• Our Partners:

Google Photos Rilis Fitur Shared Albums

Google Photos: Berbagi Gambar melalui Shared Albums

Google beberapa bulan yang lalu memang memberikan perubahan yang cukup besar untuk layanan mereka, termasuk diantaranya Google Photos yang kini bisa langsung mengirimkan gambar ke sesama pengguna Google Photos, Minggu (06/11).

Membagikan gambar ke perangkat lain merupakan hal yang biasa dilakukan oleh mereka pengguna ponsel pintar, salah satu layanan terbaik untuk mengirimkan berkas dengan ukuran aslinya ialah Telegram. Tetapi, pengguna Google Photos nampaknya akan mendapatkan fitur dan kemampuan serupa.

Google Photos telah menyediakan layanan Shared Albums, yang memungkinkan sesama pengguna bisa langsung mengirimkan gambar dengan resolusi dan kualitas orisinal. Fitur ini sebenarnya telah diadaptasi selama bertahun-tahun oleh perangkat lainnya, yang mana memiliki arsitektur mirip.

Google Photos juga telah menggunakan gaya AI dengan teknologi mereka, yang memungkinkan mesin untuk dapat memindai wajah dan menemukannya di kumpulan gambar yang tersimpan di galeri.

Sebagai contoh, ketika pengguna menyimpan gambar seekor anjing, maka Google akan mengidentifikasi struktur wajah hewan dan mencocokkannya dengan gambar yang tersimpan di galeri..

Konsep dari Shared Albums ini juga sangat menarik, berbeda dengan pengiriman gambar seperti mengirimkannya di Telegram. Dengan menggunakan Google Photos, maka pengguna bisa langsung memilih apa saja gambar yang akan masuk ke dalam album.

Google Photos Shared Albums

Setelah memilih beberapa gambar yang masuk ke album, pengguna bisa langsung memberikan konfirmasi bahwa telah selesai mengatur album. Langkah terakhir,  album yang ingin dibagikan tadi bisa langsung disebarkan dengan menggunakan Link.

Link ini bisa disebarkan melalui media sosial, aplikasi perpesanan instan dan layanan Google Messages. Nantinya, ketika diklik maka pengguna akan langsung diarahkan ke album tadi dan melihat daftar gambar yang ada di dalamnya.

Selain itu, fitur Shared Albums ini memiliki cukup banyak konfigurasi, seperti menambahkannya ke daftar kesukaan, hingga bisa mengaktifkan pemberitahuan ketika ada orang lain yang baru masuk ke album gambar tadi.

Menarik bukan? Kelebihan dari fitur Shared Albums ini ialah memudahkan pengguna untuk dapat mengirimkan media ke banyak orang sekaligus. Pengguna kini hanya perlu membagikan Link dan biarkan orang lain mengunduh gambar yang mereka sukai.

Bagaimana menurut Anda mengenai fitur baru Google Photos? Jika Anda pernah menggunakan layanan ini, tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar ya!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend