iPhone SE 2023 Mungkin Akan Hilangkan Sistem Face ID dan Perombakan Desain

iPhone SE 2023 Mungkin Akan Hilangkan Sistem Face ID dan Perombakan Desain

NESABAMEDIA.COMSejak iPhone X memulai debutnya dengan takik berbentuk perahu yang menyembunyikan perangkat keras teknologi Face ID, Apple tidak beranjak dari desain semacam itu. Satu-satunya pengecualian untuk tren tersebut adalah jajaran iPhone SE yang setia dengan tren desain yang lebih tua yang menonjolkan bezel tebal. Namun pada awal bulan ini, dirumorkan bahwa Apple sedang bereksperimen dengan desain hole-punch untuk sejumlah iPhone yang bakal dirilis tahun 2022 nanti.

Analis dari DisplaySearch dan DSCC, Ross Young memperkirakan bahwa iPhone SE 2023 akan mendapatkan sebuah penyegaran dengan layar yang berukuran lebih besar, dengan penerapan hole-punch yang estetis. 

“Bocoran dari LCD Apple iPhone, disebutkan bahwa LCD perangkat iPhone SE berikutnya akan tetap berukuran 4,7 inci untuk tahun 2022. Beberapa rumor yang beredar mungkin akan diterapkan teknologi 5G dengan Sub-6 GHz juga. Ada juga rumor soal versi 6,1 pada tahun 2023 dengan penggunaan hole-punch ketimbang notch.

Untuk penggunaan notch, akankah Apple menempatkannya di bagian tengah atau menempatkannya di bagian sudut?” cuit Ross di akun Twitter-nya.

Sebagai perbandingan, iPhone SE yang diproduksi tahun 2020 lalu tampil dengan penyegaran dengan menggunakan layar berukuran 4,7 inci dan bezel yang tipis dan desain yang sama seperti iPhone 6. Untuk iPhone SE yang akan dirilis tahun 2022 nanti, Ross memprediksi smartphone itu akan menggunakan layar berukuran 4,7 inci yang mungkin juga akan menggunakan desain yang lama. 

Menggunakan desain hole-punch ini sangat masuk akal, dengan asumsi prediksi dari Ross itu memang akan menjadi kenyataan. Dengan adanya hole-punch itu berarti tidak akan ada penggunaan notch, termasuk juga perangkat keras Face ID. Bisa diambil kesimpulan bahwa Apple mungkin akan menjadikan perangkat itu sedikit lebih murah karena tidak adanya penggunaan sistem Face ID. Kemungkinan Apple akan menggunakan teknologi Touch ID bawah layar, seperti yang sebelumnya disebutkan dalam roadmap Apple. 

Ada rumor juga yang menyebutkan bahwa iPhone SE Plus akan hadir dengan layar berukuran lebih dari 6 inci, namun tidak akan dirilis untuk tahun ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend