• Our Partners:

Fitur Pengacakan Alamat MAC Bakal Hadir di Chromebook

Fitur Pengacakan Alamat MAC Bakal Hadir di Chromebook

NESABAMEDIA.COMGoogle selama ini kerap mencoba mengambil langkah yang lebih maju dalam membantu anda melindungi privasi ketika berselancar di dunia maya. Selama beberapa terakhir, upaya tersebut termasuk memberikan pengguna Android kemampuan untuk mengacak alamat MAC mereka, ini adalah sesuatu yang pada dasarnya bersifat statis dan sangat mudah dilacak. 

Pada awalnya, kemampuan itu hanyalah fitur eksperimental yang tidak terlalu efektif, namun perlahan-lahan menjadi sebuah sistem keamanan yang kuat dengan opsi pengacakan per jaringan individu yang dimiliki pengguna saat ini. Kini Google kembali berupaya untuk membawa tingkat perlindungan yang sama ke Chrome OS, dengan menambahkan fitur pengacakan alamat MAC tersebut ke Chromebook. 

MAC atau Media Access Control pada dasarnya adalah identifikasi unik untuk jaringan sebuah perangkat, seperti smartphone atau Chromebook anda. Setiap kali anda terhubung ke jaringan Wi-Fi terdekat, titik akses itu bisa melihat alamat MAC anda. Dan apabila alamat MAC anda tidak pernah berubah, seseorang yang menjalankan beberapa titik poin akan mencoba mendapatkan pola penggunaan perangkat anda. Namun dengan mengacak alamat MAC seperti yang sudah bisa dilakukan perangkat Android saat ini, maka akan membuat pelaku kejahatan akan lebih sulit untuk melacak perangkat anda.

Menurut catatan pengembang yang ada di Chromium Gerrit, ketika fitur ini hadir di perangkat anda, maka alamat MAC anda hanya akan diacak ketika terhubung dengan jaringan baru, seperti yang sudah ada di perangkat Android. Anda harus melakukan konfigurasi ulang pada sebuah jaringan, jika anda ingin kembali menggunakan alamat MAC asli anda yang tidak diacak. 

Semua ini tidak akan menggantikan fitur-fitur keamanan lain yang mungkin ingin anda gunakan di area publik, seperti terhubung dengan VPN. Ini akan membantu menjaga aktivitas online anda tetapi aman dan privasi, dan tindakan ini tidak akan mencegah jaringan Wi-Fi itu sendiri dari pelacakan perangkat anda. 

Ini kedengarannya seperti sebuah langkah yang memang dibutuhkan oleh pengguna Chrome OS saat ini, dan menawarkan perlindungan lebih dari sekedar mengekspos alamat MAC perangkat keras anda di tempat publik. 

Fitur yang ditujukan untuk Chromebook ini masih dalam tahap pengembangan, meski pada dasarnya anda sudah bisa melihatnya lebih awal dengan mengakses flag Chrome:flags#wifi-connect-mac-address-randomization. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend