• Our Partners:

Google-TTS-Upgrade

Google TTS Kini Perluas Jangkauan Mereka di Ponsel Android

Google Text-to-Speech (TTS) merupakan sebuah teknologi yang telah dikembangkan oleh Google, di mana memberikan kemampuan perangkat untuk dapat membacakan transkrip teks kepada pengguna. Kini, Google telah memperluas jangkauan mereka di beberapa jenis ponsel Android, Kamis (29/09).

Sebagian dari kita mungkin telah akrab dengan fitur Google TTS, mungkin juga secara tidak sadar kita telah menggunakan fitur ini sehari-harinya. Google TTS ialah sebuah teknologi yang mengubah transkrip teks menjadi pesan suara. Jadi, kita bisa langsung mendengarkan ponsel yang membacakan teks atau kalimat.

Hari ini, Google mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan teknologi dan kualitas audio terbaru dari layanan Google TTS. Peningkatan ini akan hadir di sejumlah ponsel Android dengan merek yang berbeda-beda. Bukan hanya itu saja, Google mengatakan bahwa perbaruan ini akan meningkatkan sejumlah peningkatan fitur.

“Android Text-to-Speech akan memiliki kualitas audio yang lebih jernih dan suara yang lebih natural, tentu dengan peningkatan kualitas yang akan kami berikan,” kata Google.

Bersamaan dengan pembaruan dari Google TTS ini, perusahaan juga memberikan catatan bahwa kualitas suara yang lebih baik ini hanya bisa dirasakan oleh mereka yang telah menggunakan perangkat Android dengan sistem 64-bit.

Selain perangkat yang tidak menggunakan sistem 64-bit, maka pengguna tidak dapat merasakan peningkatan fitur apa pun. Google TTS akan mendukung hingga 67 bahasa di pembaruan terbarunya, dengan pelafalan yang lebih alami.

Pengembangan Google TTS sendiri memang telah dilakukan, pihak Google mengaku bahwa mereka telah melakukan tahapan uji coba langsung melalui Google Engine, juga tidak memiliki banyak masalah ketika diuji.

“Pembaruan ini hanya akan diberikan oleh mereka yang telah menggunakan sistem 64-bit, yang mana bisa langsung diunduh melalui Google Apk. Jika Anda masih ragu dengan dukungan perangkat, maka bisa diperiksa terlebih dahulu jika memang telah menggunakan versi 210390644 di Package com.google. android.tts.” tulis Google.

Hingga saat ini, Google sendiri juga belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai merek ponsel mana yang akan mendapatkan dukungan. Namun, banyak yang mengira bahwa fitur ini kemungkinan besar akan hadir di semua perangkat Android yang memiliki sistem 64-bit.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik dengan peningkatan dari fitur Google TTS ini? Bagikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend