Xiaomi MIUI 12.5 Smartphone

Xiaomi Rilis MIUI 12.5, Lebih Ringan, Cepat, dan Kaya Fitur Baru

NESABAMEDIA.COMSaat peluncuran resmi Xiaomi Mi 11, perusahaan juga secara resmi merilis sistem MIUI 12.5. Xiaomi mengatakan bahwa MIUI 12.5 ini akan lebih ringan, cepat dan lebih ekonomis.

Sistem antarmukanya telah ditulis ulang, dan penggunaan memori telah diturunkan sebanyak 20 persen. MIUI 12.5 mengoptimasi aplikasi sistem satu persatu dan mengurangi penggunaan memori latar belakang rata-rata sebanyak 35 persen. 

Selain itu, MIUI 12.5 juga mampu mengurangi secara signifikan konsumsi daya sistem aplikasi rata-rata sebesar 25 persen. Juga melalui fitur khusus lengkap yang tidak dapat dihapus, aplikasi yang tidak dapat menghapus ikon desktop akan diminimalkan. 

Motion Effect

Terdapat juga efek motion MIUI 12.5 juga menjadi teknologi inti dari sistem tersebut. Arsitektur efek kerucut cahaya berada pada level yang lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Sistem ini memiliki thread tersendiri untuk gerakan, memprioritaskan penjadwalan operasi gerakan, dan memberikan respon yang lebih cepat. Menurut Xiaomi, daya komputasinya akan memiliki 20 kali kekuatan rendering. Kemudian juga bisa melakukan optimalisasi klasifikasi efek yang akan membuat kinerja model yang berbeda lebih lancar.

Integrasi Komputer

MIUI 12.5 juga menghadirkan MIUI cross border network. Ini artinya, MIUI akan bisa diaktifkan di perangkat laptop. Pengguna bisa melihat notifikasi perangkat smartphone di komputer, menyalin teks yang ada di smartphone dan menempelkannya secara langsung ke komputer. Pengguna juga bisa mengambil tangkapan layar di smartphone secara langsung melalui komputer. Faktanya, pengguna juga melihat halaman web yang terbuka yang ada di smartphone melalui laptop.

Fitur Wallpaper

Super Wallpaper juga dihadirkan ke MIUI 12.5. Contohnya pada wallpaper gunung Siguniang yang bersalju. Karena memiliki rendering cahaya real time 24 jam penuh, bayangan hingga perubahan awan di wallpaper itu, bisa ditampilkan dengan apik. 

Setiap kali pengguna membuka kunci lock screen, pengguna akan ditampilkan gambar Gunung Siguniang yang berbeda-beda. Selain itu juga ada tambahan beberapa wallpaper baru seperti Shipwreck Bay di Yunani, Gunung Blade’s Edge di Italia, dan lainnya. 

Notifikasi

Sistem baru Xiaomi MIUI 12.5 ini juga menambahkan suara notifikasi yang natural, hasil kerjasama dengan sejumlah artis papan atas dunia. Ada suara baru seperti hutan hujan Amerika Selatan, Australia, padang rumput di Afrika Timur, bahkan lingkaran Arktik. Setidaknya ada sekitar 120 lebih suara baru yang ditambahkan. 

Respon Sentuhan

Xiaomi mengklaim bahwa MIUI 12.5 membawa sentuhan natural dan nyata ke smartphone. Sebenarnya ini memurnikan karakteristik yang ada di dunia nyata dan menghadirkannya dengan getaran yang lebih halus. Selain itu, adanya fitur baru juga memungkinkan pengguna dengan gangguan penglihatan bisa menyentuh informasi melalui Touch Design-nya. 

Perlindungan Privasi

MIUI 12.5 menambahkan perlindungan privasi yang lebih baik. Sistemnya mampu memunculkan aplikasi yang mencoba membaca perilaku sistem di smartphone. Kemudian mencatatnya secara rinci yang bisa diakses oleh pemilik smartphone. Lebih lanjut, Xiaomi mengatakan bahwa fitur ini merupakan sistem Android pertama yang sepenuhnya mengaktifkan mekanisme sandbox dan mengisolasi album secara terpisah. 

Nantinya jika sebuah aplikasi meminta pengumpulan informasi sensitif, maka aplikasi itu perlu mengajukan akses dan izin tambahan. Kebijakan ini juga berlaku untuk aplikasi browser. Sistem juga akan otomatis menghalangi halaman web yang mencoba mendapatkan informasi sensitif pengguna, menghalangi unduhan berbahaya, dan menambahkan fitur anti-pelacakan. 

Sticky Note

Sticky Note di MIUI 12.5 juga mendapatkan peningkatan. Terdapat fitur mind note baru yang bisa menggenerate brain map dalam satu klik. Fungsi grafiti juga telah dioptimalkan untuk melukis menggunakan jari, secara otomatis mengatur grafik, dan menghubungkan garis. 

Pengguna bisa membuka jendela shorthand baru, dan menikmati kutipan global. Teks, tautan, gambar, artikel, ide brainstorming, secara otomatis terekstrak ke note. Sistem pengaturan tipe barunya juga menggunakan grid dinamis yang inovatif, untuk menyusun teks dengan cantik.

Leave a Reply

Send this to a friend