Fitur Windows Hello di Microsoft Windows 10

Fitur Windows Hello Kini Digunakan Oleh 84 Persen Pengguna Windows 10

NESABAMEDIA.COMBerdasarkan laporan dari pihak Microsoft, disebutkan bahwa sistem PIN, autentikasi hardware yang bernama Windows Hello, popularitasnya perlahan namun pasti terus tumbuh. Windows Hello sendiri merupakan sistem autentikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses secara aman ke perangkat mereka, termasuk juga akun online, browser dan lain sebagainya. 

Windows Hello memiliki sejumlah fitur autentikasi dan keamanan seperti Fido Keys, PIN, atau fitur biometrik semacam dukungan pemindaian Iris, pemindaian sidik jari dan teknologi pengenalan wajah. 

Windows Hello pada dasarnya adalah alternatif untuk kata sandi, dan Microsoft mengatakan teknologi ini jauh lebih ramah untuk pengguna, aman dan bisa diandalkan ketimbang sistem login tradisional yang menggunakan kata sandi. 

Fitur Windows Hello di Windows 10

Fitur Windows Hello di Windows 10

Dari laporan tersebut, konsumen yang telah menggunakan Windows Hello untuk login di Windows 10 ketimbang menggunakan password tradisional, jumlahnya meningkat hingga 84,7 persen, dari jumlah 69,4 persen di tahun 2019 lalu. 

Faktor utama kenaikan penggunaan ini kemungkinan karena kebijakan Microsoft yang mengarahkan pengguna untuk menggunakan PIN ketika menambahkan pengguna baru di Windows 10. Selain itu, Windows Hello juga sedang menjajaki pasar enterprise. 

Pihak Microsoft juga mengklaim bahwa penggunaan fitur tanpa password di layanan Azure Active Directory turut mengalami kenaikan lebih dari 50 persen, karena pengguna mulai beralih ke pilihan fitur tanpa password seperti Microsoft Authenticator dan Fido Security Keys. 

Fitur Windows Hello Integrasi Akun Microsoft

Fitur Windows Hello Integrasi Akun Microsoft

Pertumbuhan tersebut merupakan hasil dari sejumlah peningkatan yang dilakukan pada Windows Hello dengan hampir setiap pembaruan fitur di Windows 10, yang merekomendasikan pengguna untuk meninggalkan penggunaan password tradisional. 

Pangsa pasar dari Windows Hello ini diperkirakan akan terus bertambah pada tahun 2021 mendatang, dengan semakin banyaknya fitur yang akan hadir di Windows 10. Hal ini bisa dilihat pada pembaruan utama bulan Mei 2020 lalu, yang menambahkan dua cara baru untuk menggunakan Windows Hello, yakni Windows Hello Safe Mode dan juga integrasi ke akun Microsoft. 

Integrasi Windows Hello dengan akun Microsoft itu memungkinkan pengguna untuk menggunakan wajah, sidik jari atau PIN mereka untuk masuk ke akun Microsoft tanpa harus mengetikkan kata kunci secara manual. 

Leave a Reply

Send this to a friend