• Our Partners:

google-search-widget-android-12

Google Hadirkan Customize Search Widget di Android

Balik pada tahun 2018 lalu, Google telah merilis dukungan untuk dapat mengkostumasi tampilan dari Search Widget. Hari ini, Google telah resmi merilis fitur terbaru mereka dengan akses kostumasi yang lebih dinamis, Kamis (13/10).

Google memang tahun ini banyak merombak tampilan dari layanan mereka, bahkan ada dua layanan yang berbeda berakhir dengan merger karena memiliki fitur dan tawaran yang sama. Namun, yang paling banyak terjadi ialah UI dari berbagai layanan Google yang diperbaiki.

Bukan tanpa alasan, setelah peluncuran Android 13 Google memang banyak memperbaiki tampilan UI mereka yang dirasa kurang bagus ketika diakses menggunakan Android 12 dan 13. Perangkat seperti mode tablet dan ponsel dengan layar lipat menjadi perangkat yang patut diperhitungkan dukungan dari Google.

Hari ini, Google memberikan perbaikan dari akses Search Widget mereka untuk pengguna Android 12 dan lebih baru. Kini, pengguna bisa langsung mengatur tampilan UI dari Search Google langsung di ponsel mereka.

Google memberikan akses kepada pengguna untuk berkreasi menyesuaikan Search Widget dengan tampilan atau tema ponsel, di mana ketika pengguna mulai menekan lama Widget maka akan ada sebuah gambar pensil pada bagian sudutnya.

Ketika diklik, maka akan langsung muncul beberapa pintasan pengaturan pada bagian bawah, untuk lebih jelasnya simak beberapa pilihan pengaturan yang bisa Anda akses berikut:

  • Logo Bar: mengubah warna atau logo dari Google pada bagian kiri.
  • Bar Shape: mengubah kurva yang ada dalam tampilan Widget.
  • Bar Color: mode gelap dengan empat pilihan warna yang ada pada Icon Google, bisa dikostumasi oleh pengguna.
  • Bar Shading: membuat tampilan yang lebih solid.
google-search-widget-new

Tampilan Baru Search Widget & Kostumasi

Seperti pada gambar di atas, tampilan dari Search Widget sekarang bisa langsung diubah dan disesuaikan dengan pemilihan warna sesuai tema ponsel. Untuk Anda yang masih belum mendapatkan fitur ini, maka harus dipastikan bahwa Google Search telah diperbaharui ke versi 13.40 atau yang lebih baru.

Untuk saat ini, pengguna Pixel yang telah menggunakan sistem Android 12 atau yang lebih baru juga sudah mendapatkan fitur kostumasi tampilan Widget dari Google ini.

Bagaimana menurut Anda? Tuliskan tanggapan Anda di kolom komentar jika menemukan fitur terbaru lainnya dari Google.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend