Fitur Wipe Baru Untuk Windows Rupanya Masih Meninggalkan Data Personal

Fitur Wipe Baru Untuk Windows Rupanya Masih Meninggalkan Data Personal

NESABAMEDIA.COMDi Windows 10 atau Windows 11, administrator bisa mereset sistem mereka secara lokal maupun jarak jauh. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus data ketika proses dilakukan, namun sebuah laporan teranyar oleh Microsoft menunjukkan bahwa menghapus data, pada dasarnya tidak menghapus data apapun di Windows 10 atau Windows 11 versi 21H2.

Opsi Keep My Files akan menghapus aplikasi yang sebelumnya terpasang setelah anda mendapatkan perangkat, termasuk juga aplikasi dan driver yang anda pasang melalui sumber lain. Namun opsi ini akan menyimpan file personal anda, termasuk dokumen, foto, video, musik, program desktop dan kontak. 

Opsi Remove Everything akan menghapus semua aplikasi, driver dan pengaturan, kecuali untuk informasi mengenai bagaimana perangkat anda disetel di pabrik. Semua file personal akan dihapus dari perangkat. Anda akan diberikan pilihan untuk menghapus semuanya, atau mengenkripsinya ketika anda masuk kembali ke Windows setelah melakukan pengaturan ulang perangkat. 

Mengatur ulang perangkat Windows dan menghapus data akan sangat berguna dalam situasi tertentu. Mengatur ulang perangkat yang menjalankan Windows 10 mungkin bisa dilakukan dengan beragam alasan. Anda mungkin ingin untuk menjual atau memberikan perangkat ke orang lain. 

Melakukan pengaturan ulang perangkat biasanya akan menghapus semua data yang ada, namun terkadang hal ini dirasa masih kurang, dan pengguna mungkin ingin menggunakan software tambahan. 

Windows 10 dan 11 versi 21H2 hadir dengan fitur bernama Wipe, yang didesain untuk menghapus data personal dari perangkat. Kebanyakan pengguna menyimpan data personal ini di laptop atau PC, dan sangat jelas bahwa data semacam ini seharusnya tidak dipindah-tangankan ke pihak lain. 

Fitur Wipe ini akan tersedia ketika anda mengklik pada bagian About di halaman Settings. Fitur ini ditawarkan ketika anda memilih opsi Keep My Files dari opsi pengaturan ulang.

Memilihnya seharusnya akan menghapus semua data personal dari perangkat, namun ternyata hal itu tidak selalu terjadi. Microsoft menemukan masalah di Windows 10 dan 11 versi 21H2 yang menyebabkan beberapa file personal tertinggal di perangkat, meskipun telah menjalankan fitur Wipe tersebut. 

Folder Windows.old masih berisi data pengguna, meskipun mereka telah melakukan pengaturan awal sampai bersih. Jika anda menggunakan perangkat yang menjalankan versi 21H2, disarankan untuk memeriksa ukuran dari folder Windows.old setelah melakukan operasi penghapusan data. Jika masih ada isinya, anda bisa melakukan penghapusan manual. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend