• Our Partners:

Fitur iOS 14 Mirip Android

Fitur iOS 14 Yang Dianggap Jiplak Android

NESABAMEDIA.COMKesuksesan peluncuran iOS 14 oleh Apple beberapa waktu yang lalu, rupanya tidak selamanya berjalan mulus. Beberapa hari setelahnya, sistem operasi terbaru itu malah menjadi bulan-bulanan netizen. Pasalnya sejumlah fitur yang digadang-gadang sebagai pembaruan tersebut, rupanya sebelumnya sudah ada di Android. Kontan saja, iOS 14 dianggap menjiplak daripada fitur milik robot hijau tersebut.

Meski mendapatkan sejumlah komentar negatif, namun masih ada sejumlah netizen yang menganggap fitur itu bukanlah sebuah aib. Mereka yang mendukung iOS 14 mengatakan fitur-fitur yang dianggap menjiplak Android adalah fitur yang memang sudah wajib ada pada smartphone masa kini. Kebutuhan akan fitur itu lebih penting daripada sekedar masalah jiplak menjiplak. 

Berikut sejumlah fitur baru di iOS 14 yang disebut-sebut menjiplak fitur yang sudah ada di ponsel Android sebelumnya.

Widget

Fitur widget memungkinkan pengguna smartphone untuk menempatkan sejumlah tools atau perlengkapan pendukung aktivitas di gadget mereka. Biasanya fitur widget ini berupa informasi mengenai prakiraan cuaca, jadwal harian, hingga informasi mengenai berita terkini. Diketahui fitur semacam ini sudah terpasang di smartphone Android sejak tahun 2008 silam. 

Picture-in-Picture

Merupakan fitur yang mendukung aplikasi multimedia dan hiburan. Dengan adanya fitur ini, pengguna smartphone dengan iOS 14 bisa tetap menonton video yang mereka putar sembari membuka aplikasi lainnya. Biasanya, ukuran layar video bakal di minimize atau diperkecil, sehingga tidak mengganggu tampilan ketika membuka aplikasi lainnya.

Apple iPhone iOS 14

Apple iPhone iOS 14

Translation

Fitur translation atau penerjemahan juga sudah lama ada di smartphone bersistem operasi Android. Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna bisa dengan mudah melakukan penerjemahan seperti percakapan dan lainnya secara real time. Fitur translation di iOS 14 ini juga mendukung multi bahasa hingga 11 bahasa di dunia. Sementara fitur Google Translate yang sama yang ada di Android bisa melakukan penerjemahan secara real time untuk 8 bahasa.

App Library

Fitur pergorganisasian aplikasi juga diperhatikan oleh Apple di sistem operasi terbarunya itu. Pengguna bisa dengan mudah untuk mengatur aplikasi yang ada di ponsel mereka menjadi sebuah list atau dikelompokkan sesuai kebutuhan pengguna. Hal ini juga termasuk dalam kemampuan menyembunyikan aplikasi tertentu. Sayangnya fitur ini juga sudah lama ada di smartphone Android. 

Tampilan Navigasi di Apple Maps

Navigasi pada fitur peta atau maps juga mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan oleh Apple. Hal utama yang mendapat perhatian karena dianggap menjiplak adalah navigasi sepeda pada aplikasi Apple Maps. Seperti yang diketahui fitur “Cycling” seperti itu juga sudah sejak tahun 2010 sudah ada di Google Maps.

Mode Wind Down

Fitur ini bisa membantu para pengguna untuk berangkat tidur tanpa adanya gangguan dari ponsel mereka. Dengan pengaturan kustomisasi oleh pengguna, ponsel bisa menjadwalkan kapan waktu untuk bangun dan juga status ponsel menjadi dalam mode Do Not Disturb secara otomatis.

Mengubah Aplikasi Default

Dalam iOS 14 Apple juga memberikan akses yang lebih luas kepada para pengguna untuk melakukan perubahan pada aplikasi bawaan atau default dari ponsel. Memang masih dalam tahap awal di mana hanya berlaku untuk aplikasi browser dan email saja, namun kedepannya jangkauannya bakal diperluas. 

Leave a Reply

Send this to a friend