Hal Baru Yang Layak Hadir ke Windows 12

Hal Baru Yang Layak Hadir ke Windows 12

NESABAMEDIA.COMAda banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa Microsoft saat ini sedang memulai pengembangan dari penerus Windows 11, yakni Windows 12. Banyak orang pun mulai menggali informasi mengenai sistem operasi yang akan datang tersebut, mulai dari fitur dan kemampuan baru yang mungkin akan dibawa. 

Jadi peningkatan dan fitur baru apa yang mungkin akan dihadirkan oleh Windows 12? Para pengguna Windows sendiri sudah membanjiri Microsoft dengan banyak permintaan fitur baru, yang mereka ingin lihat akan dibawa oleh Windows 12, atau setidaknya pada Windows 11 Sun Valley 2. 

Menggabungkan Skype dan Teams ke MSN Messenger 12

Bukan rahasia lagi jika upaya Microsoft dalam meningkatkan aplikasi panggilan video dan kolaborasi semakin melemah dalam beberapa tahun terakhir. Di saat orang-orang diharuskan berkomunikasi secara jarak jauh, adalah Zoom yang mampu menguasainya, dan Skype tertinggal jauh di belakang. 

Memang ada beberapa fitur baru yang dihadirkan ke Teams dan Skype, namun di sisi lain masih banyak pengguna yang bingung manakah di antara kedua aplikasi itu yang lebih baik. Alih-alih memilih di antara keduanya, akan semakin baik apabila kedua aplikasi itu digabungkan menjadi satu di Windows 12, setidaknya disatukan jadi MSN Messenger.

Pasalnya, MSN Messenger dinilai jauh lebih tepat untuk bisa bersaing dengan Zoom dan aplikasi sejenisnya, dengan fitur-fitur kuat yang disukai pengguna kala itu. 

Live Wallpaper

Di Android dan iOS ada fitur khusus yang bisa menampilkan Live Wallpaper, yang tidak diakomodir oleh Windows PC atau bahkan Mac.

Selama ini, Windows menyerahkannya pada aplikasi pihak ketiga, seperti Wallpaper Engine atau Bing Wallpaper, untuk bisa menghadirkan wallpaper animasi dan kemampuan menampilkan informasi tentang perangkat PC pengguna. 

Dengan memiliki bagian khusus untuk wallpaper, di mana anda bisa menempatkan informasi statis di desktop yang bekerja dengan animasi live wallpaper, akan menjadi hal yang menarik bagi semua jenis pengguna.

Aplikasi Podcast Khusus

Memang sangat menyenangkan untuk bisa melihat kembalinya Windows Media Player, namun adanya fitur baru seperti podcast, terasa tidak relevan dengan fungsi utama aplikasi tersebut. 

macOS telah memiliki aplikasi podcast mereka sendiri sejak Big Sur di tahun 2019, namun jika anda menginginkan aplikasi yang sama di Windows, tidak jelas bisa dimulai dari mana, karena Microsoft tidak menawarkan aplikasi podcast tersendiri. 

Oleh karena hal ini Windows 12 seharusnya bisa menambahkan aplikasi podcast khusus yang bisa juga digunakan di platform lain, seperti iOS dan Android, sehingga paket berlangganan pengguna bisa disinkronisasi ke semua perangkat. 

Aplikasi Streaming Khusus

Begitu juga dengan aplikasi Streaming khusus yang sampai sekarang belum diakomodir oleh Windows. Selama bertahun-tahun pengguna bergantung pada aplikasi seperti OBS dan Twitch sebagai cara utama untuk melakukan streaming konten mereka.

Akan tetapi, aplikasi tersebut selalu membutuhkan upaya ekstra untuk memastikan bahwa anda memberikan konten streaming yang berkualitas kepada pengguna dengan latensi rendah. 

Akan sangat membutuhkan banyak hal juga untuk dikelola yang terpisah-pisah, yang seharusnya bisa diakomodir dalam satu aplikasi di Windows 12. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend