• Our Partners:

Jenis-jenis Kopi

9 Jenis-Jenis Kopi dan Rasanya Beserta Penjelasannya, Yuk Disimak!

Kopi Nusantara memiliki jenis yang jumlahnya sangat banyak, tetapi cuma sedikit yang diminati oleh para pecinta kopi. Kopi merupakan salah satu kekayaan dari Indonesia yang anugerahnya sangat luar biasa. Mulai pada saat zaman dahulu, Indonesia memang terkenal dengan kekayaan rempah-rempah dan juga alamnya.

Contoh dari kekayaan Indonesia yang diminati oleh para wisatawan mancanegara yaitu Kopi. Kopi Indonesia memiliki rasa yang khas, sehingga menarik para wisatawan mancanegara untuk terus berkunjung ke Indonesia. Dan saat ini Indonesia sudah menduduki urutan 4 negara yang dapat menghasilkan kopi terbaik di seluruh dunia.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis kopi nusantara yang harus kita ketahui.

Jenis-Jenis Kopi dan Penjelasannya

Jenis-jenis kopi di Indonesia jumlahnya sangatlah banyak, dan kopi tiap daerah tersebut memiliki rasa yang khas dan juga enak. Dan berikut adalah beberapa jenis dari kopi yang ada di indonesia.

1. Kopi Toraja

kopi toraja

Kopi toraja merupakan kopi yang dihasilkan di daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di pegunungan toraja. Pegunungan toraja ini sejak dulu memang memiliki keistimewaan yaitu tanah yang tumbuh subur. Hal itu dibuktikan dua jenis dari kopi terbaik didunia dapat dihasikan dengan sekaligus, yakni kopi arabika robusta dan kopi arabika toraja.

Perbedaan yang dapat dilihat dari dua jenis kopi toraja tersebut yaitu ada pada kafein yang telah dihasilkan di tiap jenis kopi toraja. Dan kopi ini memiliki kesamaan yaitu mempunyai tingkat keasaman yang tinggi. Dengan begitu, cita rasa kopi ini mempunyai unsur tanah, khas dan juga unik, sehingga hal tersebut dapat menjadi suatu ciri yang utama dari kopi toraja tersebut.

Apabila Anda mencobanya pertama kali, maka Anda akan merasa kaget, karena lidah Anda akan merasakan rasa pahi dan menghilang dengan sesaat yang tak menyisakan bekas rasa pahit di lidah Anda. Rasa tersebutlah yang disukai oleh penikmat kopi mancanegara maupun nusantara.

2. Kopi Flores

Jenis-Jenis Kopi Flores

Flores merupakan suatu daerah yang mempunyai keindahan yang menawan, sehingga banyak para turis nusantara dan juga mancanegara mengunjungi tempat tersebut. Tetapi, selain mempunyai keindahan alam yang menawan, flores juga mempunyai kopi khas yang ada di datarann Ngada, tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Daerah flores tersebut juga sudah menyumbang kopi terbaik yang ada Indonesia dan kemudian dikenal oleh seluruh dunia.

Kopi di daerah flores ini dapat tumbuh dengan suburnya dikarenakan terdapat abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung berapi. Jenis dari kopi arabika adalah jenis dari kopi flores ini. Kopi tersebut memiliki aroma buah dan juga terdapat tambahan tembakau ketika kita sudah meminumnya. Anda akan selalu merasa terkesan apabila setelah meminum kopi tersebut.

3. Kopi Lanang

Kopi Lanang

Istilah dari Kopi lanang diciptakan yaitu dikarenakan pada biji kopi ini memiliki bentuk tunggal, bulat dan juga tak terdapat belahan tengahnya seperti pada biji kopi pada biasanya. Istilah Lanang tersebut adlaah istilah dari bahasa jawa yaitu untuk menandakan bahwa itu adalah laki-laki.

Salah satu manfaat dari kopi ini yaitu dapat menambah vitalitas seorang pria. Maka dari itu, kopi ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan kopi yang lainnya. Kopi jenis ini juga dapat menghasilkan kopi lanang arabika dan juga kopi lanang robusta. Kopi ini juga sangat populer pada zaman pemerintahan Belanda. Anda harus mencicipi kopi lanang tersebut untuk dapat merasakan manfaat dan juga khasiatnya.

4. Kopi Wamena

Kopi wamena

Kppi wamena ini telah tumbuh dengan subur di daerah pegunungan wamena dan sudah menjadi penghasil kopi Indonesia terbaik. Kopi ini juga memiliki aroma yang ringan serta memiliki ciri khas wangi ditiap biji kopinya tersebut. Dan itulah merupakan karakter dari kopi wamena. Para petani yang ada di wamena pun masih mengganakan bahan yang organik untuk menanam biji kopi mereka.

Oleh karena itu, kopi akan terasa lebih original, harum, ringan tanpa adanya ampas dan juga tak meninggalkan rasa asam dilidah kita. Tetapi jenis dari kopi wamena ini masih susah ketika mendistribusikannya.

5. Kopi Gayo

Jenis-Jenis Kopi Gayo

Kopi Gayo adlaah jenis dari kopi arabika yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini juga diproduksi di wilayah aceh tengah, yaitu tepat di dataran tinggi tanah Gayo. Dan didaratang tinggi Gayo tersebutlah pusat dari perkebunan dan juga produksi kopi terbaik tersebut akan dihasilkan. Dan menurut dari kajian internasional, kopi arabika gayo memiliki rasa yang sangat khas dan juga digemari jika dibandingkan dengan kopi arabika yang sudah ditanam di tempat yang lainnya.

Kopi gayo juga memuluku cita rasa yang sangat tinggi, yakni dengan memiliki aroma yang nikmat dan juga khas, tingkat keasamannya juga lebih rendah tetapi mempunyai tingkah kepahitan yang kuat pula. Dan dengan beberapa kenikmatan dan juga aroma yang khas dari kopi arabika gayo tersebutlah, dunia internasional sudah menganugerahi penghargaan Fair Trade Certified™ yang menjadi suatu bentuk dari apresiasi untuk kopi arabika gayo yang juga menjadi kopi terbaik yang ada di dunia.

Kopi arabika gayo ini sekarang juga telah di ekspor kedalam beberapa negara, contohnya yaitu kawasan Amerika, Asia dan juga Eropa. Kopi gayo juga merupakan salah satu dari komoditi yang dapat menjanjikan sebagai salah satu dari pemasukan negara.

Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus terus mensupport para petani kopi kita untuk terus menghasilkan biji kopi yang terbaik.

6. Kopi Kintamani

Kopi kintamani

Tidak hanya memiliki pesona wisata yang sudah terkenal sampai ke belahan dunia, Bali juga memiliki permata yang tersembunyi, yakni penghasil kopi yang terbaik di seluruh dunia. Tepat di daerah kintamani, Bali memiliki kopi yang mempunyai ciri khas yang berbeda dengan yang lainnya.

Kopi kintamani ini memiliki cita rasa yang bercampur dengan rasa buah yang tak dipunyai oleh daerah yang lainnya. Tidak hanya itu, kopi ini juga memiliki cita rasa yang asam dan bercampur dengan rasa yang segar, sehingga terbentuklah suatu cita rasa yang khas dan unik.

Hal tersebut dikarenakan oleh sistem dari penanaman biji kopi ini akan bercampur dengan beraneka ragam sayuran maupun yang biasanya disebut dengan suatu sistem tumpang sari.

7. Kopi Jawa

Jenis-Jenis Kopi

Kopi Jawa ini sudah dikenal dunia pada saat abag ke-17. Dan pada saat tersebut Belanda juga sudah memulai untuk menanam biji kopi jawa ini ditanah jawa serta telah menjadikannya sebuah produsen penghasil kopi yang terbesar didunia pada saat itu.

Meskipun jenis kopi telah banyak akan tetapi kopi ini masih menjadi suatu pilihan yang utama untuk para petinggi Belanda. Kopi jses ini memiliki aroma yang tipis rempah-rempah serta dalam penyajiannya melewati proses diling basah, dan hal tersebutlah yang membuatnya berbeda dengan yang lainnya. Kopi Jawa ini dikembangkan di pegunungan ijen banyuwangi provinsi jawa timur dan sudah menghasilkan kopi jawa arabika yang memiliki kualitas dunia.

8. Kopi Luwak

kopi

Kopi luwak merupakan salah satu kopi yang menjadi incara penikmat kopi yang ada di seluruh dunia. Produksi kopi yang sangat terbatas inilah yang menjadikan kopi luwak ini langka dan juga sangat mahal. Kopi luwak ini dihasilkan dengan cara yang cukup unik.

Dan pada suatu saat seorang petani melihat musang atau luwak memakan biji kopi. Ternyata luwak tersebut tak dapat mencerna dengan benar biji kopi yang sudah mereka makan. Dapat dilihat dari kotorannya yang masih menyisakan biji kopi yang telah ditanam. Para petani tersebutpun memiliki rasa penasaran yang tinggi dan ingin merasakan kopi tersebut.

Akhirnya mereka merebus biji kopi tersebut dan ternyata dapat menghasilkan sajian kopi yang memiliki cita rasa yang sangat tinggi sampai saat ini.

9. Kopi Sidikalang

kopi sidikalang

Kopi sidikalang juga tak kalah populer dengan kopi yang sbeelum-sebelumnya. Karena kopi ini juga memiliki cita rasa yang mantap dan menjadi kopi favorit sejumlah wisatawan yang datang ke Indonesia. Dikarenakan kualitas yang tinggi tersebut, kopu sidikalang ini dapat menjadi pesaing yang utama dari kopi milik Brazil. Karena kopi ini memiliki tekstur yang sangat halus diantara kopi yang ada di dunia.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend