Lebih Dekat Melihat Microsoft Store Baru di Windows 11 dan 10

Lebih Dekat Melihat Microsoft Store Baru di Windows 11 dan 10

NESABAMEDIA.COMDalam sesi untuk pengembang di event khusus Windows beberapa hari yang lalu, Microsoft memperkenalkan toko aplikasi baru mereka untuk Windows 11 dan Windows 10, Microsoft Store. 

Toko aplikasi yang juga memiliki nama lain sebagai Windows Store, telah dibangun dan didesain ulang untuk menawarkan lebih banyak dari toko aplikasi yang ada di Windows 10 saat ini. Microsoft menjelaskan bahwa toko aplikasi yang baru itu menawarkan pengalaman dan kinerja yang lebih baik daripada Windows 10 Store, yang sampai saat ini tetap tidak mengalami perubahan sejak versi Windows 8 yang lama.

Desain ulang tampilan itu berbasis pada Fluent Design dan WinUI. Tampilannya terlihat tidak terlalu berantakan dan dilengkapi dengan menu navigasi baru di sebelah kiri. Di bagian atas toko, ada Search Bar baru, yang juga tersedia di halaman Settings Windows yang juga telah didesain ulang serta aplikasi Microsoft Photos.

Microsoft juga mendesain ulang halaman aplikasi di Store itu dengan lebih jelas tentang ukuran unduhan, ulasan, fitur aplikasi, daftar perubahan dan informasi lainnya. 

Stories

Microsoft juga menghadirkan stories di Store yang barunya itu. Fitur ini akan membantu pengguna untuk menjelajahi aplikasi baru dan juga akan membantu pengembang dalam menginformasikan kepada pengguna mengenai apa yang baru dari aplikasi dan game yang mereka buat. 

Menurut Microsoft, Stories di Windows Store itu akan dibuat sebagai konten yang kaya editorial, yang berisi beberapa set gambar atau tangkapan layar yang menyorot sejumlah fitur yang ditawarkan oleh aplikasi. 

Search Bar Baru

Kemudian Search Bar juga telah didesain ulang dan dipastikan bisa bekerja dengan semestinya. Dengan menggunakan Search Bar yang baru itu, pengguna bisa dengan cepat untuk meninjau aplikasi yang ada di Microsoft Store dengan mengetik kata kunci tertentu. Search Bar itu akan menampilkan hasil dari Amazon Appstore, yang mentenagai beberapa bagian dari aplikasi Android yang ada di Microsoft Store. 

Pop-up 

Untuk memberikan dukungan yang lebih pada aplikasi web, Microsoft juga memperkenalkan sebuah pop-up di toko aplikasi mereka itu yang memungkinkan pengguna untuk memasang aplikasi dari browser. Fitur ini akan bekerja ketika pengguna mengklik banner di sebuah situs. 

Ketika pengguna mengklik banner unduhan Microsoft Store, pop-up installer aplikasi Windows 11 akan muncul dan akan membantu pengguna dalam mengelola proses pemasangan aplikasi tersebut.

Kebijakan Baru Untuk Pengembang

Windows 11 Store kini juga lebih terbuka untuk para pengembang dan akan mendukung lebih banyak jenis aplikasi Windows. Misalnya, kini penggembang bisa menerbitkan beragam jenis aplikasi desktop yang dibuat menggunakan .Net, Electron, React Native, UWP, Xamarin, Java, PWA dan tentu saja Win32.

Perubahan besar lainnya adalah dukungan untuk platform commerce dari pihak ketiga. Pengembang akan bisa menggunakan commerce mereka sendiri di aplikasi untuk menarik biaya kepada pengguna dan Microsoft tidak akan mengambil komisi sama sekali, yang artinya 100 persen pendapatan akan masuk ke kantong pengembang. 

Leave a Reply

Send this to a friend