Kilas Balik 2021 Sejarah Baru di Industri Gadget dan Komputasi

Kilas Balik 2021: Sejarah Baru di Industri Gadget dan Komputasi

NESABAMEDIA.COMSetelah tahun yang relatif lambat karena adanya pandemi dan masalah rantai pasokan, tahun 2021 terlihat beberapa pengembangan masif dari industri gadget dan komputasi.

Meski masalah pasokan masih belum usai, pengembangan sepanjang tahun ini menggambarkan seperti apa masa depan dari industri ini. Seperti apa momen terbaik untuk kilas balik industri gadget dan komputer sepanjang 2021 ini? Nesabamedia.com merangkumnya untuk anda. 

Microsoft Merilis Windows 11

Setelah orang-orang diyakinkan bahwa Windows 10 adalah sistem operasi terakhir yang dibuat oleh Microsoft, perusahaan asal Redmond itu justru dengan mengejutkan merilis Windows 11.

Gelombang antusiasme OS baru itu juga cukup besar, baik untuk pro dan kontranya. OS baru ini tersedia secara gratis, namun dengan kompensasi hanya bisa digunakan pada perangkat generasi baru karena sistem persyaratannya yang cukup ketat. 

Intel Hadirkan CPU Generasi ke-12 dan DDR5 Jadi Mainstream

Intel telah mengalami beberapa tahun yang sulit dengan sejumlah kegagalan dan pengurangan ukuran transistor pada produk CPU-nya. Di sisi lain, AMD berhasil dengan kehadiran seri Ryzen-nya. Namun pada tahun 2021 ini, Intel membuat comeback yang cukup mengesankan dengan hadirnya CPU generasi ke-12, yakni Alder Lake-S.

Alder Lake menawarkan peningkatan arsitektur dari Intel dan mampu menempatkan kembali popularitas Intel dengan i9-12900K, yang mampu bersaing dengan chipset terbaik milik AMD. 

Hadirnya Alder Lake, juga melahirkan trend memori PC generasi berikutnya yaitu DDR5, yang mampu menawarkan frekuensi yang lebih tinggi dan bandwidth yang ditingkatkan, serta banyak lagi peningkatan di sisi lainnya. Platform Intel adalah satu-satunya yang mampu mendukung standar DDR5 baru ini, tetapi tentu AMD akan menyusulnya dalam waktu dekat. 

Valve Rilis Steam Deck

Portable Gaming selalu bisa menjadi hal dengan potensi luar biasa. Meski trend-nya naik-turun, dan Nintendo Switch hanya menjadi satu-satunya perangkat yang mampu menguasai pasar, pada tahun 2021 ini, Valve mengungkap rencana besar untuk gaming portable dengan mengumumkan Steam Deck, sebuah konsol gaming genggam berbasis Linux. 

Meski ada banyak konsol genggam lainnya yang muncul, namun Steam Deck mampu menempatkan dirinya dalam pemberitaan yang lebih besar. Seiring dengan cloud gaming yang semakin mainstream, maka masa depan gaming portabel ini semakin terlihat sangat cerah.

Apple dan MacBook Pro

Apple sekali lagi mampu menunjukkan keahliannya pada bidang silikon kustom tahun ini. Perangkat MacBook Pro terbaru, hadir dengan chipset M1 Pro dan M1 Max, memaksimalkan dari apa yang terbaik yang ditawarkan oleh perangkat tersebut.

Chipset baru ini adalah standar tinggi terbaru dari Apple, dengan efisiensi luar biasa, dan kinerja yang handal. Ini juga merupakan langkah luar biasa dari Apple.

Akuisisi ARM Oleh Nvidia Temui Jalan Buntu

Nvidia telah cukup lama berupaya mengakuisisi ARM, perusahaan yang memproduksi semikonduktor di balik prosesor Arm yang banyak digunakan di produk mainstream sekarang ini. Setelah mencoba dengan $40 miliar nilai akuisisi, langkah itu terhenti karena intervensi dari FTC. Pasalnya, badan regulator yang berwenang melihat adanya beberapa potensi pelanggaran hukum dalam transaksi itu. 

FTC menilai, nantinya Nvidia akan memiliki kuasa yang sangat luar biasa dan dikhawatirkan berpotensi terjadinya praktik monopoli dalam industri semikonduktor. Pasalnya, industri semikonduktor saat ini juga diwarnai beragam kasus yang kontroversial, sehingga akuisisi itu tidak akan terwujud dalam waktu dekat ini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend