• Our Partners:

Fitur Sharing Files di Microsoft Edge Kini Lebih Baik

Fitur Sharing Files di Microsoft Edge Kini Lebih Baik

Beberapa bulan lalu, Microsoft memberikan perhatian mereka untuk Edge dengan memberikan fitur “Drop” di Chromium Edge mereka, yang mana telah menjadi browser default di Windows 10 dan Windows 11. Fitur ini kembali diperbaiki dan dirilis hari ini, Rabu (02/11).

Microsoft memberikan banyak pengembangan yang tentu akan sangat berguna untuk integrasi dan produktivitas penggunanya, salah satunya dengan mengembangkan Edge menjadi lebih baik.

Kemarin, Microsoft telah memperbaiki dan meningkatkan penggunaan dari layanan Edge melalui fitur Sidebar. Pengguna tidak perlu lagi mengakses dua jendela browser dengan tampilan lain, melainkan hanya perlu menggunakan Siderbar untuk menambahkan tampilan situs web lainnya.

Kemudian, pada bulan Mei 2022 kemarin Microsoft juga memberikan tambahan fitur baru dengan Drop, fitur yang menjadi salah satu layanan di Edge bersamaan dengan Messenger, WhatsApp dan Apple Music.

Antarmuka dari Drop memang lebih terlihat sebagai layanan perpesanan instan, namun fitur ini hanya akan bekerja dengan cara mencari perangkat terdekat yang ada di sekitar. Namun, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan ke diri mereka sendiri (seperti Telegram dengan fitur Save Message).

Microsoft Drop juga terintegrasi dengan sangat baik dengan layanan Microsoft OneDrive, bahkan bisa digunakan untuk mengunduh berkas di dalamnya. Misalnya, ketika Anda dan kerabat berada dalam jangkauan yang dekat dan terdeteksi di Drop, Anda bisa langsung mengirimkan berkas dari OneDrive melalui fitur Drop ke perangkat lainnya.

Drop bukanya hanya aplikasi Sharing saja, fiturnya memungkinkan pengguna untuk dapat mengirimkan banyak berkas dan format yang berbeda-beda, seperti EXE, Doc, msu, Apk, notes dan masih banyak lagi.

Microsoft juga kemungkinan besar akan merilis fitur tambahan di Drop, di mana mereka akan menggunakan fitur Screenshots atau tangkapan layar untuk memudahkan pengguna dalam menangkap gambar dan membagikannya ke berbagai perangkat yang terhubung.

Fitur Sharing Files di Microsoft Edge Kini Lebih Baik

Screenshots di Drop

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, pengguna bisa langsung menggunakan fitur tangkapan layar untuk membagikannya ke perangkat lainnya secara langsung. Pengguna juga bisa menyunting bagian mana saja yang akan ditangkap dan disimpan, terdapat fitur seperti Crop yang nantinya hadir di kursor.

Bagaimana menurut Anda? Jika Anda pengguna Microsoft Edge, tuliskan pengalaman menggunakan layanan ini di kolom komentar ya.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend