Serba-Serbi Peranan HRIS Software dalam Manajemen SDM

Serba-Serbi Peranan HRIS Software dalam Manajemen SDM

Kebutuhan perusahaan akan kualitas sumber daya kina beragam. Itu menjadi tantangan tersendiri bagi HRD untuk meningkatkan kinerja sehingga mampu menciptakan kualitas sumber daya yang unggul. Human Resource Information System (HRfIS) mulai marak digunakan di berbagai perusahaan untuk pengelolaan karyawan jauh lebih efektif dan efisien.

Manfaat utama dari HRIS Software adalah mengoptimalkan pengelolaan kinerja karyawan. Jadi, karyawan mampu menunjukkan nilai dan potensi terpendam yang akan berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis.

Lantas, apa saja sebenarnya peranan Software HRIS dalam pengelolaan karyawan? Mari ikuti ulasan di bawah ini!

Manajemen Gaji

Gaji adalah kewajiban perusahaan kepada karyawan. Implementasi software HRIS akan mempermudah perusahaan dalam memproses gaji karyawan tiap bulannya. Sistem akan menyimpan, memproses, dan mengolah semua informasi terkait proses penggajian karyawan serta laporan penggajian dan slip gaji.

Penerimaan Karyawan (Rekrutmen)

Rekrutmen atau penerimaan karyawan penting dalam sebuah perusahaan. HRD wajib memilih beberapa kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan. Software HRIS akan mengurangi proses input data kandidat manual. Kemudian, software juga akan memudahkan HRD memantau perkembangan kandidat dari awal hingga akhir. Contoh Software HRIS yang sering digunakan dalam rekrutmen adalah dari LinovHR.

Pengelolaan Kinerja

Kinerja karyawan akan berimbas pada perkembangan operasional. HRD wajib memastikan kinerja karyawan selalu stabil agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Melalui HRIS, HRD akan terbantu dalam pengelolaan kinerja seperti penilaian kinerja, pemberian feedback, dan pemantauan performa.

Kompetensi Karyawan

Berbicara soal kinerja tidak akan dipisahkan dari kompetensi. Kinerja dan kompetensi karyawan saling berpengaruh satu sama lain. Sistem akan memperlancar  pengukuran kompetensi apa saja yang harus dimiliki karyawan berdasarkan jabatan, posisi dan unit kerja.  Sehingga kinerja karyawan pun juga terjaga kualitasnya.

Manajemen Waktu Kerja

Software HRIS berperan dalam pengelolaan jam kerja karyawan. HRD bisa menentukan durasi kerja, jadwal kerja, dan pengelolaan atau  approval pengajuan cuti serta lembur dari karyawan. Tak hanya itu, sistem juga mampu membuat laporan absensi karyawan secara otomatis.

Suksesi Posisi Penting

Ada berbagai macam posisi penting di perusahaan yang tidak bisa dibiarkan kosong begitu saja. HRD pun diwajibkan menyiapkan kandidat yang kompeten dan mampu mengisi jabatan dengan skill tertentu. HRIS akan memfasilitasi suksesi jabatan melalui berbagai fitur. Contohnya melalui fitur career path untuk menghubungkan satu posisi dengan posisi lain yang lebih tinggi.

Pengembangan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia

Peranan Software HRIS dalam pengembangan dan pelatihan SDM bisa dilakukan lewat pembentukan silabus pembelajaran, dari perencanaan pelatihan, memilih pelatih atau coach, menetapkan peserta yang wajib mengikuti program, sampai evaluasi setelah program pelatihan.

Itulah beberapa peranan Software HRIS dalam pengelolaan karyawan. Kesimpulannya, penggunaan Software HRIS dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas HRD. Semoga ulasan di atas dapat membantu!

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend