Harapannya, Steam Deck Bisa Jalankan Aplikasi Android Lewat Windows 11

Harapannya, Steam Deck Bisa Jalankan Aplikasi Android Lewat Windows 11

NESABAMEDIA.COMSeperti yang telah diberitakan sebelumnya, Valve bersiap untuk merilis handheld konsol gaming Steam Deck pada bulan Desember mendatang. Pengguna kini bisa memiliki Steam Library di mana pun dalam sebuah gadget modern terintegrasi.

Kini pengguna membayangkan apakah perangkat tersebut bisa kompatibel dengan Windows 11 buatan Microsoft yang akan hadir dalam waktu dekat. Sebab mereka ingin menjalankan aplikasi Android melalui Windows 11 di Steam Deck itu.

Setelah sebelumnya banyak berita yang menunjukkan Windows 11 bisa dijalankan di sejumlah gadget, termasuk smartphone, perangkat Surface, Raspberry Pi4 dan lainnya, pengguna pun memikirkan langkah selanjutnya. Dan tidak ada perangkat gadget lain yang ada di benak kebanyakan orang, selain konsol gaming Steam Deck. 

Sebab sebelumnya dijelaskan bahwa Steam Deck kompatibel dengan Windows 10, dan pengguna pun membayangkan soal Windows 11. 

Sebagai informasi, Steam Deck merupakan perangkat gaming portabel yang didesain oleh Valve, yang berjalan di perangkat keras powerful, dan menawarkan pengalaman gaming mobile yang luar biasa. Untuk saat ini, statusnya masih pemesanan, karena baru akan tersedia mulai bulan Desember 2021 nanti.

Orang-orang pun sangat tertarik untuk mencoba pengalaman baru ini, karena Steam Deck juga menawarkan sistem operasi Steam OS yang dikustomisasi untuk memberikan kinerja bermain game yang lancar dan halus. Nantinya juga akan ada beberapa dukungan kustomisasi lainnya, termasuk mods. 

Beberapa sumber mengatakan jika sangat mungkin untuk menghapus seluruhnya Steam OS dan memasang Windows 10 sebagai gantinya. Namun sampai detik ini, masih belum ada informasi yang jelas apakah Windows 11 juga akan bisa didukung oleh Steam Deck. 

Sebagian besar yakin jika Steam Deck akan mampu menjalankan Windows 11 tanpa ada masalah serius, sehingga kemudian memberikan harapan bahwa pengguna nanti juga bisa memainkan game Android di perangkat itu. Pasalnya, Windows 11 dikonfirmasi Microsoft juga akan mendukung aplikasi Android dengan bekerja sama dengan Amazon. 

Meskipun pihak Google sendiri memutuskan untuk mengubah format aplikasi Android dari APK ke AAB, pihak Amazon menjanjikan bahwa mereka akan berusaha untuk menghadirkan dukungan AAB ke Windows 11. 

Leave a Reply

Send this to a friend