Download OBS Studio 24.0.3

Download OBS Studio Terbaru Developer: OBS Studio
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 71MB


OBS Studio adalah software perekam layar komputer yang juga bisa digunakan untuk live streaming. Banyak YouTuber yang menggunakan software open source ini untuk menayangkan aksi mereka dalam bermain game secara live. Kemampuannya dalam merekam layar juga tidak kalah bagusnya.

OBS Studio memiliki lisensi GPLv2 sehingga anda bebas mengunduh dan menggunakannya untuk keperluan apa saja tanpa biaya apa pun. Pengembangan OBS Studio saat ini sudah berada pada versi 24 dengan berbagai penambahan fitur yang membuat popularitasnya semakin tinggi.

Fitur OBS Studio

Download OBS Studio Terbaru

Tampilan OBS Studio

Di dalam OBS Studio terdapat Auto-Configuration Wizard untuk membantu anda agar software tersebut dapat digunakan secara optimal. Wizard ini muncul secara otomatis bersamaan dengan tampilnya jendela utama OBS Studio, namun kemunculannya hanya terjadi satu kali saja, yaitu pada awal penggunaan OBS Studio.

Di dalam wizard tersebut anda harus memilih apakah anda akan menggunakan OBS Studio untuk merekam layar atau streaming. Jika tujuan anda adalah untuk merekam layar, maka langkah selanjutnya adalah mengatur resolusi canvas dan FPS.

Pada tahap selanjutnya, OBS Studio akan melakukan serangkaian tes untuk menentukan setting yang paling optimal untuk keperluan anda. Setelah itu akan muncul rekomendasi setting yang bisa anda terapkan dengan mengklik tombol Apply. Anda bisa mengulang kembali setiap langkah di dalam wizard jika rekomendasi tersebut masih kurang memuaskan. Apabila rekomendasinya masih tetap tidak sesuai harapan setelah anda ulang, maka pilihan yang tersisa untuk anda adalah mengatur setting OBS Studio secara manual.

Untuk merekam layar, OBS Studio mendukung format MKV, FLV, MP4, MOV, TS dan M3U8. Kualitas hasil perekaman dapat anda pilih antara Same As Stream, High, Indistinguishable, dan Losless.

Apabila di dalam wizard tersebut anda memilih menggunakan OBS Studio untuk live streaming, setelah mengatur FPS dan resolusi canvas, selanjutnya yang akan muncul adalah beberapa situs yang bisa anda koneksikan dengan OBS Studio seperti YouTube Gaming, Twitter, Twitch, Vimeo, Livestream, Facebook Live, Steam, dan lain-lain. Jumlah situsnya cukup banyak sehingga beberapa diantaranya mungkin belum anda ketahui.

Download OBS Studio Terbaru

Setelah anda selesai menggunakan Auto-Configuration Wizard, anda bisa langsung melakukan uji coba. Cobalah merekam layar atau streaming selama beberapa menit terlebih dulu untuk melihat apakah hasilnya sudah bagus atau belum.

Sejak OBS Studio menginjak versi 22, hardware acceleration sudah menjadi salah satu fiturnya yang aktif secara default. Sejak saat itu performanya pun kian meningkat. Dari segi kelengkapan fitur, OBS Studio sama sekali tidak mengecewakan. Tapi sayangnya, OBS Studio agak sulit untuk digunakan, khususnya bagi pemula. Untungnya sekarang ini sudah banyak tutorial untuk pemula yang bisa anda baca untuk memulai menggunakan OBS Studio. Download OBS Studio terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]

Leave a Reply

Send this to a friend