Sejarah Komputer Generasi Kelima Beserta Ciri-Cirinya, Sudah Tahu?

Perangkat digital seperti komputer seperti saat ini merupakan salah satu kebutuhan kehidupan kita. Karena komputer sangat berperan penting dan dapat membantu pekerjaan kita sehari-hari. Contohnya dalam hal pekerjaan, pendidikan dan lain sebagainya.

Banyaknya manfaat dari komputer membuat kita semakin ingin mengembangkan teknologi ini. Maka dari itu, kita harus mengembangkan teknologi ini dengan sebaik mungkin. Jangan sampai menyalahgunakan teknologi komputer.

Komputer juga mempunyai sejarah yang dikelompokkan menjadi beberapa generasi. Generasi pada komputer terdiri atas 5 generasi. Tidak hanya itu, ciri-ciri dari generasi komputer tersebut juga berbeda-beda. Begitu juga dengan komputer generasi kelima. Pada artikel ini akan membahas mengenai sejarah dan juga ciri-ciri dari komputer generasi kelima.

Sejarah Komputer Generasi Kelima

Sejarah Komputer Generasi Kelima

Komputer yang dibentuk pada generasi kelima yaitu seperti pada komputer di saat sekarang ini. Komputer saat ini juga sedang banyak dilakukan sejumlah riset dan juga sedang dikembangkan oleh berbagai perusahaan elektronik. Pada komputer generasi kelima ini juga sering disebut dengan sebutan komputer masa depan.

Dengan melihat perkembangan dari masa ke masa, akan ada perkembangan berikutnya yang terjadi pada perkembangan komputer dimasa yang akan datang. Perubahan besar tersebut dapat dilihat dari sejak IBM-PC dirilis dan kemudian di publikasikan serta IBM bukanlah satu-satunya dari manufaktur PC-compatible.

Maka dari itu, standar baru di dalam dunia industri komputer, akan semakin banyak menerapkan dan juga lebih memfokuskan dalam mengembangkan komputer tersebut pada perusahaan yang lainnya. Contohnya yaitu pasa Microsoft dan juga Intel, yang mana keduanya di pelopori oleh tokoh teknologi duni yaitu W. Bill Hates. Bil Gates sekarang ini juga sudah menjadi pionir standard dari hardware maupun software di dunia.

Hak tersebut juga sudah dibuktikan dalam beberapa bukti, yaitu seperti telah munculnya teknologi berupa phablet, smartphone, ultrabook, tablet, notebook dan lain sebagainya. Dan juga banyak penemuan yang lebih terbaru seperti pada saat ini yang dapat kita temukan.

Munculnya LSI (Large Scale Integration)

Sejarah pada perkembangan komputer di generasi ini yaitu komputer yang saat ini kita gunakan pada masa sekarang. Hal tersebut juga telah ditandai dari munculnya keberadaan LSI. LSI atau Large Scale Integration yaitu pemadatan pada ribuan microprosessorpada suatu microprosessor yang ada pada era sekarang ini. Tidak hanya itu, hal ini juga ditandai dengan adanya keberadaang microprocessor dan semi konduktor.

Vendor yang juga sudah membuat suatu microprosessor yaitu seperti perusahaan dari Intel Corporation, motorola, zilog dan sebagainya. Di pasaran juga bisa kita menemukannya dengan sangat mudah, yaitu terdapatnya microprocessir dari Intel Corporation pada model 80386, 80286, 4004, 8088, 80486, serta pada Pentium.

Pentium 4 adalah rilisan produksi yang terbaru yang dibuat oleh salah satu vendor terbesar yang bernama Intel Corporation. Dan pentium ini sangat diharapkan untuk kedepannya bisa menutupi segala kekurangan maupun kelemahan yang ada di masa depan, serta dengan produk sebelumnya. Tidak hanya itu, kemampuan dan juga kecepatan yang sudah dipunyai oleh Pentium 4 ini akan bertambah menjadi sebesar 2 Ghz.

Sejarah dan Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima

Intel, vendor microprosessor paling populer

Di tahun 2001, perusahaan Intel sudah berhasil merilis processor Itanium. Processor ini adalah suatu processot yang memiliki basis arsitektur 64 bit (IA-64) yang pertama dari keluaran produk Intel.

Itanium merupakan salah satu processor yang pertama yang dipunyai oleh Intel dan memiliki instruksi sebanyak 64 bit, dimana Itanium ini akan mengeluarkan 1 generasi yang terbaru dari aplikasi maupun sistem operasi. Sedangkan itu, pada produk Intel ini masih bisa mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.

Yang harus Anda ketahui dan pahami terdahulu yaitu bahwasanya sejak processor 386 dikeluarkan, komputer bisa melakukan operasi pada 32 bit di per satuan waktunya untuk dapat mengeksekusi suatu informasi sampai dengan Pentium empat. Komputer yang memiliki basis 32 bit masih banyak digunakan di saat sekarang ini.

Dan pada generasi pentium, tidak hanya terdapat ciri khusus yang dipunyai dari peningkatan suatu kinerja pada kecepatan akses pada datanya dan juga pada saat menampilkan gambar telah mempunyai resolusi atau kualitas gambar yang sudah baik. Warna dan juga multimedianya sudah mendukung, serta hal yang paling penting yaitu fungai dari komponen dari komputer sudah menjadi sangat cerdas dari yang sebelumnya.

Walaupun pada komputer di generasi seperti sekarang ini memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dan juga sangat sederhana, tetapi komputer tersebut mempunyai kemampuan yang sangat pintar dan juga sangat canggih dalam melakukan pengoperasiannya.

Perkembangan Teknologi Josephson Junction

Jika sebelumnya komputer masih menggunakan teknologi Chip, pada generasi yang kelima ini teknologi Chip sudah digantikan dan lakukan suatu pengembangan yang bernama teknologi Josephson Junction. Teknologi tersebut bisa memiliki kinerja atau kemampuan yang dapat memproses triliyunan pengoperasian dalam waktu perdetiknya. Sedangkan pada teknologi Chip cuma dapat melakukan proses miliaran iperasi dalam waktu perdetiknya.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima

Munculnya AI (Artificial Intelligence)

Pada generasi komputer ini juga komputer sudah bisa menerjemahkan bahasa yang dimiliki dan dipahami oleh manusia, seseorang bisa dengan langsung berbicara kepada komputer dan juga dapat terdapat kemampuan pada penghematan pada energi komputer tersebut.

Sifat pada generasi komputer yang kelima ini memiliki sebutan yaitu AI (Artificial Intelligence), tidak hanya itu komputer tersebut juga masih berbasis GUI, multikomunikasi dan juga multimedia. Contoh dari komputer yang telah hadir pada komputer generasi kelima ini yaitu chip 386 tahun 1983 dengan 275.000 transistor.

Berikutinya di tahun 1993, perusahaan Intel sudah memulai untuk mengenalkan keluarga dari suatu processor 586 yang biasa disebut dengan Pentium satu, dan jumlah transistornya sebanyak 3,1 juta untuk bisa mengerjakan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian sudah diteruskan dengan generasi selanjutnya yaitu pada Pentium II, III, dan IV.

Gambar yang akan ditampilkan pada layar monitor pada generasi komputer tersebut akan menjadi lebih tajam dan juga halur. Tidak hanya itu, kecepatan dalam memproses kinerjanya untuk mengirimkan sesuatu maupun menerima sutu gambar akan menjadi lebih cepat.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima

komputer

Ciri-ciri pada komputer generasi kelima ini, yaitu sebagai berikut :

  1. Teknologi yang masih digunakan pada komputer generasi kelima ini yaitu teknologi LSI. Pada teknologi ini masih dilakukan berbagai pengembangan.
  2. Pada generasi kompute yang kelima ini akan semakin banyak fitur-fitur terbaru yang akan bermunculan.
  3. Informasi pada komputer generasi kelima ini prosesnya akan lebih cepat dari sebelumnya.

Demikianlah artikel yang membahas tentang sejarah komputer generasi kelima beserta dengan ciri-cirinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend