Kenali Jenis-Jenis Bunga Beserta Penjelasan dan Gambarnya, Lengkap!

Karena keindahannya, banyak orang yang menyukai bunga. Bukan hanya itu saja, beberapa bunga memiliki bau yang sangat harum dan juga berkhasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Ada beragam jenis bunga dengan beragam warna dan bentuk pula. Nah, pada artikel ini, akan dibahas 15 jenis bunga beserta penjelasannya.

Secara harfiah, bunga merupakan alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (Anthophyta atau Magnoliophyta). Artinya, bunga adalah bagian tanaman yang menghasilkan biji.

Organ reproduksinya adalah benang sari dan putik. Agar kita bisa memahami lebih jauh mengenai bunga, sebaiknya kita mulai mengenal beberapa jenisnya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis bunga, mari simak penjelasan dibawah ini.

Jenis-Jenis Bunga dan Penjelasannya

1. Bunga Melati

bunga melati

Nama Ilmiah: Jasminum
Famili: Oleaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Lamiales
Kelas: Magnoliopsida

Bunga melati adalah tanaman bunga hias yang berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun (perennial plants). Bunga ini hidup di semak belukar dan termasuk tanaman merambat dalam keluarga zaitun. Tinggi cabang batang bunga ini mencapai 5 cm dan batangnya juga sangat lembut.

Bunga melati terdiri dari 3 warna yaitu kuning, pink dan putih. Bunganya yang berukuran mungil ini memiliki aroma yang sangat wangi dan spesial sehingga dipercaya dapat meredakan stress.

Bunga melati yang bewarna putih memiliki daun yang beraneka ragam dan terdapat anak daun yang tumbuh di kanan maupun di kiri. Sedangkan, batangnya tersusun seperti sirip ikan. Daunnya mempunyai helaian dengan ujung daun berbentuk setengah bulat dengan pangkal yang sedikit tajam kemudian tangkainya berbentuk bulat.

2. Bunga Mawar

bunga mawar

Nama Ilmiah:Rosa
Famili: Rosaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Rosales
Kelas: Magnoliopsida

Bunga mawar merupakan jenis tanaman semak dari genus Rosa yang umumnya berduri atau tanaman memanjang dengan tinggi mencapai 2 sampai 5 meter. Terdapat 100 spesies lebih mawar liar yang kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Jika bunga mawar merambat ke tanaman lain, tingginya bisa sampai 20 meter.

Bunga mawar ini menghasilkan buah agregat (berkembang dari satu bunga dengan banyak putik) yang disebut rose hips. Nah, beberapa spesies mawar seperti Rosa canina dan Rosa rugosa menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya akan vitamin C (termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya). Burung pemakan buah menyukai buah rose hips ini sehingga membantu penyebaran biji mawar bersama kotoran yang dikeluarkan burung tersebut seperti burung Finch.

Ada beberapa macam warna mawar yaitu merah, peach (pink kekuning-kuningan), dan kuning. Mawar merah dijadikan sebagai simbol pengungkapan rasa cinta & kagum serta menunjukkan rasa hormat. Mawar peach menggambarkan kesopanan, kehangatan dan keseriusan. Sedangkan, mawar kuning menggambarkan ketenangan, rasa kepedulian dan persahabatan. Biasanya, bunga mawar terdiri dari 5 helai daun mahkota kecuali Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Ovarinya terletak di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Kebanyakan spesies bunga mawar mempunyai daun yang panjangnya 5 – 15 cm dengan dua-dua daun berlawan (pinnate). Daunnya majemuk, artinya setiap tangkai daun terdiri dari 3 atau 5 sampai 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) yang berbentuk lonjong, pertulanganya menyirip, tepi-tepinya beringging, ujung daun meruncing, dan berduri pada batang yang dekat dengan tanah.

3. Bunga Matahari

bunga matahari

Nama Ilmiah: Helianthus annuus
Famili: Asteraceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Asterales
Genus:Helianthus

Bunga matahari merupakan tanaman semusim dari famili Asteraceae yang dapat digunakan sebagai tanaman hias, penghasil minyak, pupuk dan pakan.

Bunga ini biasanya berukuran besar dengan tinggi mencapai 3 – 5 m, bewarna kuning terang dan kepala bunganya juga besar dengan diametes dapat mencapai 30 cm. Bunga yang berasal dari Amerika Tropik bagian utara (Meksiko) ini merupakan bunga nasional Ukraina dan juga bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

Bunga ini termasuk bunga majemuk yang tersusan dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Dalam aktivitasnya, bunga ini biasanya selalu condong ke arah matahari yang disebut sebagai heliotropisme. Selain itu, daunnya tunggal lebal dan batangnya biasanya ditumbuhi rambut kasar, jarang bercabang dan tegak.

Buah bunga matahari bertipe buah kurung (achene) dengan dinding yang agak keras dan tidak terlalu tebal. Buah ini sering disangka sebagai biji padahal biji yang sebenanrnya terletak didalam dan terlindung oleh buah yang seperti tempurung.

4. Bunga Tulip

bunga tulip

Nama Ilmiah: Tulipa
Famili: Liliaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Liliales
Genus:Tulipa

Bunga tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi yang termasuk famili Liliaceae dengan tinggi 10 – 70 cm, bunganya berukuran besar yang terdiri dari 6 helai daun mahkota serta daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang bewarna hijau kebirua-biruan.

Bunga ini berasal dari Asia Tengah dan tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Bunga tulip merupakan bunga nasional Iran dan Turki. Budidaya bunga tulip di Belanda sangatlah berkembang dan mendunia sehingga Belanda dikenal sebagai negeri bunga tulip.

Biji bunga tulip berbentuk bundar pipih yang dibungkus oleh kapsul kering. Bunga tulip hasil persilangan menghasilkan tulip beewarna tunggal, oranye, kuning, merah, biru, hijau, ungu ataupun berbagai macam kombinasi dan gradasi warna lainnya.

Bunga tulis terbagi atas 4 jenis jika dilihat dari daun mahkotanya yaitu bunga tulip ada yang memiliki daun mahkota yang tidak terbuka sewaktu mekar (masih seperti menguncup), daun mahkota yang terbuka lebar sewaktu mekar, pinggiran daun mahkota yang melengkung, dan pinggiran daun mahkota yang runcing.

5. Bunga Anggrek Bulan

anggrek bulan

Nama Ilmiah:Phalaenopsis amabilis
Famili:Orchidaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Asparagales
Genus: Phalaenopsis

Anggrek bulan merupakan tanaman anggrek monopodial yang menyukai dan memerlukan sedikit cahaya matahari untuk menunjang kehidupannya. Bunga ini adalah salah satu bunga nasional Indonesia yang pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani asal Belanda, Dr. C.L. Blume.

Anggrek bulan memiliki daun berwarna hijau berbentuk memanjang dengan akar bewarna putih berbentuk bulat memanjang serta terasa seperti berdaging. Hidup secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan serta tumbuh dengan subur hingga 600 meter diatas permukaan laut.

Bunga ini dapat ditemukan di Malaysia, Papua, Indonesia, Filipina hingga Australia. Terasa sedikit bau harum pada bunganya. Waktu mekar bunga ini lama dan dapat tumbuh sampai mencanpai diameter 10 cm lebih.

6. Bunga Teratai

bunga teratai

Nama Ilmiah: Nymphaea
Famili: Nymphaeaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Nymphaeales
Kelas: Magnoliopsida

Bunga teratai yang dikenal sebagai water-lily atau waterlily (dalam bahasa Inggris) adalah tanaman air dari famili Nymphaeaceae. Bunga dan daun teratai terdapat di permukaan air dengan tangkai dari rizoma yang berada didalam lumpur pada dasar sungai, kolam atau rawa.

Bunganya berada pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang dengan diameter bunga 5 – 10 cm. Tangkai teratai sendiri berada di tengah-tengah daun. Permukaan daunnya tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang berada di permukaan daun tidak membentuk butiran air. Kemudian, daunnya berbentuk bundar atau oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai.

Perlu Anda ketahui bahwa semakin berlumpur air yang ditumbuhi oleh teratai maka warna bunganya akan semakin cerah. Jadi, jika bunganya berwarna merah muda maka akan semakin merah muda, jika putih maka akan semakin putih.

7. Bunga Alamanda

bunga alamanda

Nama Ilmiah: Allamanda cathartica
Famili: Apocynaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Apocynales
Genus: Allamanda

Bunga alamanda merupakan jenis tanaman hias yang termasuk golongan perdu berkayu dengan tinggi yang bisa mencapai 2 meter. Bunga ini sering juga disebut sebagai terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. Dapat ditemukan pada daerah sekitaran sungai atau tempat terbuka yang terkena banyak sinar matahari dengan curah hujan yang cukup dan juga kelembapan yang tinggi sepanjang tahunnya.

Alamanda berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan serta banyak ditemukan di Brasil. Daunnya berbentuk lancip di ujung dengan permukaan yang kasar dan panjangnya mencapai 6 – 16 cm. Selain itu, biasanya, terdapat tiga atau empat helai daun pada bunga alamanda. Bunganya berwarna kuning dan berbentuk seperti terompet dengan diameter mencapai 5 – 7.5 meter.

8. Bunga Wijaya Kusuma

Jenis-Jenis Bunga

Nama Ilmiah: Epiphyllum anguliger
Famili: Cactaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Caryophyllales
Genus: Epiphyllum

Bunga Wijayakusuma atau Bunga Wiku merupakan jenis tanaman kaktus yang tergolong kelas dicotiledoneae. Bunga ini berasal dari Amerika tropika (Caribia dan Venezuela), hidup di daerah beriklim sedang sampai tropis. Selain itu, bunga ini juga dapat digukana untuk meredam rasa sakit, menetralisir pembekuan darah, dan mempercepat penyembuhan luka abses.

Secara etimologi, Wijayakusuma terdiri dari dua kata yaitu wijaya dan kusuma. Didalam bahasa Jawa Kuno, wijaya berarti kemenangan atau keberhasilan sedangkan kusuma berarti bunga. Bunga Wijayakusuma hanya mekar dalam semalam saja kecuali jenis hibrida yang dapat bertahan 2-3 hari. Biasanya, kenop bunga ini mulai terbuka setelah terbenamnya matahari, dan mulai mekar secara sempurna pada pukul 22:00 wib.

Bunganya berdiameter 10 cm dan berwarna putih. Buahnya berbentuk bulat dengan warna merah sedangkan bijinya berwarna hitam. Batangnya dibentuk oleh helaian daun yang mengecas kemudian mengecil dengan batang induknya berbentuk silinder. Lebar daun berkisar 13 -15 cm dan tinggi batang bisa mencapai 2 – 3 meter.

9. Bunga Asoka

bunga asoka

Nama Ilmiah: Saraca asoca
Famili: Fabaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Fabales
Kelas: Magnoliopsida

Bunga asoka merupakan jenis tanaman dimana bunganya tumbuh pada cabang-cabang besar secara bergerombol dan berderet dengan benang sarinya mencuat keluar seperti kembang api. Adapun, warna bunga asoka yang sering ditemui adalah kuning, merah dan jingga.

Biasanya, pohon bunga asoka akan mengeluarkan bau harum pada malam hari di bulan April dan Mei sepanjang tahunnya. Asoka berbunga saat menjelang musim hujan dimana bunganya dapat bertahan selama 3-4 bulan. Batang asoka cukup keras dengan tinggi mencapai 7 meter sedangkan daunnya berbentuk oval dengan ujung lancip dan juga majemuk.

10. Bunga Cempaka Kuning

bunga cempaka kuning

Nama Ilmiah: Magnolia champaca
Famili: Magnoliaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Magnoliales
Spesies: M. champaca

Bunga cempaka kuning merupakan jenis tanaman dengan bunga berbau harum dan berwarna kuning atau putih kekuning-kuningan. Daun bunga ini bermanfaat untuk mengobati mulas, napas/mulut bau, batu ginjal. Sedangkan, kulit kayunya bermanfaat untuk haid yang tidak teratur dan demam. Dan bunganya bermanfaat sebagai aroma perawatan rambut.

Tinggi pohon bunga cempaka kuning mencapai 15-25 meter. Pada dasar bunga yang berbentuk tiang terdapat bakal buah dan benang sari yang dipisahkan oleh suatu ruang. Terdapai lebih dari 20 bakal buah yang berjejal-jejal, berambut, berbentuk telur pipih, dan memiliki bakal biji yang banyak.

11. Bunga Anemone

Bunga Anemone

Bunga anemone merupakan jenis tanaman hias yang dapat ditemukan di Indonesia, Eropa dan Jepang. Didalam bahasa Yunani, anemone berarti “bunga angin”. Berdasarkan mitologi Romawi, anemone berasal dari air mata Aphrodite (dewi asmara) yang menangisi kematian Adonis. Bunga ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dan juga perlindungan dari kejahatan.

Bunga ini sering kita temukan saat acara pernikahan sebagai bunga tangan (bunga yang dibawa oleh pengantin wanita saat memasuki altar dan melemparkannya di pesta). Hal ini dikarenakan, bunga ini juga merupakan simbol harapan.

Kemudian, didalam bunga ini terdapat beberapa zat kimia seperti saponin, triterpen, Anemonin, Okinalin, Okinalein, stigma-sterol, B-sitosterol, Hederaginin, asam oleanolic, arabinosa, galaktosa, glukosa, dan rhamnose. Bunga ini dapat digunakan untuk menurunkan panas, mengobati bisul, luka, radang usus buntu, radang usus, disentri, bisul, luka, sengatan tawon, dan juga gigitan ular.

12. Bunga Gerbera

Jenis-Jenis Bunga Gerbera

Nama Ilmiah: Gerbera
Famili: Asteraceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Asterales
Genus: Gerbera

Herbras (Gerbera L.) merupakan jenis tanaman hias yang termasuk tanaman semak yang hidup bertahun-tahun (perenial) dengan daun berbentuk memanjang dan berwarna hijau dimana pinggiran daunnya bergerigi besar.

Kata “Gerbera” diambil dari nama Traugott Gerber, seorang dokter Jerman. Sedangkan, nama spesies Gerbera jamesonii (Barberton daisy) berasal dari nama kolektor tanaman yaitu Robert Jameson yang merupakan penemu tanaman ini di provinsi Transvaal, Afrika Selatan.

Gerbera terdiri dari sekitar 2.000 kultivar dengan bunga yang memiliki bentuk yang beraneka ragam dan ukuran diameternya diantara 5–12 cm. Bunga ini mempunyai bongkol (capitulum) besar yang menjadi pokok dari 2 lapis rangkaian daun mahkota (ray floret) yang berbentuk panjang dengan warna oranye, kuning, merah jambu, merah, putih, pink salmon, dan ungu.

Bunga ini mengandung sejenis turunan senyawa kimia coumarin alami dan sering digunakan sebagai materi pembelajaran tentang pembentukan bunga.

13. Bunga Camellia

Bunga Camellia

Nama Ilmiah: Camellia
Famili: Theaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Ericales
Genus: Camellia

Camelia merupakan jenis tanaman yang terkenal dengan kecantikan dan khasiatnya. Di Jepang, bunga camelia sangatlah dihargai bahkan dijuluki sebagai “Japanese rose”. Bunga ini bahkan menjadi bunga resmi negara bagian Alabama pada tahun 1959. Bunga ini aslinya berasal dari Cina serta sangat populer dan dihormati khususnya di wilayah Cina Barat Daya.

Didalam bahasa latin, camelia berarti “penolong imam”, bunga ini diberi nama oleh seorang ahli botani George Joseph Kamel pada akhir abad ke-17. Hingga sampai saat ini, terdapat lebih dari 40.000 kultivar bunga camelia yang sudah terdaftar.

Bunga camelia memiliki mahkota berukuran besar dan berlapis-lapis yang terdiri dari beragam warna seperti pink, putih, kuning, merah, ungun, bahkan ada yang variegata. Dari segi khasiat, bunga ini dapat digunakan untuk membuat teh hijau dan teh hitam yang dikenal sebagai teh camelia.

Teh hijau dari bunga camelia ini mengandung antioksidan yang tinggi yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menurunkan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan metabolisme.

14. Bunga Protea

Bunga Protea

Nama Ilmiah: Protea
Famili: Proteaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Proteales
Genus: Protea

Bunga protea merupakan jenis tanaman berbunga yang berasal dari Afrika Selatan yang terkadang disebut sebagai semak gula.

Bunga ini diberi nama “Protea: oleh Carl Linaeaus pada tahun 1735 dengan berdasarkan nama dewa Yunani Proteus. Bunga ini dianggap sebagai simbol harapan dan perubahan. Karena keindahannya, bunga ini sering dijadikan untuk dekorasi dan buket acara pernikahan.

15. Bunga Magnolia

Jenis-Jenis Bunga Magnolia

Nama Ilmiah: Magnolia
Famili: Magnoliaceae
Kingdom: Plantae
Ordo: Magnoliales
Genus:Magnolia L.

Bunga magnolia merupakan jenis tanaman yang terkenal dengan bunganya yang indah dan menawan serta memiliki aroma yang harum. Perhiasan bunga magnolia tidaklah tersusun dalam lingkaran berlapis seperti kebanyakan bunga lainnya tetapi tersusun secara spiral. Bentuk bunganya tidak untuk diserbuki oleh lebah tetapi kumbang.

Budidaya (pusat keanekaragaman) bunga ini utamanya dilakukan di Asia Timur dan Asia Tenggara. Sedangkan, pusat penyebaran sekundernya berada di benua Amerika. Beberapa jenis bunga magnolia ini digunakan sebagai tanaman hias dan juga pelengkap acara adat Nusantara seperti bunga cempaka dan kantil.

Baiklah, semoga pembahasan mengenai jenis-jenis bunga beserta penjelasannya seperti yang telah dijelaskan diatas bermanfaat. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend