• Our Partners:

Harga Smartphone, Konsol dan Produk Elektronik Bakal Naik Tajam

Harga Smartphone, Konsol dan Produk Elektronik Bakal Naik Tajam

NESABAMEDIA.COMBanyak perangkat yang menggunakan chipset yang diproduksi oleh Samsung. Entah chipset itu dikembangkan sendiri oleh Samsung atau Qualcomm, dalam beberapa kasus, banyak yang lebih tergantung pada Samsung. Karena tanpa disadari, produsen elektronik cepat atau lambat akan terdampak, karena Samsung berencana untuk menaikkan harganya.

Dilaporkan bahwa Samsung berencana untuk menaikkan biaya layanannya untuk produksi chipset pada paruh kedua tahun ini sebesar 15% sampai 20%.

Lebih lanjut, chipset yang dibuat menggunakan proses teknis yang lebih matang akan naik harganya. Saat ini, Samsung sedang melakukan negosiasi dengan para pelanggan untuk menaikkan biaya layanan, beberapa di antaranya sudah mencapai kesepakatan. 

Kenaikan harga chipset buatan Samsung tentu akan mempengaruhi produsen smartphone, konsol game, tablet dan sistem otomotif. Samsung sendiri memilih diam dan tidak banyak berkomentar mengenai naiknya harga chipset ini.

Pada akhirnya, konsumen harus bersiap atas kenaikan biaya produk akhir, peralatan dan kendaraan, dan mereka harus membayar lebih. 

Pastinya, konsumen akan mengeluh, meski diyakini juga nantinya akan menerima. Dan juga bisa dipastikan, karena kenaikan biaya dan harga produk yang hampir tidak terelakkan, daya beli konsumen juga akan mengalami penurunan. 

Cukup adil jika kemudian mengatakan bahwa adanya krisis, kekurangan pasokan komponen, dan wabah pandemi membuat Samsung menaikkan harga layanannya. Berbeda dengan TSMC, yang sampai saat ini masih berupaya menemukan cadangan baru, untuk menghindari kenaikan biaya layanan dan chipset. Walaupun pada akhirnya TSMC juga berpotensi turut menaikkan harga produk semikonduktor mereka. 

Dalam hal produk, Samsung baru-baru ini tidak hanya berfokus pada produk komersial, tetapi juga mengembangkan prototipe dari smartphone generasi berikutnya. Prototipe terbaru mereka dengan tajuk Vertical Retractable Design, merupakan langkah perusahaan untuk membuat smartphone pop-up. 

Ketika dilipat, perangkat ini menjadi sebuah perangkat smartphone ringkas dengan layar AMOLED beraspek rasio 16:9. Perangkat ini juga akan pas ketika dimasukkan ke kantong saku. Sementara ketika dibuka, layar yang lebih besar akan lebih nyaman untuk digunakan membaca berita atau artikel, termasuk juga untuk menonton film.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend