Google Akuisisi FitBit

Komisi Uni Eropa Setujui Akuisisi FitBit Oleh Google

NESABAMEDIA.COMHampir sekitar 14 bulan setelah Google mengumumkan rencananya untuk membeli FitBit, komisi Uni Eropa akhirnya menandatangani proses akuisisi yang diajukan Google tersebut.

Peraturan yang menyetujui langkah Google tersebut disampaikan dengan sejumlah ketentuan yang akan membatasi apa yang bisa dilakukan Google dengan data pengguna yang ada di FitBit dan persyaratan khusus yang akan tetap membuka layanan Android bagi para pengembang pihak ketiga untuk bisa terus membuat smartwatch dan perangkat yang kompatibel lainnya.

Sebagai bagian dari ketentuan perjanjian, data kesehatan yang dimiliki FitBit akan disembunyikan, mencegahnya digunakan oleh bisnis iklan Google. Masyarakat Eropa juga akan diberikan pilihan untuk menjaga data FitBit mereka agar tidak terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Asisten Google atau pelacakan dan riwayat lokasi di Google Maps.

Selain itu, Google juga akan diminta untuk menjaga API web FitBit agar terus aktif, sehingga memungkinkan pengguna untuk bisa tetap mengakses data mereka melalui aplikasi dan layanan pihak ketiga.

Dalam upaya untuk tetap menjaga Android terbuka bagi para pabrikan perangkat pihak ketiga, Komisi Uni Eropa juga meminta Google untuk terus memberikan lisensi pada tool, software dan layanan Google Mobile bagi mitra yang sudah bekerja sama atau yang akan bergabung nantinya.

Ketentuan perjanjian ini diberikan oleh Komisi Uni Eropa dan akan berlaku hingga 10 tahun ke depan. Hal ini supaya bisa memberikan pasar cukup banyak waktu untuk melakukan perubahan dan beradaptasi jika Google memutuskan untuk mengubah pendirian mereka soal integrasi perangkat yang dikenakan kepada pihak ketiga dalam satu dekade. 

Uni Eropa juga berhak untuk memperluas batasan data pengguna dengan bisnis iklan Google jika ditemukan sejumlah penyebab yang bisa dijadikan pembenaran atau pendukung. 

Meski pemberian persetujuan dari Komisi Uni Eropa ini merupakan pencapaian yang sangat penting, Google masih menunggu persetujuan dari pemerintah Amerika Serikat. Sebelumnya, badan regulasi Amerika tidak memiliki masalah yang serius dengan perusahaan software yang kemudian merangsek ke bisnis hardware. 

Sebagai informasi, Google selama ini seringkali melakukan akuisisi terhadap perusahaan hardware seperti Motorola, Nest dan juga Dropcam. Google pun telah seringkali mendapatkan gugatan pelanggaran monopoli di Amerika, berbagai tuntutan hukum dan juga investigasi di tingkat federal dan negara bagian.

Tidak diketahui, kapan badan regulasi Amerika akan memberikan persetujuan akan akuisisi FitBit oleh Google ini. Namun bisa dipastikan, tidak akan terjadi dalam waktu dekat. 

Selama beberapa waktu terakhir, Wear OS telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, namun sistem operasi itu masih memiliki sejumlah masalah serius yang harus segera diselesaikan. Tidak bisa dipastikan, apakah smartwatch Pixel buatan Google akan sukses di pasar jam tangan pintar. Namun apa yang akan dilakukan dengan akuisisi FitBit dan pengembangan perangkat smartwatch mereka, layak untuk dinanti.

Leave a Reply

Send this to a friend