• Our Partners:

Google-Results-about-you

Google Apps Mulai Rilis ‘Result about you’, Bisa Atur Privasi Data

Bulan Mei kemarin, Google telah memberikan pengumuman bahwa mereka akan merilis fitur terbaru yang memungkinkan pencarian tidak dapat menemukan data pribadi, seperti kontak dan informasi pribadi lainnya. Kini, fitur ini mulai berjalan dan dirilis oleh Google, Kamis (29/09).

Setelah akhirnya menunggu hampir lima bulan lamanya, Google mengumumkan bahwa mereka telah resmi merilis fitur Result about you. Hari ini, Google mulai memberlakukan perilisan merata untuk pengguna sistem operasi Android.

Namun, Google tidak langsung memberikan semua fiturnya ketika pengguna telah berhasil memperbaharui layanan mereka. Google mengatakan bahwa fitur ini akan bekerja setelah beberapa hari penginstallan.

Fitur yang akan didapatkan ialah memberikan akses kepada pengguna untuk membatasi pencarian mengenai data diri, sebut saja melalui kontak dari berbagai aplikasi Google, hingga informasi yang dirasa bersifat pribadi. Jadi, optimasi tetap dapat dijalankan untuk melindungi kebocoran data pengguna.

Google sepertinya telah mengetahui pasti mengenai Cyber Crime yang mana sedang marak terjadi, ada banyak kasus Cyber Crime di internet dengan mengakses nomor kontak pengguna. Maka dari itu, rasanya sudah sewajarnya Google memberikan akses untuk membatasi informasi yang bisa langsung diatur oleh pengguna.

Melalui fitur Result about you, pengguna bisa langsung mengatur data apa saja yang bisa diakses oleh layanan Google Apps. Ketika mengakses fitur ini, maka pengguna bisa langsung mengatur dan menghapus pencarian yang mengarah kepada nomor telepon, alamat rumah, surel, hingga identitas lainnya seperti nomor induk.

Hal ini juga berlaku ketika pengguna mengakses situs web dengan menggunakan layanan Google Chrome, berbeda dengan versi aplikasinya di mana versi Chrome akan menampilkan fitur “About this Result” yang akan memberikan pilihan untuk menghapus beberapa informasi pribadi.

Result-about-you-Google

Google Result about you

Pengguna juga bisa langsung memilih apa saja hal yang mereka inginkan agar tidak terlacak, misalnya dengan memberikan bahwa informasi tersebut ilegal, jangan menampilkan nomor kontak apa pun, jangan menampilkan kontak pribadi dan informasi yang tidak relevan lainnya.

Meksipun telah merilis fitur Result about you, Google sendiri mengatakan bahwa fitur lengkapnya kemungkinan akan dirilis pada tahun 2023 mendatang. Bersamaan dengan beberapa peningkatan lainnya.

Bagaimana menurut Anda? Sudah sewajarnya Google memberikan fitur ini untuk akses yang lebih aman, bukan begitu? Bagikan tanggapan Anda di kolom komentar.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend