• Our Partners:

Fitur Utama Windows 10 Yang Resmi Hilang di Windows 11

Fitur Utama Windows 10 Yang Resmi Hilang di Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah menjanjikan untuk mengevolusi pengalaman pada Windows ke tingkat lebih tinggi dengan Windows 11. Memang OS baru ini memiliki banyak sekali peningkatan desain dan kegunaan dibandingkan dengan Windows 10. Namun itu juga memiliki banyak bug, dan juga banyak fitur penting yang sebelumnya ada di Windows 10 hilang di Windows 11. Pengguna pun bersuara sangat keras akan hal ini.

Microsoft membuang dan mendepresiasi banyak fitur Windows 10 di Windows 11. Jadi melalui artikel ini, nesabamedia.com akan menyorot sejumlah fitur utama yang hilang dan secara resmi dihapus di Windows 11. 

Kemampuan Memindahkan Taskbar

Microsoft menghilangkan banyak sekali fitur Taskbar di Windows 11, namun satu yang paling membuat pengguna kecewa adalah tidak adanya kemampuan untuk memindahkan Taskbar. Seperti yang terlihat saat ini, Taskbar hanya bisa disematkan di bagian bawah layar. Ini sebenarnya adalah perubahan yang paling banyak diinginkan oleh pengguna Windows 11 di Feedback Hub.

Menu Taskbar yang seharusnya muncul setelah melakukan klik kanan di Taskbar, juga merupakan fitur lain yang dihilangkan oleh Microsoft dan pengguna memintanya untuk bisa dikembalikan. Saat ini ketika anda melakukan klik kanan pada Taskbar, anda hanya akan melihat opsi pengaturan Taskbar saja. 

Windows 11 juga telah menghilangkan kemampuan untuk tidak menggabungkan aplikasi terbuka di Taskbar. Ini juga menjadi fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna di Feedback Hub. Berikut adalah daftar fitur Taskbar yang dihilangkan Microsoft:

  • Fitur People tidak lagi ada di Taskbar.
  • Beberapa ikon mungkin tidak lagi terlihat di System Tray untuk perangkat yang ditingkatkan termasuk kustomisasi sebelumnya.
  • Penempatan di bawah layar adalah satu-satunya lokasi yang diizinkan.
  • Aplikasi tidak lagi bisa mengkustomisasi area Taskbar.

Drag and Drop File ke Ikon Aplikasi di Taskbar

Di Windows 10 memungkinkan untuk melakukan drag and drop sebuah file ke ikon aplikasi yang ada di Taskbar untuk membukanya di aplikasi tersebut.

Windows 11 menghilangkan fitur ini, namun pengguna menginginkannya kembali, dan ini juga menjadi salah satu fitur yang paling banyak diminta pengguna. 

Flyout Kalender Tidak Memunculkan Event

Sebelumnya pada Windows 10 memungkinkan untuk melihat daftar event di bawah kalender dalam tampilan flyout, ketika pengguna mengklik tanggal dan waktu. Ini sangat membantu dan Windows 11 malah membuang fitur ini yang kemudian juga membuat banyak pengguna kecewa.

Start Menu Kehilangan Banyak Fitur

Start Menu telah secara signifikan berubah di Windows 11, dan kini memiliki dua bagian utama yakni aplikasi yang disematkan dan aplikasi yang direkomendasikan.

Bagian ketiga adalah yang ada di bawah kedua bagian sebelumnya yang berisi informasi profil pengguna dan folder standar. Microsoft telah membuang Live Tiles dan kemampuan untuk memberi nama grup dan folder di Windows 11. Anda juga tidak bisa mengubah ukuran Start Menu lagi.

Beberapa Fitur Penting Windows 10 Lainnya Yang Dihilangkan

  •  Penjelajahan Wallpaper Desktop: Wallpaper Desktop kini tidak lagi dapat dijelajahi dari atau ke perangkat saat masuk dengan akun Microsoft.
  • Quick Status: Status cepat dari Lockscreen dan pengaturan terkait telah dihapus.
  • Math Input Panel: Panel ini juga telah dihapus dan digantikan oleh Math Recognizer yang akan bisa dipasang sesuai permintaan pengguna, yang berisi pengendali masukan perhitungan dan pengenalan. 
  • Timeline: Timeline dihapus juga di Windows 11, sementara beberapa fungsi sejenis fitur ini tersedia di Microsoft Edge.
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend