Google Umumkan Android 12 Go Edition, Dan Peningkatan Jumlah Pengguna OS Tersebut

Google Umumkan Android 12 Go Edition, Pengguna Hariannya Tembus 200 Juta

NESABAMEDIA.COMAndroid Go, versi ringan dari sistem operasi kaya fitur Android, dilaporkan telah mencapai lebih dari 200 juta pengguna harian. Google pertama kali meluncurkan OS ringan ini pada tahun 2017 silam, menawarkan pengalaman Android yang lebih halus untuk pengguna di perangkat kelas entry, dengan RAM 2GB atau lebih kecil. 

Kini, Google juga mengumumkan bahwa beberapa perangkat kelas anggaran akan mendapatkan pembaruan Android 12 Go Edition, yang membawa banyak sekali fitur dari Android 12 standar yang baru saja dirilis ke lebih banyak perangkat. 

Lebih lanjut, Android 12 Go Edition ini akan mampu membuka aplikasi hingga 30% lebih cepat dan dengan animasi yang lebih halus. Google mengatakan bahwa aplikasi bisa terbuka tanpa adanya delay, menghilangkan ada rentang waktu yang mungkin anda akan melihat layar kosong. 

Fitur lainnya, seperti Privacy Dashboard telah tersedia di versi standar Android 12, yang memungkinkan anda untuk melihat dan mengakses izin aplikasi dari satu tempat. OS versi ringan ini juga menambahkan tiga kemampuan privasi baru, mulai dari indikator kamera dan mikrofon yang akan muncul di sebelah pojok kanan atas layar, jika ada yang mencoba mengaksesnya. 

Fitur Quick Settings juga telah didesain ulang untuk bisa menampung lebih banyak pengaturan, sementara menu multitasking terbaru akan menambahkan pintasan untuk dengan cepat menggunakan fitur penerjemahan real-time di layar atau konten di dalam aplikasi, serta mendengarkannya lebih fitur Speech to Text. Kemudian ada juga tombol Screenshot yang lebih besar.

Anda juga bisa mendapatkan fitur hibernasi aplikasi otomatis yang akan membantu anda menghemat baterai, termasuk juga fitur berguna yang memungkinkan anda berbagi aplikasi dengan perangkat terdekat, sehingga pengguna lain tidak perlu membutuhkan data internet untuk mengunduh dan memasang aplikasi itu. 

Sayangnya untuk saat ini masih belum jelas perangkat mana saja yang akan mendapatkan Android 12 Go Edition ini, atau kapan tepatnya pembaruan ini akan dirilis ke publik atau perangkat lebih banyak. Google mengatakan bahwa ini akan diresmikan pada tahun 2022 mendatang, namun mereka juga tidak menjelaskan tanggalnya secara spesifik. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend