Xiaomi Mi Box 4s Pro STB Android TV

Xiaomi Rilis Mi Box 4S Pro Dengan Dukungan Video 8K

NESABAMEDIA.COMXiaomi merilis jajaran produk Set Top Box (STB) di bawah nama seri Mi Box. Sebelumnya, Xiaomi merilis STB baru yakni Mi Box 4S dan Mi Stick TV. Kini hadir versi Pro baru dari Xiaomi Mi Box 4S dan diklaim menawarkan fitur yang jauh lebih canggih. 

Xiaomi Mi Box 4S Pro yang diumumkan perilisannya pada hari Rabu (04/11) kemarin di Cina, disebutkan mendukung resolusi video 8K. Sejauh ini diketahui belum banyak STB di pasaran yang menawarkan teknologi resolusi video 8K seperti yang ada di STB ini. Tidak hanya teknologi 8K, Xiaomi juga menghadirkan dukungan HDMI 2.1 yang merupakan peningkatan dari HDMI 2.0 yang ada di Mi Box 4S sebelumnya. 

Kapasitas penyimpanannya juga mendapatkan peningkatan dua kali lipat, dari sebelumnya hanya 8GB menjadi 16GB. Sementara RAM-nya masih menggunakan 2GB. STB ini juga mendukung fitur pengendali audio Bluetooth dan proyektor untuk mirroring layar smartphone. Di pasar Cina, akan dikirim bebarengan dengan MIUI, dan akan mengadopsi Android TV untuk pasar global. 

Namun sejauh ini pihak Xiaomi belum berencana untuk merilisnya ke pasar global. Seperti yang diungkap oleh pihak Xiaomi berikut ini : 

“Soal Xiaomi Mi Box 4S Pro, kami belum ada rencana untuk memasarkannya secara global untuk saat ini.”

Di pasar Cina, STB ini sudah tersedia dalam bentuk pre-order dengan harga sekitar USD60 atau sekitar Rp840 ribuan. Banyak pihak berharap, Xiaomi bisa merilis STB baru ini ke pasar global dalam waktu dekat, tentunya dengan dukungan Android TV. 

Xiaomi selama ini memang dikenal sebagai produsen perangkat elektronik yang menghadirkan teknologi canggih namun dengan harga yang terjangkau. Dan jika membicarakan teknologi video 8K tidak banyak pilihannya di luar sana. Sehingga apa yang ditawarkan Xiaomi ini sangat sayang untuk dilewatkan. 

Sementara soal spesifikasi hardware yang ada di Mi Box 4S Pro seperti prosesor, saat ini juga masih menjadi misteri. Namun jika melihat tampilannya dibandingkan Mi Box 4S, sepertinya tidak terlalu banyak perubahan berarti. Terlebih, Mi Box 4S juga merupakan pengembangan yang tidak terlalu jauh dari seri Mi Box yang dirilis pada 2018 silam. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend