• Our Partners:

iPhone 1, Smartphone Revolusioner Yang Diperkenalkan Di Ajang Oscar 2007

iPhone 1, Smartphone Revolusioner Yang Diperkenalkan Di Ajang Oscar 2007

NESABAMEDIA.COMAjang Academy Awards ke-79 dilangsungkan pada tanggal 25 Februari 2007. Leonardo DiCaprio menjadi sorotan karena filmnya yang berjudul The Departed dinobatkan sebagai peraih penghargaan dalam kategori Best Picture. Namun selain penghargaan tersebut, ada sesuatu lain yang menarik perhatian publik, dan itu adalah pengenalan pertama iPhone 1 ke dunia.

Sebuah iklan menampilkan sebuah telepon lawas berdering dan serangkaian karakter film dan serial muncul mengatakan Halo. Di penghujung iklan tersebut, hadir sebuah telepon seluler dengan logo Apple, tanpa keypad, dan sebuah tagline yang berbunyi “Coming in June”. Itu adalah kampanye pemasaran Apple untuk iPhone pertama mereka. Iklan itu menampilkan potongan klip dari berbagai film dan acara TV. 

YouTube video

iPhone pertama, atau iPhone 1 diluncurkan dengan banderol harga $499 pada tahun 2007. Hari ini, iPhone 13 dibanderol dengan harga $999. Apple, yang menjadi perusahaan pertama dengan nilai valuasi mencapai $3 triliun di Amerika Serikat pada Januari lalu, saat itu masih bernilai sekitar $174 miliar saja. 

Banyak yang telah berubah dari era pendiri Apple, Steve Jobs sampai CEO Tim Cook saat ini. Arun Singh seorang insinyur berkata, “Sangat menyenangkan melihat sebuah perangkat seluler layar penuh. Kami tidak berpikir kami bisa menghilangkan keyboard sepenuhnya. Saat iklan iPhone itu datang, saya ingat sudah ada banyak rumor dan hype yang terjadi soal ponsel Apple kala itu.”

Apa yang membuat produk iPhone 1 ini sangat unik adalah kenyataan bahwa itu adalah sebuah smartphone tanpa keyboard. Saat itu, semua ponsel masih memiliki keyboard, yang memakan banyak ruang, dan sulit untuk mengetik. Konsep ponsel sentuh masih belum populer kala itu. 

Steve Jobs memperkenalkan iPhone 1 sebagai kombinasi dari tiga produk revolusioner. Jobs saat berinteraksi dengan audiensnya mengatakan: 

“Ini adalah hari yang telah saya nantikan selama dua setengah tahun. Akan ada produk revolusioner yang mengubah segalanya. Pada tahun 1984, kami memperkenalkan Macintosh dan mengubah seluruh industri komputer. Tahun 2001 kami memperkenalkan iPod pertama dan mengubah seluruh industri musik. 

Dan hari ini kami memperkenalkan tiga produk revolusioner dari kelas ini. Yang pertama adalah iPod dengan layar lebar dan kontrol sentuh. Kedua adalah smartphone revolusioner dan yang ketiga adalah terobosan perangkat komunikasi internet.”

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa ini bukanlah tiga perangkat terpisah, melainkan sebuah perangkat tunggal yang disebut iPhone. Orang-orang pun bertepuk tangan dan teriakan yang menggelegar. 

YouTube video

Mungkin sentuh untuk melakukan panggilan adalah fitur dasar di smartphone sekarang ini, namun untuk saat itu, fitur tersebut adalah sebuah revolusioner. Jobs tidak salah dengan menyebut iPhone 1 sebagai smartphone yang unggul beberapa tahun ke depan dari smartphone lainnya. Banyak fitur dasar di smartphone saat ini yang diperkenalkan pertama kali oleh Apple di tahun 2007. 

Mereka berhasil merevolusi industri smartphone dan meninggalkan banyak kompetitor dan brand yang populer saat itu, seperti Nokia dan BlackBerry. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend