Fitur DRR di Windows 11 Akan Hemat Baterai

Fitur DRR di Windows 11 Bikin Baterai Lebih Hemat

NESABAMEDIA.COMDengan Windows 11 yang kemungkinan akan dirilis tahun ini, tepatnya tanggal 20 Oktober 2021, Microsoft terus secara bertahap mengungkap informasi mengenai sistem operasi barunya itu.

Salah satu potongan informasi itu adalah soal Intel yang datang dari blog Pengembang Microsoft. Postingan tersebut mengungkapkan bahwa Windows 11 akan memperkenalkan fitur Dynamic Refresh Rate (DRR) untuk layar monitor, yang secara otomatis akan berubah antara level yang lebih rendah dan lebinggi tinggi sebagai sarana untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

“Dengan mode Dynamic (60Hz atau 120Hz), tampilan layar pengguna akan melakukan penyegaran di 60Hz untuk tugas produktivitas sehari-hari seperti, email, mengetik dokumen, dan lainnya untuk menghemat penggunaan baterai. Nantinya akan secara berkala beralih ke 120Hz untuk melakukan tugas seperti pengguliran layar, untuk menyediakan pengalaman yang lebih halus dan responsif,” kata Manajer Program Microsoft Ana Marta Carvalho. 

Saat ini fitur DRR tersebut mulai dirilis secara bertahap dengan cukup lambat ke lebih banyak aplikasi Microsoft. Untuk program seperti Microsoft Office, Edge dan Whiteboard, Fitur DRR di Windows 11 akan memberikan pengguliran yang halus dan sentuhan pena yang lebih lembut ketika menggambar. 

Tentu saja, fitur DRR ini hanya akan bekerja pada layar monitor yang memiliki refresh rate yang tinggi dan memadai. Pengguna membutuhkan laptop atau monitor yang output ratenya minimal 120Hz. Menariknya, tidak disebutkan apakah fitur DRR akan bisa bekerja pada monitor dengan refresh rate yang lebih tinggi. Memang 120Hz sudah cukup memadai untuk kebanyakan orang, tapi ada beberapa laptop gaming yang mampu mencapai 300Hz. 

Mengingat yang disebutkan di atas persyaratannya adalah minimal monitor dengan refresh rate 120Hz, sepertinya Microsoft nantinya akan memperkenalkan dukungan fungsi itu pada monitor dengan refresh rate 300Hz. 

Untuk mencoba fitur tersebut, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu ke program Windows Insider. Ini memungkinan pengguna untuk mengunduh pembaruan yang sedang dalam tahap pengembangan, termasuk versi Pratinjau dari Windows 11, sebelum nantinya dirilis lebih luas ke pengguna publik. 

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend