• Our Partners:

Ini Kumpulan Fitur Android 11 Yang Sudah Duluan Ada di iOS

NESABAMEDIA.COM – Versi beta dari Android 11 akhirnya dirilis oleh Google, menyusul empat versi developer preview yang muncul sebelumnya. Cukup banyak fitur baru yang tersedia, yang semuanya dirancang dengan mengutamakan tiga aspek, yaitu People, Privacy dan Control.

Di antara semua fitur yang menggoda tersebut, terselip sederet fitur yang ternyata sudah dimiliki iOS. Saling contek fitur seperti ini sudah umum terjadi di antara iOS dan Android. Tidak ada yang salah dengan strategi tersebut selama tidak melanggar hak paten satu sama lain.

Apa saja fitur-fitur Android 11 yang terinspirasi dari iOS tersebut?

1. One-Time Permission

Terkait dengan izin akses aplikasi, Android 11 kini lebih fleksibel karena juga menyediakan pilihan untuk memberikan izin akses sementara yang berlaku satu kali saja.

Misalkan ada aplikasi yang membutuhkan akses kamera, maka aplikasi itu hanya akan bisa mengakses kamera pada sesi itu saja. Untuk sesi-sesi selanjutnya, aplikasi harus meminta izin lagi. Fitur izin akses sementara ini sudah bisa dinikmati pengguna iPhone sejak iOS 13.

2. Preview untuk Screenshot

Untuk perubahan yang satu ini mirip dengan iOS 11. Sebelumnya, gambar preview untuk screenshot beserta dengan opsi untuk mengeditnya ditampilkan di dalam notifikasi. Di dalam Android 11, setelah pengguna mengambil screenshot, lokasi preview tersebut muncul di pojok kiri bawah dengan tampilan yang lebih ringkas.

3. Bisa Mengontrol Smart Home

Seperti HomeKit di iOS 10, Android 11 juga punya fitur untuk mengintegrasikan smart home dengan ponsel melalui menu tombol power. Dengan menekan tombol tersebut agak lama (long-press), akan muncul sebuah menu yang didalamnya memuat kumpulan shortcut untuk mengatur perangkat smart home yang terkoneksi.

4. Lebih mudah dalam mengganti perangkat yang digunakan

Menu notifikasi di Android 11 bisa digunakan untuk berpindah antar perangkat, misalnya dari yang semula menggunakan speaker, beralih memakai headphone nirkabel dengan koneksi bluetooth. Kemudahan ini mirip dengan Control Center pada perangkat iOS.

5. Screen Recording

Fitur untuk merekam layar ini sebenarnya sempat muncul di Android Q, tapi kemudian dibatalkan oleh Google karena bermasalah. Di Android 11, Google kembali memunculkannya dan bisa diakses melalui menu Quick Settings, sama seperti fitur perekam layar iOS yang bisa dijangkau melalui Control Center. [az/tn]

Tags:,

Leave a Reply

Send this to a friend