Folder Windows.old Apakah Aman Untuk Dihapus

Folder Windows.old Apakah Aman Untuk Dihapus?

NESABAMEDIA.COMSetiap kali anda beralih ke versi baru Windows, baik itu salah satu pembaruan fitur Windows 10 atau OS yang sama sekali baru, Microsoft menyimpan catatan versi sebelumnya. Ini termasuk data pada semua program dan pengaturan yang anda pasang, disimpan dalam folder yang dikenal sebagai ‘Windows.old’.

Windows.old tersebut dapat ditemukan di File Explorer, tetapi anda tidak dapat menghapusnya seperti folder biasa. Microsoft memblokir metode klik kanan atau drag & drop yang biasa, mungkin itu dilakukan untuk mencegah pengguna menghapusnya secara tidak sengaja.

Windows.old dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan sistem, terutama jika anda baru saja pindah ke versi Windows yang benar-benar baru. Tetapi apakah aman untuk dihapus, dan bagaimana anda harus melakukannya?

Haruskah menghapus folder Windows.old?

Asalkan anda tidak berniat untuk kembali ke versi Windows sebelumnya, anda benar-benar aman untuk menghapus folder Windows.old. Ini tidak akan berpengaruh pada pengalaman Windows 10 anda saat ini atau pembaruan di masa mendatang.

Namun, untuk memastikan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan, memenuhi kriteria berikut juga disarankan:

  • Sudah lebih dari 10 hari sejak anda memasang versi yang dipakai saat ini, jadi opsi untuk ‘kembali ke versi sebelumnya’ di halaman Settings tidak lagi tersedia.
  • Anda sudah melakukan full backup Windows secara rutin, jadi tetap bisa memasang versi sebelumnya dalam keadaan darurat.
  • Semua dokumen dan pengaturan pribadi anda telah dipindahkan dengan benar saat memasang Windows 10.

Cara menghapus folder Windows.old di halaman Settings

Asalkan Anda menjalankan versi 1903 (Mei 2019) Windows 10 atau lebih baru, metode termudah adalah melalui halaman Settings:

  • Buka Settings → Sistem dan pilih Storage dari panel kiri.
  • Nyalakan toggle ‘Storage Sense’ jika anda belum melakukannya, lalu pilih ‘Configure Storage Sense atau jalankan sekarang’.
  • Gulir ke bawah ke sub-judul ‘Free Up Space Now’ dan klik ‘Clean Now’.
  • Setelah beberapa detik, ini akan menghapus file apa pun yang tidak digunakan oleh perangkat(termasuk Windows.old).

Asalkan Storage Sense tetap dihidupkan, folder Windows.old akan segera dihapus setelah versi baru terpasang.

Cara menghapus folder Windows.old dari File Explorer

Storage Sense mungkin menjadi pilihan utama, tetapi File Explorer menawarkan cara untuk secara khusus menargetkan file dari instalasi sebelumnya:

  • Buka File Explorer.
  • Temukan drive Disk Lokal (C:) (tempat Windows biasanya dipasang). Klik kanan dan pilih ‘Properties’.
  • Dari jendela yang muncul, klik ‘Disk Clean-Up’ dari tab General.
  • Klik ‘Clean up system file’ dan tunggu beberapa detik.
  • Anda sekarang akan melihat daftar gulir vertikal dari file yang dapat dihapus. Semua file ini dapat dihapus, tetapi yang berada di bawah ‘Windows Update Clean-up’ atau ‘Previous Windows Installation’ merujuk ke folder Windows.old
  • Pilih yang ingin dihapus dan klik ‘OK’.
  • Dari jendela pop-up, klik ‘Hapus File’ untuk mengonfirmasi penghapusan.
  • Setelah beberapa detik, file akan dihapus secara permanen

Sebaiknya ikuti langkah-langkah ini segera setelah memasang pembaruan baru jika anda ingin meminimalkan jumlah ruang yang digunakan. Pastikan pembaruan stabil dan bebas bug terlebih dahulu. Bagi kebanyakan orang, menyiapkan Storage Sense untuk berjalan secara teratur di latar belakang sudah cukup.

Mengklaim penyimpanan kembali sangat penting bagi siapa pun yang mempertimbangkan untuk memperbarui perangkat mereka ke Windows 11. Microsoft akan mulai meluncurkan pemutakhiran gratis untuk pengguna Windows 10 dengan perangkat keras yang memenuhi syarat mulai 5 Oktober, tetapi akan membutuhkan setidaknya 64GB penyimpanan untuk memasang. Jika Anda memiliki SSD 128GB atau 256GB, menghapus folder Windows.old dapat menambah ruang yang dibutuhkan.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

One Response

  1. Khafidlm

Leave a Reply

Send this to a friend