Telkom Buka Blokir Netflix

Telkom Siap Buka Blokir Netflix Dalam Waktu Dekat

NESABAMEDIA.COMTelkomsel mengungkapkan rencananya untuk mencabut blokir Netflix dari jaringan internet mereka. Sehingga nanti para pengguna internet yang berlangganan internet dari Telkomsel seperti Indihome ataupun kuota data lainnya, bisa menikmati tayangan dari Netflix. Pihak Telkomsel mengatakan, pencabutan pemblokiran ini bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Pihak Telkomsel saat ini sedang menjalani pembicaraan yang sangat serius dengan pihak Netflix. Tujuan pembicaraan itu mengarah pada pembahasan pengguna mereka yang bakal memiliki akses untuk menggunakan layanan dari Netflix. Lebih detail mengenai kapan waktu pencabutan blokir Netflix itu disebut dalam hitungan minggu saja. 

Ada sejumlah alasan yang diungkap, hingga akhirnya pihak Telkomsel berencana mencabut blokir Netflix yang selama ini telah mereka lakukan. Menurut pihaknya, selama ini banyak perubahan yang dilakukan Netflix yang sejalan dengan prinsip dari Telkomsel. Netflix memiliki kebijakan mengenai parental control, sehingga para orang tua bisa memberikan kontrol atau pengawasan mengenai tayangan Netflix yang ditonton oleh anak-anak. 

Selain itu, Netflix juga dianggap Telkomsel semakin sering melakukan kerjasama dengan produsen film atau konten asal Indonesia. Sehingga industri perfilman nasional bisa mendapatkan kesempatan untuk memasarkan karya-karya mereka. Kemudian adanya takedown policy, atau kebijakan untuk menghapus konten yang ada di Netflix yang peraturannya jauh semakin baik daripada sebelumnya.

Karena sejumlah alasan itulah, pihak Telkomsel akhirnya membuka pembahasan yang sangat serius dengan pihak Netflix untuk mencabut pemblokiran Netflix dari jaringan internet mereka. Namun meski demikian, proses pembahasan yang dilakukan kedua belah pihak juga tidak begitu lancar. Salah satu penyebabnya adalah masalah kebijakan takedown policy di Netflix yang masih alot untuk ditemukan titik tengah yang disepakati. 

Informasi yang disampaikan pihak Telkomsel, dalam kebijakan takedown policy atau penghapusan konten, perusahaan telekomunikasi plat merah itu meminta penghapusan konten bisa dilakukan dalam waktu 24 jam, sejak pelanggan mengajukan keluhan. Namun pihak Netflix saat ini masih belum bisa menyanggupi perubahan kebijakan tersebut. 

Selama ini pihak Telkomsel telah bekerjasama dengan layanan penyedia konten lain yakni iFlix dan Hooq untuk hadir di layanan Indihome mereka. Dan keduanya, baik iFlix dan Hooq mau menyanggupi kebijakan Takedown Policy yang ditawarkan Telkomsel. [br/tn]

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend