

Berangkat dari pemikiran semacam ini, Microsoft telah menambahkan beberapa fitur hemat energi yang akan dihadirkan ke Windows 11. 

Fitur ini terungkap dalam Windows 11 build Insider oleh pengguna Twitter dengan akun Albacore. Ide di balik fitur ini sepertinya pengguna akan bisa memeriksa poin ramah lingkungan perangkat mereka lewat Eco Score. Ini berada di dalam menu sistem baru yang bernama Sustainability. Menu ini juga memungkinkan pengguna untuk menyunting pengaturan hemat energi perangkat, untuk membantu dalam mengurangi penggunaan energi. 

“Beberapa peningkatan baru hadir ke Windows 11, yakni fitur bernama Sustainability: penggunaan energi yang lebih baik dan kesadaran daur ulang perangkat. Focus Assist menjadi Fokus, kini bisa dijadwalkan melalui Outlook dan menggunakan opsi yang lebih terperinci. Prioritas notifikasi kini tidak lagi tersimpan di antarmuka,” cuit akun Albacore. 

Sejauh ini, fitur Sustainability adalah yang paling menarik. Windows selama ini memang memiliki fitur Eco yang terbatas, yang telah ada sejak Windows 10. Misalnya, ada sebuah fitur slider di ikon baterai di Taskbar yang memungkinkan anda memprioritaskan efisiensi daya atau kinerja. Namun dari apa yang ada sejauh ini, fitur sustainability terlihat lebih mendalam.

Sistem Eco Score terlihat dengan bentuk sebuah daun. Kemungkinan ini akan berubah menjadi berwarna hijau untuk mengindikasikan bagaimana perangkat anda akan ramah lingkungan seiring berjalannya waktu. 

Sementara itu, fitur hemat energi sepertinya akan terpisah menjadi pengaturan default dan opsi tingkat lanjut. Nantinya fitur tersebut akan memberikan anda kendali yang lebih baik mengenai bagaimana perangkat anda dalam menghemat energi, dan sepertinya ini adalah hal yang sangat baik, mengingat kebanyakan pengguna tidak selalu setuju dengan pilihan Windows. 

Misalnya, ketika anda bermain game, mungkin anda ingin memaksimalkan kinerja, sehingga harus mengurangi Eco Score untuk sementara waktu. Karena mungkin akan sangat menyebalkan mendapatkan 30Fps saat bermain karena Windows memilih untuk menghemat energi perangkat. 

Menu dalam fitur Sustainability di Windows 11 itu juga memiliki sebuah tautan yang menawarkan nasihat tentang bagaimana melakukan daur ulang perangkat, ketika anda telah mendapatkan perangkat baru. Ini memiliki potensi yang sangat membantu, karena dengan begitu saja membuang perangkat ke tempat sampah adalah tindakan yang tidak ramah lingkungan. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend