Fitur Linked Device Whatsapp Tanpa Smartphone Kini Tersedia Untuk Semua

Fitur Linked Device Whatsapp Tanpa Smartphone Kini Tersedia Untuk Semua

Setelah berbulan-bulan melakukan pengujian beta, dan sejumlah teaser yang bocor tidak disengaja, WhatsApp Meta akhirnya merilis pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi perpesanan itu di perangkat lain tanpa perlu memiliki smartphone yang terhubung ke internet (Multi-Device).

Dengan fitur baru ini, memungkinkan untuk mengakses percakapan anda dari PC atau dari WhatsApp Web bahkan tanpa smartphone. Namun, hanya empat perangkat yang dapat dihubungkan secara bersamaan ke platform.

Fitur yang dijanjikan pada Juli lalu itu sebelumnya telah menjangkau pengguna WhatsApp Beta. Sekarang, itu menjangkau semua smartphone melalui pembaruan stabil terbaru untuk aplikasi. Fitur ini dapat diaktifkan di bagian “Linked Device” pada aplikasi. Anda dapat menemukannya dengan menekan ikon tiga titik di sudut kanan atas aplikasi.

Saat anda mengaktifkan fitur Linked Device untuk pertama kalinya di perangkat, WhatsApp akan menampilkan notifikasi. Pesan tersebut mengatakan bahwa semua perangkat yang sebelumnya terhubung akan terputus. Akibatnya, anda harus melakukan login baru dengan kode yang dikirim ke perangkat Anda. Setelah itu, anda akan dapat menggunakan WhatsApp tanpa harus memiliki koneksi internet di smartphone.

Perlu dicatat bahwa fitur tersebut akan mengubah kode keamanan WhatsApp. Untuk itu, jangan khawatir jika anda mendapatkan satu pesan bahwa salah satu perangkat telah mengubah kode aplikasi anda. 

Selain kebebasan yang baru diberikan untuk menggunakan WhatsApp, perusahaan masih memastikan bahwa data anda akan tetap terenkripsi. Perusahaan harus menyesuaikan sistemnya untuk memungkinkan penggunaan beberapa perangkat tanpa memerlukan smartphone yang terhubung ke internet. Sekarang, setiap perangkat anda memiliki ID yang berbeda dan semuanya ditautkan ke akun anda di server.

Batasan di iPhone

Selain hadirnya fitur-fitur yang sangat ditunggu-tunggu ini, masih ada beberapa keterbatasan. Salah satu keterbatasan itu hanya terjadi untuk mereka yang memiliki perangkat iPhone. Itu adalah ketidakmungkinan membersihkan atau menghapus percakapan di perangkat yang terhubung jika perangkat utama anda menjalankan iOS.

Batasan lainnya adalah WhatsApp tidak mengizinkan penggunaan fitur ini di perangkat tablet. Ini mungkin menjadi masalah tersendiri bagi beberapa orang yang mengharapkan untuk mendapatkan akun WhatsApp utama mereka di tablet atau iPad.

Selain itu, aplikasi tidak akan mengizinkan panggilan atau pesan ke perangkat yang menjalankan aplikasi versi lama. Perangkat yang terhubung tidak dapat melihat real-time location dan tidak dapat membuat atau melihat broadcast.

Butuh Smartphone 14 Hari Sekali

Meski demikian, fitur ini tidak sepenuhnya benar-benar tidak membutuhkan keberadaan smartphone. Anda harus memiliki smartphone sebagai perangkat utama untuk mendapatkan kode dan menghubungkan perangkat lain. Selain itu, jika anda tidak membuka aplikasi di smartphone anda setelah 14 hari, WhatsApp akan memutuskan semua perangkat lain.

Cara Menggunakan Linked Device Tanpa Smartphone

Proses untuk menghubungkan perangkat baru cukup sederhana.

  1. Cukup buka Aplikasi WhatsApp dan ketuk ikon titik tiga, yang terletak di sudut kanan atas layar.
  2. Ketuk “Linked Device” dan kemudian pilih “Link a Device”, aplikasi akan meminta anda untuk memindai Kode QR dari web.whatsapp.com. Anda mungkin perlu memilih “Join Multi-Device Beta” jika opsi itu muncul untuk Anda.
  3. Buka Whatsapp Web dan pindai Kode QR.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend