Perbedaan Malware dan Virus

Kenali Perbedaan Malware dan Virus Secara Lengkap

Anda memiliki komputer atau laptop di rumah? Mayoritas orang yang membaca ini pasti memiliki salah satu di antara keduanya. Ada juga yang mungkin memiliki keduanya sekaligus.

Komputer atau laptop yang kita miliki telah banyak membantu mempermudah pekerjaan kita. Akan tetapi, di dalam menggunakannya pun Anda harus berhati-hati, terutama ketika perangkat Anda tersebut kerap terkoneksi ke internet.

Berbagai ancaman yang menyerang komputer atau laptop Anda bisa datang kapan saja tanpa Anda sadari. Ancaman tersebut bisa berupa malware maupun virus. Lalu apa perbedaan malware dan virus? Sampai sekarang masih banyak orang yang bingung tentang perbedaannya. Mungkin ada yang mengira bahwa keduanya sama padahal sebenarnya memiliki beberapa perbedaan yang akan kita bahas kali ini.

Pengertian Malware

Pengertian Malware

Malware merupakan singkatan dari malicious software. Artinya, seluruh jenis software yang dapat bisa dimanfaatkan untuk mengganggu kinerja dari sebuah komputer.

Perangkat lunak tersebut nantinya dapat mengganggu kemampuan operasi komputasi, mengakses keamanan, mengumpulkan informasi yang bersifat pribadi atau sensitif, dan lain sebagainya. Hampir seluruh program yang mengganggu termasuk spam email tergolong malware.

Adapun yang termasuk malware yaitu virus komputer, worm, ransomware, rootkit, trojan horse, dialer, keyloggers, BHOs, adware, maupun berbagai software yang berpotensi menganggu keamanan. Malware berbentuk surat, script, kode, software, maupun program. Cara umum untuk melindungi perangkat kita dari serangan malware adalah dengan menggunakan anti-virus atau anti-malware.

Pengertian Virus

Virus komputer adalah kode atau program yang menempel pada file maupun program yang sedang dijalankan tanpa diketahui oleh pengguna komputer tersebut.

Virus memiliki kemampuan dalam mereplikasikan dirinya serta tidak termasuk spyware dan adware. Disebut sebagai virus karena virus komputer tersebut memiliki karakter yang sama seperti virus pada umumnya. Mereka bisa menginfeksi komputer bahkan hal ini tidak diketahui oleh pengguna.

Hampir seluruh virus tersebut melekat pada file atau proram yang akan dijalankan. Artinya, ketika file tersebut dibuka atau dijalankan, di sinilah virus mulai menginfeksi sistem.

Perbedaan Malware dan Virus

Beberapa perbedaaan malware dan virus adalah sebagai berikut:

  • Pengertian: virus adalah kode kode yang menempel pada file atau file dan bisa menginfeksi komputer lain melalui file tersebut. Malware merupakan program untuk mengganggu kinerja komputer, mendapatkan akses ke sistem pribadi, dan mengganggu keamanan komputer
  • Proses infeksi: virus akan memasang dirinya ke folder, file, maupun program yang bisa dijalankan. Malware dapat menyebar secara otomatis maupun bisa melalui campur tangan user (tergantung jenis malwarenya)
  • Kecepatan penyebaran: virus lebih lambat dari worm. Untuk kecepatan malware tergantung pada jenis malwarenya
  • Jenis: terdapat virus residen dan non residen. Beberapa jenis malware yaitu ransomware, virus komputer, trojan, worms, adware, dialers, keyloggers, dan lain-lain

Leave a Reply

Send this to a friend