Apa itu Wallpaper? Mengenal Pengertian Wallpaper

Apa itu Wallpaper? Mengenal Pengertian Wallpaper

Pengertian Wallpaper

Apa itu wallpaper? Ketika kita mambahas wallpaper secara umum, maka kita akan menemukan ada dua jenis. Wallpaper di dunia properti yaitu sebuah kertas dinding dengan motif warna maupun bentuk yang biasanya ditempelkan di dinding. Fungsi wallpeper tersebut adalah sebagai pelindung sekaligus penghias dinding.

Sementara pengertian wallpaper di dunia teknologi merupakan sebuah gambar digital yang kerap dijadikan sebagai background atau latar belakang komputer maupun hp.

Adapun wallpaper yang akan kita bahas kali ini adalah wallpaper yang digunakan pada komputer maupun perangkat mobile. Wallpaper yang bisa Anda gunakan sebagai background komputer atau perangkat mobile bisa berupa gambar maupun animasi. Namun untuk wallpaper berbentuk animasi cenderung mengkonsumsi daya baterai yang lebih banyak dibandingkan wallpaper berbentuk gambar.

Jenis-Jenis Wallpaper

Pengertian Wallpaper

Jika kita melihat wallpaper berdasarkan resolusi, maka kita akan mengetahui bahwa ada wallpaper dekstop serta wallpaper mobile. Wallpaper dekstop merupakan jenis wallpaper yang digunakan untuk komputer maupun laptop. Secara umum, wallpaper PC dibuat dalam bentuk landscape yang sangat pas digunakan untuk membuat tampilan komputer atau laptop Anda lebih enak dipandang.

Sementara itu, wallpaper mobile merupakan jenis wallpaper yang digunakan untuk perangkat mobile misalnya perangkat Android dan iPhone. Adapun bentuk dari wallpaper mobile secara umum yaitu berbentuk potrait yang juga akan membuat tampilan perangkat mobile Anda lebih indah. Kemudian untuk jenis wallpaper berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis wallpaper yaitu wallpaper statis dan wallpaper dinamis.

Untuk wallpaper statis merupakan wallpaper yang gambarnya tidak bergerak. Maksudnya, wallpaper tersebut hanya berupa gambar tanpa ada efek tertentu yang membuatnya seolah-olah hidup. Kemudian untuk wallpaper dinamis merupakan jenis wallpaper yang gambarnya dapat bergerak. Jenis wallpaper dinamis juga dinamakan sebagai animated wallpaper atau live wallpaper. Untuk kedua jenis wallpaper tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihannya, wallpaper dinamis memiliki tampilan yang lebih menarik karena gambarnya bergerak sehingga membuat kita tidak bosan. Namun kekurangannya adalah wallpaper dinamis cenderung lebih banyak mengkonsumsi baterai. Pada wallpaper statis, mungkin dari segi tampilan kurang menarik dibandingkan wallpaper dinamis. Namun ada beberapa wallpaper statis yang memiliki gambar sangat indah. Selain itu, wallpaper statis juga tidak banyak mengkonsumsi baterai.

Resolusi Wallpaper

Resolusi wallpaper merupakan jumlah piksel pada setiap layar. Resolusi layar biasanya dikenal dengan beberapa istilah seperti HD, QHD, Full HD, 2K, dan 4K. Resolusi pada layar PC sudah tentu berbeda dengan resolusi yang ada pada perangkat mobile. Alasannya karena resolusi pada PC berbentuk horizontal (landscape) sementara resolusi pada perangkat mobile berbentuk vertikal (potrail).

Resolusi pada layar monitor antara lain: HD (1280px X 720px), QHD (2560px X 1440px), Full HD (1920px X 1080px), 4K (3840px X 2160px), dan 2K (2048px X 1080px). Sementara pada perangkat mobile HD (1280px X 720px), qHD (960px X 540px), QHD (2560×1440), dan lain-lain.

Leave a Reply

Send this to a friend