• Our Partners:

Samsung Tablet

Intip UI Baru Google Apps di Android Tablet

Google telah memberikan pengumuman bahwa mereka akan segera memberikan pembaruan untuk 20 aplikasi dengan dukungan UI tablet, artinya mereka akan memaksimalkan tampilan ini agar lebih maksimal ketika diakses melalui tablet Android, Senin (21/11).

Google merupakan salah satu perusahaan yang memiliki banyak sekali layanan aplikasi, layanan ini bahkan semakin dipermudah dengan integrasi maksimal mereka. Sebut saja dengan aplikasi Google Workspace yang bisa terhubung dengan banyak aplikasi buatan Google, di mana memiliki fungsi yang saling mendukung.

Bukan hanya itu saja, di era yang semakin canggih ini keberadaan tablet menjadi suatu kasus tersendiri bagi Google. Karena tablet memiliki rasio layar yang berbeda dengan ponsel Android, maka Google harus bekerja memaksimalkan UI dari setiap aplikasi yang mereka buat.

Tahun 2022 ini, Google tercatat banyak memberikan dukungan untuk Android tablet dengan mengubah UI dan memperkuat tampilan layanan mereka di berbagai perangkat. Bulan lalu, Google juga telah memberikan dukungan tablet UI untuk perangkat dengan layar yang lebih besar.

Sekarang, Google Docs di tablet Android telah mendapatkan dukungan mereka untuk akses yang lebih luas, di mana kini telah memberikan dukungan kursor untuk perangkat Mouse yang terhubung.

For example, clicking and dragging across text will now select that specific text instead of panning the entire document.” Tulis Google.

Di Google Drive, dukungan dari Drag & Drop sendiri semakin diperkuat dengan langsung memindahkan berkas dari penyimpanan ke layanan Drive, bahkan berlaku sama ketika langsung menyalin berkas dalam bentuk folder dan seisinya.

Selain itu Google Slides juga akan mendapatkan dukungan untuk Dragging Text dan gambar dari aplikasi lain. Menarik bukan? Selain itu, Google One juga mendapatkan dukungan mereka untuk UI tablet yang lebih luas seperti di bawah ini:

Google One

Google One UI Android Tablet

Selain Google One, Google Keep telah mendapatkan dukungan yang sama untuk UI versi tablet yang sekarang ini bisa membuka satu catatan di jendela yang berbeda, sedangkan catatan lainnya masih akan tetap terbuka pada bagian samping kiri.

Google Keep Tablet

Google Keep UI Android Tablet

Jangan lupakan Google Sheets, sekarang Google seet dibekali dengan kemampuan Drag, Drop, Copy dan Share tabel dan gambar dari dokumen berbeda di Google Docs. Anda bisa langsung memindahkan tabel pada Docs dan mengubahnya menjadi tabel yang sama di Sheets seperti di bawah ini:

Google Sheets UI

Google Sheets UI Android Tablet

Menarik bukan? Untuk Anda yang ingin mengakses fitur ini maka bisa langsung melakukan pembaruan di Android tablet yang didukung.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend