Fitur Pure Mode MIUI, Akan Blokir Sideload Apps di Smartphone Xiaomi

Fitur Pure Mode MIUI, Akan Blokir Sideload Apps di Smartphone Xiaomi

NESABAMEDIA.COMSideload Apps, atau memuat aplikasi secara terpisah telah lama menjadi salah satu fitur yang paling diinginkan dari ekosistem Android. Ini adalah salah satu hal terbesar yang membedakan platform itu dari iOS Apple, yang hanya memungkinkan pengguna untuk memasang aplikasi melalui App Store resmi perusahaan.

Namun, praktik sideloading aplikasi di perangkat Android bukannya tanpa risiko. Memasang APK yang tidak jelas dapat mengakibatkan malware menginfeksi perangkat Android pengguna. Untuk menghindari hal ini terjadi, Xiaomi dilaporkan sedang menguji fitur baru untuk MIUI yang disebut “Pure Mode.”

Menurut laporan yang diterima nesabamedia.com, Xiaomi saat ini tengah merekrut penguji beta internal untuk Pure Mode di MIUI. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk memblokir sideloading aplikasi Android di ponsel Xiaomi mereka. Setelah diaktifkan, pengguna tidak akan dapat memasang APK dari sumber tidak resmi dan repositori aplikasi. Pure Mode juga dapat dinonaktifkan kapan saja.

Dalam dokumen dukungan untuk Pure Mode itu, Xiaomi menyatakan bahwa sebanyak 40% APK yang diunduh di smartphone pengguna diketahui tidak lulus audit keamanannya. Sementara itu, 10% dari unduhan diakui sebagai aplikasi yang berisiko.

Pengunduhan, pemasangan dan pemuatan aplikasi yang tidak jelas sumber pembuatnya itu dinilai sebagai biang kerok di balik semakin banyaknya peretasan dan pencurian data smartphone Android belakangan ini.

Tujuan utama dari mode baru ini adalah untuk mencegah risiko yang disebabkan oleh unduhan APK yang tidak disengaja, kesalahan operasi, dan pemasangan di latar belakang. Ini akan memberi pengguna lebih banyak kontrol atas aplikasi yang mereka pilih untuk dipasang di smartphone mereka dan memastikan pengguna bisa mendapatkan aplikasi tersebut dengan sukarela dari sumber yang sah.

Tidak ada kabar kapan Pure Mode yang baru ini akan muncul secara resmi di MIUI. Untuk saat ini, tampaknya pengujian beta akan dibatasi untuk para pengguna antusias di wilayah Cina saja. Diyakini, informasi lebih detail tentang Pure Mode di MIUI ini akan lebih banyak muncul dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Send this to a friend