Ukuran Kertas Polaroid

Kenali Ukuran Kertas Polaroid dalam CM

Mungkin tidak sedikit orang yang masih awam mengenai istilah dan ukuran kertas Polaroid. Dibandingkan dengan jenis kertas yang lainnya, kertas polaroid memang baru muncul sehingga tidak heran jika masih banyak orang yang belum terlalu famiiar dengan kertas ini.

Mereka belum mengetahui apa itu kertas polaroid, fungsi, dan beberapa informasi lainnya terkait kertas tersebut. Untuk itu kami ingin membantu Anda agar lebih mengenal kertas polaroid.

Apa itu Kertas Polaroid?

Kertas polaroid adalah jenis kertas yang paling banyak dimanfatkan untuk mencetak foto. Pada saat Anda mencetak foto, maka Anda harus menggunakan jenis kertas  yang berbeda dibandingkan ketika Anda mencetak dokumen atau teks. Untuk mencetak foto, Anda memerlukan kertas yang glossy dan lebih tebal. Tujuannya agar hasil foto yang Anda cetak tersebut memiliki kualitas yang lebih bagus, tajam, serta tidak mudah luntur.

Berbeda halnya ketika Anda mencetak foto dengan kertas biasa. Hasil foto Anda sudah dipastikan kurang bagus. Ketajaman warnanya juga berkurang. Selain itu, foto tersebut tidak mampu bertahan lama karena akan cepat luntur. Jadi, pilihlah jenis kertas yang memang benar-benar digunakan untuk mencetak foto.

Ukuran Kertas Polaroid

Mengenai informasi seputar ukuran kertas polaroid adalah hal yang penting. Ketika Anda sudah mengetahui ukuran terbaik untuk kertas polaroid, maka Anda dapat memikirkan seperti apa ukuran secara riil dari kertas tersebut. Anda juga bisa lebih mengantisipasi jika terjadi kesalahan di dalam membeli kertas polaroid.

Lalu seperti apa ukuran kertas polaroid yang sebenarnya? Perlu Anda ketahui bahwa ukuran foto standar yang sering digunakan yaitu 7,7 x 9,3 cm. Meskipun ukuran tersebut merupakan ukuran standar namun bukan bersifat mutlak. Mengapa? Karena sebenarnya Anda masih bisa mengubah ukuran tersebut melalui komputer dengan menyesuaikan setengah ukuran foto 3R atau 12,7 x 8,9 cm. Kemudian foto tersebut akan dipotong.

Jika dilihat berdasarkan ukuran, foto dengan kertas polaroid memang tidak terlalu besar. Hal ini wajar karena foto menggunakan kertas polaroid umumnya digunakan untuk post card. Kita tahu post card tidak memerlukan foto terlalu besar sehingga kertas polaroid merupakan pilihan yang bagus.

Tabel Ukuran Kertas Polaroid

Jenis Kertas Polaroid

Ukuran dalam satuan mm Ukuran dalam satuan cm

Ukuran dalam satuan cm

Foto Polaroid 600, SX-70, i-Type 78.9 x 76.7 1.2 × 1.18 3.1 × 3.02
Full Polaroid 600, 600 SX-70, i-Type 107.5 x 88.4 10.7 x 8.8 4.2 x 3.4
Foto Polaroid jenis Spectra 73.4 x 90.7 7.3 x 9.0 2.8 x 3.5
Foto Full Polaroid jenis Spectra 102.9 x 101.5 10.2 x 10.1 4.0 x 3.9

Adapun cara yang terbaik di dalam mengetahui jenis film pada kamera yaitu dengan membuka lalu mencari stiker yang memberikan informasi seputar jenis film yang cocok untuk kamera Anda. Untuk beberapa jenis polaroid yang umumnya digunakan antara lain: Spectra, 600, i-Type, SX-70, 8×10 (untuk format besar).

Leave a Reply

Send this to a friend