Google Pasang Aplikasi Pelacak Covid-19 Tanpa Izin, Pengguna Marah

Google Pasang Aplikasi Pelacak Covid-19 Tanpa Izin, Pengguna Marah

NESABAMEDIA.COMSebagai perusahaan internasional yang sangat besar dan kuat, masuk akal jika pada akhirnya orang-orang begitu waspada terhadap keberadaan Google. Sejumlah warga Amerika Serikat sedang merasakan hal itu, setelah mereka menemukan bahwa di smartphone mereka telah terpasang aplikasi pelacakan Covid-19. Aplikasi tersebut memang merupakan aplikasi resmi hasil kerjasama Google dengan pemerintah setempat, namun aplikasi terpasang secara otomatis tanpa seizin dari pemilik smartphone. 

Tuduhan tersebut dilontarkan dalam bentuk ulasan pengguna untuk aplikasi tersebut di Google Play Store, di mana ratingnya dibanjiri dengan bintang satu. Dalam bagian ulasan, yang awalnya tuduhan itu pun melebar menjadi topik teori konspirasi yang saat ini tengah menjadi andalan dari setiap berita yang mengikuti Covid-19. 

Para pengguna mengeluh tentang aplikasi pihak ketiga yang diunduh ke perangkat smartphone mereka tanpa persetujuan. Keluhan pengguna itu juga tentunya hal yang sah, karena smartphone juga merupakan perangkat yang membutuhkan perlindungan privasi. 

Tampilan Ulasan Aplikasi Pelacak Covid-19

Tampilan Ulasan Aplikasi Pelacak Covid-19

Menariknya, dalam dokumentasi dukungan Google pada aplikasi tersebut, dijelaskan bahwa aplikasi pelacakan Covid-19 harus diunduh secara manual, setelah itu pengguna juga harus sekali lagi secara manual memilih untuk mendapatkan pemberitahuan adanya paparan kontak pelacakan atau tidak. Metode kedua adalah dengan mengaktifkan pemberitahuan paparan secara manual di aplikasi itu sendiri, lalu mengunduh aplikasi untuk area tempat tinggal pengguna secara otomatis. Aplikasi itu pun tidak tersedia di semua negara atau negara bagian Amerika Serikat.

Namun banyak pengguna melaporkan bahwa mereka yang sebenarnya telah mencopot pemasangan aplikasi dan menonaktifkan pemberitahuan, mendapati aplikasi itu masih ada di perangkat mereka. Oleh karenanya, tidak jelas bagaimana aplikasi tersebut bisa terpasang di latar belakang, mungkin itu dipilih untuk pengguna yang ditentukan Google atau sebelumnya oleh pemerintah setempat. 

Sementara itu pihak Google memberikan tanggapan atas masalah tersebut:

“Kami telah bekerja sama dengan pemerintah dan departemen kesehatan setempat untuk memungkinkan pengguna mengaktifkan Sistem Pemberitahuan Paparan langsung dari pengaturan smartphone android mereka. Fungsionalitas ini dibangun ke dalam pengaturan perangkat dan didistribusikan secara otomatis oleh Google Play Store, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah. 

Notifikasi paparan Covid-19 akan diaktifkan hanya jika pengguna memang mengaktifkannya secara proaktif. Pengguna bisa memutuskan apakah akan mengaktifkan fungsi ini dan apakah akan berbagi informasi melalui sistem untuk membantu memperingatkan orang lain tentang kemungkinan terjadinya paparan”.

Leave a Reply

Send this to a friend