Resolusi Kamera Smartphone Apple iPhone

Kenapa iPhone Dengan Resolusi Kamera 12MP Lebih Mahal Dari Smartphone Dengan 100MP?

NESABAMEDIA.COMMungkin salah satu faktor paling utama yang diinginkan ketika hendak membeli sebuah smartphone adalah resolusi pada kamera.

Namun sebenarnya, besaran resolusi kamera itu tidak bisa dijadikan patokan utama untuk kegiatan fotografi yang benar-benar memuaskan. Lebih mudahnya, sensor kamera di setiap smartphone akan bekerja secara berbeda. Dengan demikian, ada banyak faktor lain yang berdampak pada kualitas hasil foto.

Seperti yang diketahui, saat ini banyak sekali smartphone keluaran terbaru yang menawarkan resolusi kamera sangat besar, seperti 100 megapiksel ke atas. Namun dengan resolusi sebesar itu, harganya masih cukup terjangkau. Sementara itu, Apple yang menawarkan jajaran iPhone-nya dengan harga di atas puluhan juta, diketahui memiliki resolusi kamera yang tidak terlalu besar, yakni berkisar antara belasan piksel saja. 

Lalu, manakah yang lebih baik dalam menghasilkan hasil foto yang berkualitas? Apakah smartphone dengan resolusi kamera 100MP atau 12MP?

Sebenarnya, kualitas hasil tangkapan kamera pada smartphone bergantung pada sejumlah hal, utamanya yakni pada film CMOS, lensa dan algoritma yang digunakan. Besaran piksel tidak memiliki relasi langsung dengan ukuran CMOS, namun hanya menunjukkan besaran point pencitraan dari CMOS. 

Terlepas dari efek difraksi, semakin besar pixel, maka semakin besar detailnya. Namun pada akhirnya, besaran detail yang dihasilkan dibatasi oleh kualitas lensa. Sehingga dengan menonjolkan pixel kamera yang begitu besar, hanya sebatas gimmick marketing saja. 

Memang konsumen lebih tertarik dengan iming-iming kamera dengan 100MP. Namun Apple tetap teguh dengan pixel yang lebih sedikit, namun hasil fotonya bisa dirasakan oleh pengguna iPhone. Apple lebih memilih, ‘biar pengalaman pengguna yang berbicara’.

Hal ini kemudian akan mengarahkan pertanyaan baru lagi yakni, kenapa iPhone dengan resolusi kamera hanya 12MP bisa dijual begitu mahal?

Jawabannya adalah karena iPhone juga dilengkapi dengan modul lensa yang lebih canggih. Dengan besar pixel yang lebih masuk akal, rata-rata kualitas foto yang dihasilkan pun jauh lebih baik. Hal ini bisa dilihat pada hasil akhir, di mana foto hasil jepretan kamera iPhone bisa terlihat dengan adanya efek yang lebih menarik, proses yang lebih sederhana, natural, lancar dan tentunya lebih berkualitas.

Leave a Reply

Send this to a friend