Windows 10 Baterai Laptop

Fitur Baru Windows 10 Bisa Bantu Hemat Baterai Laptop

NESABAMEDIA.COMWindows 10 sepertinya tidak lama lagi akan kedatangan sebuah fitur baru yang bisa melacak penggunaan baterai laptop. Idenya, yakni dengan mengenalkan sebuah tampilan grafis yang menunjukkan informasi lebih detail ketika pengguna memakai laptop saat bergantung dengan baterai secara langsung (bukan dicolokkan ke sumber listrik). 

Saat ini dalam aplikasi pemantauan baterai, pengguna hanya bisa menemukan aplikasi mana saja yang paling banyak menghabiskan daya baterai, diurutkan berdasarkan periode waktu tertentu seperti dalam seminggu terakhir dan sebagainya. Namun dengan adanya fitur baru yang akan hadir ini, Microsoft akan menyediakan grafik yang lebih detail terkait penggunaan baterai. 

Fiturnya akan hadir pada halaman panel baterai (di aplikasi Settings) di Windows 10 versi Preview Build 21277, dan secara teori akan dirilis bersamaan dengan pembaruan Windows 10 21H2. Dengan kata lain, fiturnya hadir di pembaruan utama di semester kedua tahun depan, kecuali jika ternyata Microsoft batal merilis fitur ini tentunya.

Infografis penggunaan baterai itu akan memberikan detail penggunaan baterai dalam periode harian atau setiap jam kepada pengguna, dalam kurun waktu seminggu terakhir, atau 24 jam terakhir. Pengguna akan mengetahui lebih banyak informasi soal berapa banyak daya baterai telah terkuras. Pengguna bisa mengurutkan daftar aplikasi dari yang paling boros dalam menggunakan baterai.

Statistik Baterai Laptop di Windows 10

Statistik Baterai Laptop di Windows 10

Informasi lain yang disediakan oleh fitur ini adalah pengguna bisa mengetahui kapan terakhir kali mengisi ulang baterai laptop, yang selama ini juga sering jadi pertanyaan di benak banyak pengguna. 

Lebih lanjut, untuk bisa melacak penggunaan baterai dan aplikasi mana saja yang paling banyak memakan daya serta informasi lebih detail lainnya, pengguna tinggal mengakses ke halaman Settings → Battery → Battery Usage. 

Perlu dicatat bahwa aplikasi ini hanya menyediakan informasi dan statistik penggunaan baterai saja, dan pengguna pun bisa menjadikan statistik ini sebagai patokan untuk kemudian mengatur penggunaan baterai agar menjadi lebih hemat lagi. 

Mungkin fitur semacam ini sudah tidak asing lagi, karena secara keseluruhan seperti fitur monitor baterai yang ada di perangkat berbasis Android. Saat ini status dari fitur pemantau penggunaan baterai ini masih dalam tahap uji coba oleh pihak Microsoft. 

Leave a Reply

Send this to a friend