Fitur Premium Editing di Google Photo 5.18

Google Photo 5.18 Hadir Dengan Fitur Editing Premium Yang Dinanti

NESABAMEDIA.COMSebelumnya, Google telah merilis banyak sekali fitur baru untuk aplikasi Google Photo mereka. Dan bocoran dari kode aplikasi terbaru Google Photo, telah diungkap oleh XDA, yang bakal membawa tambahan fitur baru lagi yang menarik untuk ditunggu.

Google Photo versi 5.18 itu disebut-sebut akan membawa fitur editing kelas premium. Namun yang perlu dicatat, fitur editing premium ini hanya tersedia untuk pengguna yang sudah berlangganan Google One. Tentunya, fitur ini menjadi kabar gembira bagi para penggunanya, karena mereka tidak lagi bergantung pada aplikasi editing pihak ketiga, untuk mempercantik foto-foto mereka.

Ada sejumlah baris kode yang cukup menonjol yang menjelaskan soal fitur baru pada aplikasi Google Photo versi 5.18 tersebut. Selain itu, baris kode itu mengungkap bahwa fitur tersebut dipastikan akan dirilis pada pembaruan yang akan datang ini. 

Perlu diperhatikan bahwa bocoran yang diungkap XDA tersebut bisa saja hanya sebagai prediksi mengenai fitur editing premium baru itu. Bisa saja fitur ini memang akan dirilis di pembaruan yang akan datang ini, atau malah dirilis secara terpisah dari Google Photo. 

Nampaknya, Google Photo versi 5.18 ini akan dirilis melalui Play Store. Jika melihat dari daftar changelog yang dicantumkan Google, hanya menyebutkan perbaikan bug yang ada saja, tanpa mengutip soal fitur editing premium. 

Di sisi lain, cukup jelas soal fitur editing premium Google Photo itu jika dilihat dari baris kode yang dibocorkan XDA seperti yang tercantum berikut ini.

<string name=”photos_photoeditor_fragments_editor3_g1_callout_g1_member”>As a Google One member, you get access to extra editing features</string>

<string name=”photos_photoeditor_fragments_editor3_g1_callout_non_member”>Get extra editing features with a Google One membership</string>

<string name=”photos_photoeditor_fragments_editor3_upsell_banner”>Unlock this feature and more with a Google One membership</string>

<string name=”photos_photoeditor_fragments_editor3_upsell_title_with_storage”>Unlock more editing features and {storage_amount} of storage with a Google One membership</string>

Jika diperhatikan dengan seksama, pada baris pertama kode tersebut tertulis soal notifikasi dengan pesan khusus pengguna Google One yang akan mendapatkan fitur tambahan. Di sini Google tidak mengharuskan pengguna untuk berlangganan Google One, namun lebih ke mengiming-iming jika hanya pengguna Google One yang bisa menggunakan fitur tersebut.

<string name=”photos_photoeditor_preprocessing2_dogfood_suggestion_dynamic”>Dynamic</string>

<string name=”photos_photoeditor_preprocessing2_dogfood_suggestion_hdr”>HDR</string>

<string name=”photos_photoeditor_preprocessing2_dogfood_suggestion_vivid”>Vivid</string>

<string name=”photos_photoeditor_skypalette_suggestion_afterglow”>Afterglow</string>

<string name=”photos_photoeditor_skypalette_suggestion_airy”>Airy</string>

<string name=”photos_photoeditor_skypalette_suggestion_ember”>Ember</string>

<string name=”photos_photoeditor_skypalette_suggestion_luminous”>Luminous</string>

<string name=”photos_photoeditor_skypalette_suggestion_radiant”>Radiant</string>

<string name=”photos_photoeditor_skypalette_suggestion_stormy”>Stormy</string>

Kemudian kode baris kedua di atas menjelaskan soal jenis-jenis filter yang mungkin muncul dalam fitur editing premium tersebut. Nampak disebutkan filter jenis HDR, Vivid dan Dynamic. Sementara untuk skypallette-nya hadir dengan pilihan Afterglow, Airy, Ember, Luminous, Radiant dan Stormy.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend