Kenali 4 Fungsi Dropbox Beserta Fitur dan Keunggulannya

Dropbox merupakan salah satu aplikasi penyimpanan secara online. Aplikasi ini merupakan salah satu dari beberapa aplikasi penyimpanan cloud. Anda bisa menyimpan berbagai macam file dengan segala ukuran di sini.

Para pengguna dropbox diklaim sudah mencapai kurang lebih 500 juta yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Selain itu, tidak kurang dari 200 ribu perusahaan yang tergabung dan menggunakan dropbox.

Fungsi Dropbox

Setiap aplikasi pasti memiliki fungsinya masing-masing. Tidak terkecuali dropbox yang seperti kami jelaskan sebelumnya bahwa fungsi secara umum atau fungsi utamanya adalah sebagai media penyimpanan online. Di bawah ini akan kami informasikan lebih lengkap tentang fungsi dropbox.

1. Untuk menyimpan serta berbagi file

dropbox

Fungsi dropbox yang pertama adalah digunakan untuk menyimpan maupun berbagi file. Memang sebenarnya kita bisa menyimpan file kita di media penyimpanan seperti hardisk atau flashdisk. Akan tetapi, kita terkadang memerlukan sebuah media penyimpanan yang mudah diakses dimana pun dan kapan pun. Selain itu, untuk melindungi file Anda dari serangan virus  sehingga menyebabkan hilangnya data, maka gunakanlah dropbox.

Dropbox akan sangat bermanfaat karena Anda bisa mengakses file Anda dimana saja tanpa harus memerlukan colokan ke laptop atau komputer. Data Anda juga dijamin aman dan tidak akan terkena virus sehingga tidak sampai menyebabkan file Anda corrupt sehingga tidak dapat dibuka.

Anda juga bisa membagikan berbagai file yang Anda inginkan juga tidak terbatas tempat dan waktu. Anda juga bisa mengatur dengan mudah file mana saja yang ingin Anda bagi dan kepada siapa saja dalam waktu yang bersamaan.

2. Dapat digunakan untuk mengakses file kapan saja

Seperti yang telah kami singgung di awal bahwa dropbox merupakan aplikasi yang memudahkan Anda di dalam pengiriman file. Selain itu, Anda juga bisa mengakses file Anda tersebut kapan saja dan dimana saja tanpa harus terbatas oleh waktu. Yang terpenting Anda memiliki koneksi internet, maka semua file yang Anda inginkan bisa Anda akses.

Bahkan tidak harus menunggu online, ketika Anda sedang offline pun Anda masih bisa mengakses file tersebut. Inilah kemudahan lain yang bisa Anda rasakan dengan adanya aplikasi dropbox yang sangat membantu proses penyimpanan dan akses file Anda.

3. Melindungi data dari virus

Melindungi data dari virus

Fungsi dropbox yang lain adalah untuk melindungi file Anda dari serangan virus. Ketika Anda menyimpan file menggunakan flashdisk atau hardisk, resiko terkena virus terkadang tidak bisa terhindarkan. Apalagi jika Anda sebelumya mencolokkan media penyimpanan Anda tersebut ke perangkat yang terkenal merupakan sarang virus.

Lalu apa akibatnya? Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, mulai dari kemungkinan ringan sampai berat. Kemungkinan ringan adalah file Anda sudah terinfeksi virus dan akan semakin menyebar kemana-mana jika tidak segera dibersihkan. Kemungkinan yang buruk adalah file Anda tersebut sudah tidak bisa dibuka alias corrupt. Hal ini akan memberikan kerugian yang besar. Apalagi ketika Anda belum melakukan back up data.

4. Bisa untuk mengerjakan dokumen secara bersama-sama

Dropbox menawarkan sebuah fitur yang sangat menarik. Fitur ini memungkinkan Anda bisa mengerjakan dokumen secara bersama-sama dengan teman maupun rekan kerja Anda. Nanti fitur tersebut akan menawarkan folder bersama yang bisa diakses oleh orang-orang atau anggota yang sudah ditentukan atau diberikan izin sebelumnya.

Jadi, Anda bisa langsung mengedit dokumen tersebut dan tanpa harus dikirimkan ke email teman atau rekan kerja Anda. Mereka bisa langsung melihat hasil editan Anda di dalam folder tersebut. Setiap orang yang memiliki akses ke dokumen atau file tersebut bisa melihat dengan jelas proses pengeditan dokumen yang dilakukan.

Apa Saja Fitur-Fitur Dropbox?

dropbox

Kebanyakan fitur yang disediakan dropbox bersifat berbayar alias premium. Namun juga ada fitur gratis meskipun nanti Anda beberapa ketentuan yang harus Anda pahami. Fitur gratis yang disediakan salah satunya adalah kapasitas penyimpanan maksimal 16 GB.

1. Dropbox Pro

Fitur pertama yang kami jelaskan adalah Dropbox Pro. Fitur ini menyediakan penyimpanan hingga mencapai 1 TB yang sudah terenkripsi menggunakan SSL dan juga AES 256-bit. Namun untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda harus mengeluarkan uang sebesar US$8,25 setiap bulannya. Artinya, fitur ini hanya bisa dinikmati selama 30 hari, kecuali Anda secara rutin membayarnya.

2. Dropbox Bussiness

Bagi Anda yang menginginkan penyimpanan tanpa batas alias unlimited, maka gunakanlah Dropbox Bussiness. Fitur ini juga menyediakan kemudahan dalam pemulihan file yang sudah terhapus sebelumnya tanpa terbatas hari. Selain itu, masih ada fitur grup bagi perusahaan, membuat folder untuk tim, dan berbagai fitur menarik lainnya. Untuk bisa menggunakan Dropbox Bussiness, maka Anda harus menyiapkan uang setiap bulannya sebesar US$12,50.

3. Dropbox Enterprise

Fitur dropbox yang ketiga adalah Dropbox Enterprise. Fitur ini menyediakan semua keunggulan yang dimiliki oleh paket sebelumnya dengan masih ada beberapa tambahan fitur lainnya. Beberapa fitur tersebut diantaranya: fitur mobilitas perusahaan, manajemen kesuksesan akun, pelatihan lanjut bagi pengguna akhir, dan lain sebagainya. Untuk masalah biaya, silahkan Anda tanyaka kepada bagian customer service dropbox.

Keunggulan Dropbox

Di bawah ini beberapa hal yang menjadi keunggulan dropbox dibandingkan media penyimpanan lainnya:

  • Bukan hanya untuk menyimpan file. Namun juga bisa digunakan untuk berbagai file.
  • Melindungi file Anda dari virus.
  • Membuat data Anda tersimpan secara aman (100%).
  • Anda bisa mengakses file atau data Anda kapan pun dan dimana pun.
  • Dropbox merupakan aplikasi penyimpanan yang kompatibel dengan semua OS, seperti Linux, Windows, dan Mac.

Itulah fungsi Dropbox yang perlu kita ketahui. Selain untuk menyimpan data anda secara online, Dropbox ini juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend