Intel Optimalkan Prosesor Alder Lake Untuk Windows 11

Intel Optimalkan Prosesor Alder Lake Untuk Windows 11

NESABAMEDIA.COMIntel meluncurkan arsitektur prosesor Alder Lake kemarin, dan pada acara Architecture Day 2021 mereka menjelaskan bahwa prosesor tersebut telah dioptimalkan secara khusus untuk sistem operasi Windows 11 yang baru.

Windows 11 untuk pertama kalinya menggunakan arsitektur big.LITTLE Intel dan ketika Intel berbicara tentang prosesor Alder Lake serta arsitektur hybrid bersama dengan Arc GPU baru, perusahaan tersebut mengatakan:

“Untuk mengaktifkan koordinasi tingkat tinggi yang meningkatkan kinerja dunia nyata ini, Intel telah bermitra dengan Microsoft untuk menggabungkan kemampuan revolusioner ini ke dalam versi Windows 11 berikutnya.”

Intel Alder Lake

Intel Alder Lake

Ketika Microsoft diwawancarai tentang masalah ini, Mehmet Iyigun selaku Manajer Pengembangan Mitra, mengatakan:

“Sepanjang siklus pengembangan Windows 11, tim saya bekerja dengan rekan-rekan di Intel untuk memperbarui dan mengoptimalkan sistem operasi kami berikutnya agar bisa memaksimalkan arsitektur Performance Hybrid dan Thread Director secara khusus.

Dengan teknologi Thread Director Feedback, penjadwalan thread di Windows 11 jauh lebih cerdas dalam memilih inti yang paling sesuai, secara dinamis berdasarkan beban kerja untuk mendapatkan daya dan kinerja terbaik.”

Alder Lake akan menjadi arsitektur hibrid kinerja pertama Intel yang mencakup inti Kinerja dan inti Efisien untuk memberikan kinerja yang signifikan di semua jenis beban kerja. Intel juga merinci unit CPU Efficient-core dan Performance-core x86 baru yang akan memberi daya pada Alder Lake.

Mikroarsitektur Efficient-core dirancang untuk efisiensi throughput dan pembongkaran tugas latar belakang yang efisien untuk multitasking. Ini berjalan pada tegangan rendah dan menciptakan ‘headroom’ untuk meningkatkan frekuensi dan meningkatkan kinerja untuk beban kerja yang lebih menuntut banyak sumber daya. Inti Efisien yang baru akan memberikan kinerja yang sama jika dibandingkan dengan inti Skylake tetapi dengan daya 40% lebih sedikit.

Mikroarsitektur inti Kinerja dirancang untuk masalah kecepatan. Ini adalah nti CPU berkinerja tertinggi yang pernah dibuat Intel, yang mampu mendorong batas latensi rendah dan kinerja aplikasi single-threaded dan memberikan dorongan signifikan pada efisiensi daya tinggi yang dapat mendukung aplikasi besar dengan lebih baik. Intel mengklaim bahwa Performance-core baru ini akan memberikan kinerja 19% lebih baik dibandingkan core generasi ke-11.

Untuk membuat kedua inti bekerja secara lancar dengan sistem operasi Windows 11, Intel mengembangkan Intel Thread Director yang akan memungkinkan sistem operasi untuk menempatkan thread yang tepat pada inti yang tepat pada waktu yang tepat. 

Selain itu, Alder Lake akan memberi daya pada perangkat mulai dari laptop ultra-portable hingga desktop yang antusias dan komersial. Benchmark awal telah menunjukkan Windows 11 akan menjadi 15% lebih cepat di Alder Lake daripada Windows 10.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend