Sudah Tahu Apa Saja Fungsi Autocad Beserta Fiturnya? Cari Tahu Disini!

Autocad adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menggambar sebuah objek, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Autocad merupakan aplikasi berbasis CAD yang mana penggunaan aplikasi ini sudah cukup banyak karena menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan produk lain dengan fungsi yang sama. Aplikasi yang satu ini diproduksi oleh perusahaan yang bernama Autodesk yang pertama kali diperkenalkan pada 1982 dengan Autocad 1.0.

Kemudian Autocad terus mengalami peningkatan hingga pada akhirnya terdapat perangkat lunak Autocad yang canggih dan memiliki banyak fitur seperti sekarang ini. Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih menggunakan Autocad adalah karena terkenal penggunaannya yang mudah. Jadi, orang awam pun tidak akan kesulitan ketika pertama kali menggunakan aplikasi yang satu ini.

Fungsi Autocad

Fungsi Autocad adalah

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa Autocad adalah aplikasi berbasis CAD yang digunakan untuk mendesain objek 2 dimensi atau 3 dimensi. CAD sendiri merupakan singkatan Computer Aided Drafting and Design yang mana fungsinya sama dengan nama dari singkatan tersebut. Penggunaan Autocad sudah tidak asing lagi bagi mereka yang sering bergelut di dunia desain, sipil arsitektur, dan berbagai bidang pekerjaan lainnya yang memang tidak bisa lepas dari penggunaan Autocad.

Lalu mengapa harus menggunakan Autocad? Dengan menggunakan Autocad, maka Anda bisa menggambar sebuah objek sesuai dengan keinginan Anda. Hasil gambar dengan menggunakan Autocad juga tidak sembarangan karena terbukti kualtiasnya bagus dan memiliki kemiripan yang hampir sama dengan gambar aslinya.

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menentukan ukuran gambar yang ingin Anda gunakan sehingga tidak sampai membuat gambar yang terlalu besar atau kecil. Jadi, dengan adanya Autocad ini, Anda bisa menggambar sebuah objek dengan tingkat ketelitian dan ketepatan tinggi serta tidak memakan banyak waktu sehingga Anda bisa menggunakan waktu Anda tersebut untuk berbagai kegiatan yang lain.

Di bawah ini akan kami sebutkan beberapa fungsi lain dari Autocad yang harus Anda ketahui:

  • Digunakan untuk mendesain rancangan pesawat terbang
  • Autocad digunakan untuk mendesain rancangan jembatan
  • Digunakan untuk menggambar atau mendesain rancangan rumah
  • Digunakan sebagai salah satu aplikasi untuk merancang model mobil
  • Bahkan Autocad juga bisa digunakan untuk membuat sebuah rancangan mur, paku, palu, mesin, dan berbagai keperluan lainnya.

Fitur Autocad

Apa saja fitur yang ditawarkan oleh Autocad? Berikut ini kami berikan beberapa fitur umum yang dimiliki oleh salah satu aplikasi desain terbaik tersebut.

1. Tools 2D dan 3D drafting

Sebagaimana penjelasan di awal bahwa fungsi dari Autocad adalah untuk menggambar sebuah objek 2 atau 3 dimensi. Maka dari itu, aplikasi ini menyediakan sebuah tool yang digunakan untuk menggambar 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Beberapa perintah yang ada di dalam tools tersebut antara lain: circle, line, polygon, chamfer, trim, fillet, loft, presspull, dan berbagai fitur lainnya yang dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing.

2. 3 Opsi rendering

Fitur kedua yang ditawarkan oleh Autocad adalah 3 opsi rendering. Di sini Anda akan diarahkan ketika melakukan proses rendering. Proses yang dijalankan pun tidak sulit. Namun ingat, bahwasanya untuk bisa menentukan seberapa cepat proses rendering yang dijalankan. Maka pastikan spesifikasi komputer atau laptop Anda sudah memadai. Jadi sekiranya Anda tanyakan dulu kira-kira spesifikasi perangkat yang seperti apa yang akan mudah menjalankan proses rendering ketika menggunakan Autocad.

3. Konversi Pdf ke Dwg

Autocad juga menawarkan fitur yang bisa digunakan untuk mengubah atau menkonversi draf yang berformat pdf ke dwg. Hal ini ditujukan ketika para drafter memperoleh gambar yang berformat pdf. Jadi, dibandingkan harus menggambar ulang. Anda bisa langsung mengkonversi gambar tersebut ke format dwg. Proses perubahannya pun tidak membutuhkan waktu lama dan caranya mudah sekali.

Keuggulan Menggunakan Autocad

Fungsi Autocad dan Keunggulannya

Lalu apa saja yang menjadi keunggulan Autocad dibandingkan aplikasi yang lainnya? Berikut ini kami sudah memiliki beberapa informasi tentang keunggulan dari aplikasi buatan Autodesk ini.

1. Proses pembuatan gambar singkat

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh Autocad adalah aplikasi mampu digunakan untuk menggambar sebuah objek dalam waktun singkat. Jadi, Anda yang setiap hari termasuk orang sibuk dan tidak selamanya memiliki waktu luang. Anda bisa menggunakan Autocad sebagai software untuk mendesain gambar. Dengan menggambar menggunakan Autocad, maka proses yang dilakukan tidak memakan waktu lama.

2. Memiliki tingkat akurasi yang tinggi

Keunggulan kedua dari penggunaan Autocad adalah Anda bisa menggambar atau mendesain suatu objek dengan presisis yang sangat pas. Selain itu, gambar yang dihasilkan dari Autocad juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan bahkan bisa mendekati gambar aslinya. Seolah-olah nanti Anda tidak menggambar objek tersebut melainkan langsung menduplikatnya karena tingkat kemiripannya yang cenderung tidak bisa dibedakan.

3. Hasil gambar yang mudah didokumentasikan

Autocad dilengkapi dengan sebuah fitur yang akan memudahkan para penggunya ketika hendak mendokumentasikan hasil gambarnya. Fitur tersebut akan mempermudah proses plotting sehingga nanti gambar yang Anda buat bisa langsung disimpan di dalam sebuah folder dengan nama file atau folder yang seperti Anda inginkan.

4. Memudahkan proses editing

Tahukah Anda bahwa ternyata Autocad juga merupakan aplikasi desain yang menawarkan kemudahan di dalam menjalankan proses editing? Mungkin poin yang keempat ini menjadi salah satu alasan utama mengapa software yang satu ini banyak digunakan. Para pengguna tidak akan kesulitan ketika menjalankan proses editing yang mana mereka bisa mengedit gambar sesuai dengan keinginan mereka.

Itulah penjelasan mengenai fungsi Autocad yang perlu anda ketahui. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain: move, copy, erase, trim, array, extend, rotate, dan lain sebagainya. Kehadiran fitur tersebut tidak lain adalah untuk memudahkan Anda ketika hendak mengedit gambar tersebut agar hasilnya tidak mengecewakan dan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Leave a Reply

Send this to a friend