Pembaruan Windows 10 KB5005033 Sebabkan Alt-Tab Rusak

Pembaruan Windows 10 KB5005033 Sebabkan Alt-Tab Rusak

NESABAMEDIA.COMFungsionalitas Alt-Tab default Windows 10 tampaknya mengalami kerusakan untuk beberapa pengguna setelah adanya rilis dua pembaruan yakni, pratinjau Juli 2021 dan Patch Tuesday bulan Agustus 2021. Sementara pembaruan pratinjau Juli 2021 KB5004296 bersifat opsional, pembaruan KB5005033 Agustus 2021 adalah patch keamanan wajib, yang dirancang untuk memperbaiki masalah game.

Sayangnya, pembaruan KB5005033 dilaporkan telah merusak fitur Alt-Tab Windows 10 untuk beberapa pengguna. Seperti yang mungkin sudah diketahui, penggunaan Alt+Tab cukup mendasar di mana pengguna tinggal tekan Alt-Tab secara bersamaan, lalu terus tekan tombol Tab untuk menggulir melalui jendela yang terbuka. Saat kunci dilepaskan, jendela yang disorot akan terbuka.

Setelah pembaruan Agustus 2021 dan pratinjau Juli 2021, beberapa pengguna menemukan masalah saat mereka menggunakan Alt-Tab untuk beralih antara aplikasi dan game. Jika Anda menggunakan Alt+Tab di luar game atau kembali ke game menggunakan Alt+Tab, Windows akan mem-flash pengguna kembali ke desktop.

Pengguna telah melaporkan masalah Alt-Tab yang sama setelah mereka memasang pembaruan pratinjau kumulatif Juli 2021 bulan lalu.

“Ini merusak fitur pengalihan Alt-Tab saat game berjalan dalam mode “layar penuh”. Beralih ke permainan seperti itu menyebabkan layar hitam dan tidak ada cara untuk kembali ke permainan. Sekali lagi mencopot pemasangan pembaruan ini semuanya bisa kembali normal, ”kata seorang pengguna di Feedback Hub.

“Selanjutnya, Windows 10 di bawah pembaruan ini terkadang membuat fitur Alt-Tabs keluar dari game layar penuh segera setelah memulai game dari Steam. Pada dasarnya, game layar penuh sekarang mulai diminimalkan di Taskbar. Jika saya mencoba mengklik game untuk masuk ke mode layar penuhnya, Win10 segera melakukan alt-tab dari layar penuh dan saya kembali ke titik awal, ”kata pengguna lain.

Cara memperbaiki masalah KB5005033

Untungnya, ada solusi. Untuk memperbaiki masalah Alt-Tab yang disebabkan oleh pembaruan KB5005033, pengguna dapat menonaktifkan fitur News and Interest dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan di mana saja di Taskbar.
  • Gulir ke atas ke item menu ‘News and Interest‘.
  • Pilih ‘Matikan’.
  • Widget berita harus hilang dari bilah tugas anda dan Alt-Tab akan mulai berfungsi kembali. Jika anda tidak melihat opsi News and Interest, pastikan Taskbar anda disematkan ke bawah saat anda mengklik kanan.
  • Untuk mengaktifkan kembali widget berita, ulangi langkah-langkahnya.

Anda juga dapat menghapus pembaruan kumulatif dan mengatasi masalah. Untuk menghapus pembaruan tambalan, gunakan langkah-langkah ini:

  • Arahkan ke Perbarui & Keamanan.
  • Pada layar berikutnya, klik Lihat riwayat pembaruan.
  • Jika anda melihat Uninstall update. Klik di atasnya.

Ini akan membawa anda ke Control Panel, di mana anda perlu memilih pembaruan dan klik tombol uninstall. Setelah selesai, pause pembaruan selama beberapa minggu atau hingga tambalan opsional berikutnya, yang diharapkan akan mendarat akhir bulan ini.

Leave a Reply

Send this to a friend