Intel Lakefield, Kompatibilitas dan Kinerja di Windows 11

Intel Lakefield, Kompatibilitas dan Kinerja di Windows 11

NESABAMEDIA.COMDengan Start Menu yang telah diubah, dukungan untuk aplikasi Android melalui Amazon Store, dan desain yang mengesankan, Windows 11 menarik perhatian semua orang dengan perubahan besar dalam hal antarmuka pengguna dan fungsionalitas.

Namun, sistem operasi itu juga membawa beberapa persyaratan perangkat keras baru. Windows 11 tidak mendukung perangkat berusia tua, dan banyak pengguna tidak memiliki kesempatan lain selain mengganti komponen perangkat mereka dengan yang terbaru.

Apakah sistem operasi bekerja dengan CPU Lakefield? Ini adalah prosesor Intel Core pertama yang dikirimkan dengan memori Package-on-Package (PoP) yang terpasang dan menggunakan teknologi 10nm.

Prosesor Lakefield dirilis oleh Intel pada kuartal kedua tahun 2020, dan merupakan prosesor laptop hybrid pertama Intel. Tidak seperti model pada umumnya, seri Lakefield menggabungkan desain prosesor Core dan empat desain prosesor Atom yang lebih kecil menjadi satu prosesor. Idenya adalah untuk memberi pengguna kekuatan prosesor Core dan efisiensi energi CPU Atom menjadi sebuah chip yang unik.

Seri Lakefield hanya memiliki dua model, Intel Core i5-L16G7 dan Intel Core i3-L13G4, dan kedua model tersebut menggunakan teknologi 10nm dan memiliki 5 core dan thread. Intel Lakefield juga memiliki cache 4MB dan kecepatan bus 4GT/s serta kekuatan desain skenario 7W. Mengenai memori, kedua model dapat mendukung hingga 8GB, dan sepenuhnya kompatibel dengan memori POP LPDDR4X 4267.

Selain itu keunikannya juga karena mereka menggunakan Intel UHD Graphics dan mendukung teknologi 4K pada 60Hz, hingga empat layar, DX12, dan OpenGL 4.5. Mengenai perbedaannya, Intel Core i5-L16G7 memiliki frekuensi dasar 1,40GHz, dan dengan Turbo boost bisa mencapai 3,00GHz. Model ini juga memiliki 64 unit eksekusi di prosesor grafisnya.

Di sisi lain, Core i3-L13G4 memiliki frekuensi dasar 800MHz, dan dengan Turbo Boost dapat mencapai 2.80GHz. Sedangkan untuk pengolah grafis, model ini memiliki 48 unit eksekusi.

Seperti yang terlihat, kedua model menawarkan fitur serupa, tetapi Intel Core i5-L16G7 menawarkan frekuensi yang lebih tinggi dan unit eksekusi yang lebih banyak, sehingga memastikan kinerja yang lebih baik.

Bisakah prosesor Lakefield bekerja dengan Windows 11?

Prosesor Lakefield dirilis belum lama ini, dan sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11.

Mereka mendukung Secure Boot, yang merupakan persyaratan untuk Windows 11. Jika anda memiliki perangkat dengan prosesor Lakefield, anda seharusnya dapat meningkatkan dan menjalankan Windows 11 tanpa masalah.

Performa Lakefield dan Windows 11

Sistem operasi berjalan cukup baik pada prosesor Lakefield. Windows 11 menghadirkan peningkatan kinerja untuk perangkat kelas bawah, jadi ini adalah hal yang bisa diharapkan. Microsoft mungkin telah mengoptimalkan versi baru Windows khusus untuk CPU hybrid seperti Lakefield, sehingga menghasilkan peningkatan kinerja.

Lebih tepatnya, menggunakan Core i5-L16G7 pada Windows 11 membawa peningkatan kinerja 5,8% dalam mode multithread dan peningkatan 2% dalam mode single-thread. Tes lain menunjukkan peningkatan kinerja 8,2% untuk operasi inti tunggal, yang berarti bahwa Windows 11 bekerja lebih baik dengan prosesor Lakefield dibandingkan dengan Windows 10.

Sayangnya, hanya setahun setelah rilis resmi, Intel memutuskan untuk menghentikan lini prosesor ini karena mereka tidak dapat bersaing dengan CPU laptop lain dalam hal kinerja.

Prosesor Lakefield dianggap tidak berkinerja terlalu baik, dan hanya ditampilkan di laptop Lenovo Thinkpad X1 Fold dan Samsung Galaxy Book S, oleh karena itu Intel memutuskan untuk menghentikannya.

Namun, teknologi yang digunakan di Lakefield akan digunakan untuk lini CPU Intel masa depan yang disebut Alder Lake. Tidak banyak yang diketahui tentang prosesor ini, kecuali bahwa mereka akan memiliki 8 inti tradisional dan 8 inti yang lebih kecil.

Meskipun Lakefield tidak berkinerja terlalu baik di pasar, mereka membuka jalan bagi prosesor Alder Lake, dan diharapkan bisa hadir sebelum akhir tahun. Prosesor Windows 11 dan Lakefield akan bekerja tanpa masalah, dan jika anda menggunakan perangkat Lakefield, bersiaplah untuk peningkatan kinerja saat anda meningkatkan ke Windows 11.

Saat berencana membeli perangkat Lakefield hanya untuk Windows 11, perlu diingat bahwa prosesor Lakefield tidak menawarkan kinerja yang sama dengan prosesor laptop lainnya, tetapi mereka menggunakan lebih sedikit daya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend