• Our Partners:

Aplikasi Equalizer untuk PC Laptop Windows

10 Aplikasi Equalizer untuk PC / Laptop (+Link Download)

Kehadiran aplikasi equalizer untuk PC / laptop sangat berguna bagi siapa saja yang hobi mendengarkan musik. Kamu akan mendapatkan pengalaman mendengarkan lagu dengan output suara yang sesuai selera lewat tools seperti ini.

Ya, seperti kita ketahui, mendengarkan musik adalah hobi banyak orang. Teknologi audio equalization kemudian dihadirkan untuk menyeimbangkan tiap komponen yang bisa didengar pada lagu sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Oleh karena itu, saat ini ada banyak sekali tools audio equalization yang bisa digunakan. Bahkan, ia juga hadir dalam bentuk aplikasi, lho.

10 Daftar Aplikasi Equalizer untuk PC / Laptop

Equalizer adalah tools penyeimbang output suara yang saat ini bisa kamu nikmati secara gratis di berbagai macam perangkat, mulai dari smartphone hingga komputer. Ia bisa saja tersedia secara built-in di dalam perangkat sehingga kamu tidak perlu download aplikasi pihak ketiga lagi.

Namun, jika kamu mencari dukungan equalizer yang lebih lengkap, menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah jawabannya. Kamu bisa mengatur tinggi rendahnya bass, treble, vokal, dan masih banyak lagi dengan memanfaatkan kemampuan equalizer.

Perangkat kamu mengadopsi sistem operasi Windows? Berikut kami hadirkan aplikasi equalizer untuk PC / Laptop terbaik yang layak install guna meningkatkan kepuasaan saat mendengarkan lagu-lagu favorit. Ini dia ulasannya.

1. Realtek HD Audio Manager

Realtek HD Audio Manager

Realtek HD Audio Manager adalah salah satu aplikasi equalizer untuk PC terbaik yang kami rekomendasikan. Menghadirkan konfigurasi yang lengkap, kamu bebas melakukan kustomisasi pada output suara yang akan dihasilkan nantinya.

Ada beberapa efek suara langsung pakai yang tersedia di Realtek HD Audio Manager seperti jazz, pop, rock, club, dan masih banyak lagi. Tinggal disesuaikan sama dengan selera.

Biar momen mendengarkan musik jadi lebih seru, kamu juga bisa memberikan efek tambahan seperti suara air hujan, hutan, maupun kerumunan. Lengkap!

2. PC Equalizer

Aplikasi Equalizer untuk PC

Selanjutnya, ada PC Equalizer yang menawarkan kemudahan mengatur output suara pada speaker komputer maupun perangkat audio lainnya yang tersambung dengan komputer.

Total ada 20 jenis efek suara yang bisa kamu gunakan. Masing-masing bebas untuk dikustomisasikan jika kamu merasa efek yang dihasilkan masih kurang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Equalizer yang sudah kamu atur nantinya bisa digunakan pada banyak program Windows, lho. Dari segi tampilan pun, PC Equalizer mudah untuk dipahami.

3. Equalizer APO

Equalizer APO

Equalizer APO merupakan salah satu aplikasi equalizer untuk PC yang paling populer saat ini. Ringan karena berukuran sangat kecil sehingga tidak akan memberatkan prosesor menjadi alasan mengapa ia begitu disukai.

Tentu bukan itu saja keunggulan Equalizer APO, aplikasi untuk meningkatkan kualitas suara ini menghadirkan efek 3D yang wajib kamu gunakan jika menginginkan output suara yang lebih prima pada lagu maupun video.

Sama seperti PC Equalizer, aplikasi ini juga mendukung berbagai macam program Windows. Kamu bisa download Equalizer Apo untuk semua versi Windows.

4. Blue Cat’s Triple EQ

Aplikasi Equalizer untuk PC Windows

Jika kamu ingin melakukan audio equalization yang lebih kompleks, kamu bisa menggunakan Blue Cat’s Triple EQ yang hadir dengan segudang fitur mumpuni.

Kamu bebas mengatur tinggi rendahnya frekuensi suara lewat parameter yang divisualisasikan dengan apik. Dukungan multi channel memungkinkan kamu untuk menggunakan preset milik sendiri untuk berbagai software yang ada di PC / Laptop.

Masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang Blue Cat’s Triple EQ hadirkan. Aplikasi ini cocok untuk kebutuhan profesional yang biasanya dilakukan para sound engineer.

5. Bongiovi DPS

Bongiovi DPS

Dengan ukuran hanya 13MB saja, siapa sangka Bongiovi DPS bisa menawarkan fitur equalizer yang lengkap? Ya, kalau kamu mencari aplikasi equalizer untuk PC / laptop yang paling mudah untuk dioperasikan, Bongiovi DPS adalah jawabannya.

Bongiovi DPS tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar. Menggunakan yang berbayar, kamu bisa mengatur tingkat bass maupun treble yang dihasilkan.

Sementara pada versi gratisnya, fitur yang disediakan memang terbatas, namun sudah cukup untuk kamu yang ingin mengubah output suara secara instan lewat preset yang sudah disediakan.

6. FXSound

FXSound

Audio dengan kualitas prima tentu membuat pengalaman mendengarkan musik jadi lebih menyenangkan. Inilah yang FXSound coba tawarkan.

Lewat FXSound, kamu bisa mengatur frekuensi suara mulai dari 110Hz sampai 15KHz. Ingin yang lebih simpel? Kamu bebas menggunakan preset bawaan yang sudah disesuaikan dengan standar equalizer masa kini.

FXSound tersedia untuk Windows dalam dua versi, trial dan berbayar. Menggunakan versi berbayarnya lebih direkomendasikan karena dukungan pengaturan equalizer yang dihadirkan lebih lengkap.

7. iZotope Ozone Standard

Aplikasi Equalizer untuk Laptop Terbaik

iZotope Ozone Standard menjadi rekomendasi aplikasi equalizer untuk PC selanjutnya yang cocok digunakan oleh para profesional. Disini pengaturan audio yang disajikan lebih kompleks sehingga buat kamu yang masih awam mungkin akan butuh penyesuaian.

Secara default, iZotope Ozone Standard menyediakan 8 preset yang masing-masing kurvanya bisa kamu edit lagi. Menarik, bukan?

Fitur lainnya dari iZotope Ozone Standard adalah Enhancer yang akan memaksimalkan output suara pada file audio yang kualitasnya rendah. Kustomisasi tanpa batas yang iZotope Ozone Standard hadirkan membuatnya recommended untuk kamu download.

8. EarTrumpet

EarTrumpet

Kalau kalau tidak butuh aplikasi equalizer musik untuk Windows yang kompleks, maka EarTrumpet bisa dijadikan pilihan. Ia hadir dengan ukuran yang kecil sehingga tidak akan memberatkan prosesor.

EarTrumpet menghadirkan pengaturan audio yang relatif standar dimana kamu bisa menggunakannya pada berbagai macam program yang terinstal di komputer maupun PC.

Salah satunya adalah fitur untuk mengubah volume pada masing-masing program. Semua bisa dilakukan pada EarTrumpet yang tampil minimalis dan sederhana.

9. Peace Equalizer

Peace Equalizer

Kompatibel dengan versi Windows terbaru seperti Windows 10 dan Windows 11, Peace Equalizer adalah aplikasi yang cukup reliable buat kamu si audiophile. Pasalnya, ia menghadirkan fitur kustomisasi audio yang lumayan lengkap.

Tak hanya mengatur output suara yang dihasilkan lewat kurva yang bisa diatur sesuka hati maupun menggunakan preset yang sudah ada, kamu juga bisa mengubah layout dan background dari kurva equalizer tersebut, lho. Menarik, bukan?

Adanya fitur enhancer yang Peace Equalizer hadirkan membuat ia bisa mendongkrak performa speaker yang spesifikasinya rendah.

10. Breakaway Audio Enhancer

Breakaway Audio Enhancer

Ringan dan mudah, Breakaway Audio Enhancer adalah tools tambahan yang wajib diinstal pada komputer maupun PC-mu. Mengatur equalizer tak butuh waktu lama jika kamu mengandalkan aplikasi ini.

Breakaway Audio Enhancer memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kualitas audio lewat beragam fitur equalizer yang ia hadirkan, contohnya pada lagu-lagu jadul rilisan tahun 80-an dimana kualitasnya seringkali kurang bagus.

Kamu juga bebas mengatur konfigurasi equalizer pada masing-masing lagu nantinya sehingga antara satu lagu dengan yang lainnya akan terdengar berbeda, tergantung seleramu.

Mana aplikasi equalizer untuk PC / laptop yang menurutmu terbaik untuk digunakan? Sebelum download software equalizer yang sudah kami sebutkan diatas, pastikan kamu sudah tahu seperti apa fitur-fitur yang dihadirkan, baik pada versi gratis maupun yang berbayar.

Aplikasi yang mampu memberikan kebebasan dalam mengatur kurva equalizer seperti bass, tremble, vokal, dan masih banyak lagi tentu akan memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih maksimal.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend