Kenali Ukuran Pas Foto 16R Dalam MM, CM dan Inch

Ukuran Pas Foto 16R – Apa itu ukuran foto? Ukuran foto merupakan panjang atau lebar maupun dimensi dari sebuah gambar atau foto. Dimensi tersebut berada dalam satuan milimeter atau mm. Ukuran tersebut juga bisa diubah atau dikonversi ke ukuran centimeter atau cm serta inchi. Ukuran foto tersebut telah ditentukan dengan berdasarkan standar internasional meskipun sebenarnya masih bisa Anda sesuaikan dengan permintaan.

Untuk ukuran standar foto tergolong dalam kelompok kertas Seri R. Beberapa contohnya seperti 2R, 3R, 5R, 6R, 16R dan seterusnya. Ukuran-ukuran tersebut biasa digunakan untuk mencetak foto dalam berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mencetak sebuah foto, kita tidak hanya berpatokan pada kualitas foto maupun ukuran foto tersebut. Hal lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah kualitas kertas foto yang digunakan untuk mencetak foto.

Penjelasan Ukuran 16R

Penjelasan Ukuran 16R

Lalu bagaimana dengan foto berukuran 16R? Penjelasan mengenai ukuran foto ini adalah sebagai berikut:

  • Untuk ukuran 16R di dalam satuan mm yaitu 406 x 508 milimeter
  • Untuk ukuran 16R di dalam satuan cm yaitu 40,6 x 50,8 centimeter
  • Untuk ukuran 16R di dalam inchi yaitu 16 x 20 inci

Rekomendasi Kertas Foto Terbaik

Sebenarnya ada 4 jenis kertas foto yaitu matte, glossy, metallic, dan luster. Jenis-jenis kertas tersebut mempunyai ciri khasnya masing-masing serta digunakan sesuai dengan fungsinya. Jenis kertas yang Anda pilih tersebut juga menentukan kualitas foto yang akan Anda pilih. Meskipun begitu, printer serta kualitas tinta juga menjadi hal yang tidak boleh Anda lupakan.

1. Glossy

Sesuai dengan namanya, kertas tersebut memiliki struktur berlapis dan tekstusnya sangat halus. Ciri lainnya adalah kertas ini memiliki permukaan yang mengkilap serta permukaannya reflektif.

Untuk kualitas foto yang dicetak dengan menggunakan kertas glossy yaitu tajam serta saturasi warnanya cerah. Hal ini membuat hasil cetakannya lebih hidup dibandingkan menggunakan jenis kertas foto lainnya.

Namun kertas glossy tidak dapat digunakan untuk menghasilkan foto dengan tampilan yang bertekstur pada saat diubah atau dipindai ke format digital. Kelemahan kertas ini adalah memiliki permukaan yang cenderung akan menempel ke kaca pada saat dibingkai. Selain itu kertas glossy juga rentan pada noda dan sidik jari ketika Anda memegangnya tanpa sarung tangan.

2. Matte

Matte merupakan jenis kertas foto yang bertekstur halus namun permukaannya tidak mengkilap. Untuk kontras warnanya cukup rendah. Kelebihannya adalah kertas foto matte tidak rentan terhadap noda maupun sidik jari. Kertas ini juga merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin mencetak foto hitam putih untuk memberikan kesan klasik. Biasanya kertas matte digunakan untuk foto bayi dan pernikahan.

3. Luster

Teksturnya agak berkilau dan permukaannya halus bak mutiara. Untuk saturasi warnanya terkesan lebih dalam serta kontras warnanya lebih tinggi. Luster merupakan jenis kertas yang lebih tebal serta tidak rentan terhadap sidik jari. Kertas ini juga termasuk anti silau.

4. Metallic

Untuk kualitas tahan lama, kertas metallic merupakan pilihan yang bagus dengan hasil lebih mengkilap seperti chrome. Kontras warnanya lebih beragam. Selain itu, kertas metallic memiliki lapisan yang halus dengan metalic sebagai ciri khasnya. Untuk tingkat ketajamannya tidak perlu Anda ragukan lagi.

Leave a Reply

Send this to a friend