• Our Partners:

Hope Mars Mission Uni Emirat Arab

Hope Mars Mission, Misi Perdana Uni Emirat Arab Ke Mars

NESABAMEDIA.COMUni Emirat Arab bersiap untuk menjalankan penjelajahan ke planet Mars dalam waktu dekat. Seakan ingin meramaikan misi ke ruang angkasa seperti SpaceX, Uni Emirat Arab bakal menjalankan Hope Mars Mission pada tanggal 15 Juli mendatang. Roket yang akan membawa pesawat ruang angkasa milik Uni Emirat Arab itu bakal lepas landas dari pulau Tanegashima, Jepang. 

Agenda utama dari Hope Mars Mission adalah untuk mempelajari kondisi yang ada di Planet Mars, khususnya masalah iklim di sana. Pesawat ulang alik yang akan digunakan bakal dilengkapi dengan sejumlah sensor khusus untuk meneliti perubahan dan pola cuaca yang ada di planet merah itu. Diperkirakan misi ekspedisi ke Mars itu, akan menghabiskan waktu selama 7 bulan. 

Tak hanya dilengkapi dengan sejumlah sensor khusus untuk pengamatan pola cuaca, pesawat ulang alik milik UEA itu juga memiliki perangkat inframerah dan ultraviolet. Lebih lanjut, pengamatan cuaca hanyalah langkah awal dalam misi tersebut, yang kemudian bisa dijadikan tolak ukur untuk mengetahui bagaimana proses yang terjadi hingga membuat planet tersebut menjadi sangat tandus. 

Dari misi-misi antariksa sebelumnya, memang planet Mars disebut-sebut memiliki kandungan air, sebelum akhirnya berubah menjadi tandus. Sebagian ahli juga berpendapat, jika Mars dulunya memiliki sebuah kehidupan. Entah itu sebuah tumbuh-tumbuhan ataupun sejenis hewan. Meski sejumlah foto-foto yang tersebar juga menunjukkan adanya bekas peradaban.

Project manager dari Hope Mars Mission mengatakan, bahwa misi ini memiliki tujuan khusus untuk mempelajari bagaimana sebuah planet yang mirip sekali dengan Bumi bisa mengalami banyak perubahan atmosfer secara drastis. Sehingga planet Mars tidak lagi memiliki kandungan air sebagai unsur utama pembentuk kehidupan. 

Sementara pihak pemerintahan Uni Emirat Arab sendiri mengatakan Hope Mars Mission merupakan misi yang teramat penting. Sebab jika misi ini bisa berjalan dengan sukses, maka bisa meningkatkan status negara itu dalam bidang teknologi dan antariksa serta bersaing dengan negara adidaya lainnya seperti Amerika dan Rusia. 

Lembaga antariksa Uni Emirat Arab juga menaruh harapan yang sangat tinggi pada misi Hope ini. Karena bisa membuka peluang yang sangat lebar bagi para ahli antariksa mereka. Khususnya para penerus bangsa di masa mendatang. [br/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend